Sukses

4 Pengakuan Wirda Mansur Terkait Tak Pernah Kuliah di Oxford University

Wirda Mansur akhirnya mengakui ia tak pernah kuliah di Oxford.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini nama Wirda Mansur sedang ramai diperbincangkan. Latar belakang pendidikan Wirda Mansur dinilai tak sesuai dengan fakta sebenarnya. Sebelumnya, Wirda Mansur pernah memberikan klarifikasi tentang ia pernah kuliah di Oxford University namun tidak selesai.  

Tak hanya itu, Wirda Mansur juga menuliskan di LinkedIn bahwa ia pernah mengenyam pendidikan kuliah di sana. Status di LinkedIn yang disebut netizen tak sesuatu dengan realita membuat Wirda Mansur memberikan klarifikasinya kembali. Ia mengakui bahwa keterangan bahwa ia kuliah di Universitas Oxford bukan dirinya yang menulis.

Sontak, perempuan berusia 22 tahun pun memberikan klarifikasi sebenarnya terkait latar belakang pendidikannya. Wirda menjelaskan latar pendidikannya walaupun sudah tahu konsekuensinya bakal dicibir hingga ada yang menyebutnya berbohong.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, pengakuan Wirda Mansur tak pernah kuliah di Oxford, Rabu (2/3/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Belajar bukan kuliah

Gerah dengan tudingan netizen yang kian menyudutkannya, Wirda Mansur akhirnya buka suara. Melalui Instagram pribadinya, Wirda menjelaskan fakta statusnya di Oxford University. Pengusaha muda ini akhirnya mengakui bahwa ia tak pernah kuliah di tempat Maudy Ayunda menuntut ilmu melainkan hanya belajar saja.

"Gue pernah belajar dan bukan kuliah," ungkap Wirda Mansur di Instagram @wirda_mansur, Minggu (27/2/2022).

3 dari 5 halaman

2. Jalani progam International Baccalaureate

Wirda Mansur membeberkan bahwa ia menjalani progam International Baccalaureate atau IB di Universitas Oxford. Progam tersebut bukan progam untuk mendapatkan sarjana S1 melainkan progam setara SMA jika di Indonesia. Wirda mengakui progam IB di sana juga tidak selesai.

"IB itu bukan kuliah ya teman-teman. Programnya juga nggak selesai," jelas Wirda Mansur.

4 dari 5 halaman

3. Klarifikasi terkait status LinkedIn

LinkedIn Wirda Mansur juga berhasil bikin heboh. Wirda mencantumkan Oxford University sebagai tempatnya berkuliah. Tentu, netizen langsung bertanya-tanya, mengapa Wirda menuliskan Oxford University jika belum terbukti kebenarannya. Terlebih, Wirda juga belum lulus kuliah. 

Perempuan berusia 22 tahun itu memberikan klarifikasi terkait penulisan LinkedIn yang mencantumkan Oxford University. Ia mengakui bahwa terjadi kesalahan pemahaman dari staf nya sehingga menuliskan Oxford University sebagai kuliah Wirda Mansur.

"(yang buat LinkedIn) salah satu staf. Ada kesalahpahaman kalau gue lulusan Universitas Oxford. Padahal dari gue nggak pernah mengklaim itu" ujar Wirda Mansur.

5 dari 5 halaman

4. Klarifikasi Ustaz Yusuf Mansur

Nama sang anak yang sedang ramai diperbincangkan membuat Yusuf Mansur juga turut buka suara. Ia menyampaikan klarifikasi dalam sebuah video Youtube yang diunggah oleh akun Beno Junianto. Ustaz Yusuf Mansur mengakui Wirda lulusan Oxford dan berpeluang kuliah di sana. Tidak ada ustaz Yusuf Mansur menyebut Wirda kuliah di sana dan hanya lulusan Oxford. Pernyataan itu sesuai dengan pengakuan Wirda yang memang mengakui hanya belajar di sana bukan kuliah.

“Bismillah gaada yang ngaku-ngaku dari kami, dari saya papahnya, dan Wirda, bahwa Wirda lulusan Oxford. Bahwa Wirda sangat berpeluang kuliah di Oxford, iya," ujar Ustaz Yusuf Mansur.

Ustaz Yusuf Mansur juga menyebutkan bahwa Wirda Mansur memiliki potensi luar biasa. Latar pendidikannya pun juga menakjubkan dengan menyebut sudah memiliki pengalaman internasional sedari Wirda keci.

"Karena pengalaman internasional beliau, mulai dari SD, saya udah bawa keliling nusantara, dan ke mancanegara, ketemu dengan syekh-syekh dan lain sebagainya. SMP kemudian di Jordan, Turki. SMA kemudian dititipkan ke Ustadz Syamsi Ali di New York, sekolah di sekolah islam, resmi sekolah islam di New York,” ungkap Ustaz Yusuf Mansur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.