Sukses

7 Potret Terkini Pasaman Barat Pasca Gempa Sumbar 6,2 SR, Terjadi Likuifaksi

Potret terkini rumah warga yang rusak pasca gempa 6,2 SR di Sumatera Barat.

Liputan6.com, Jakarta Gempa kuat mengguncang sisi barat Pulau Sumatera tepatnya di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Sebagaimana dikabarkan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) gempa yang terjadi pada pukul 08.39 WIB ini memiliki magnitudo 6.2 Skala Richter. Bahkan tercatat ada 7 gempa susulan yang menyertai dari pagi hingga siang hari. 

Gempa yang terjadi di Sumbar tersebut bahkan terasa hingga ke Kota Batam hingga Riau. Mengutip dari CNN, bahkan guncangan gempa Sumbar ini bahkan terasa hingga Malaysia. Warga Malaysia bernama Danial Abu Bakar mengatakan gempa juga dirasakan di kawasan Klang dan Kampung Melayu, Sungai Buloh, Negara Bagian Selangor.

"Bangunan Afin Bank Jalan Raja Chulan bergoyang. Staf keluar," ujar seorang warga Kuala Lumpr yang sempat memvideokan para karyawan yang berkumpul di luar bangunan

Dalam peristiwa tersebut dilaporkan berbagai rumah berdampak parah. Deretan foto kondisi terbaru pasca gempa berhasil diabadikan netizen melalui media sosial. Seperti mengutip dari pengguna Twitter @rizalgurouw, tak hanya rumah, bahkan masjid rata dengan tanah dan menyisakan kubah. 

Di lain unggahan terlihat bangunan rusak parah, bahkan warga setempat sempat merekam kejadian tanah bergerak. Terlihat lumpur bergerak yang diduga likuifaksi tersebut menyapu rumah warga. Berikut Liputan6.com merangkum potret kondisi terkini pasca gempa sumbar melansir dari berbagai sumber, Jumat (25/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Seperti inilah salah satu sudut bagunan warga yang terdampak ge1. Seperti inilah salah satu sudut bagunan warga yang terdampak gempa Sumatera Barat pada 25 Februari 2022 yang juga menimbulkan 2 orang meninggal dan 20 lainnya luka. mpa Sumatera Barat pada 25 Februari 2022.

3 dari 8 halaman

2. Berbagai gedung dan umum juga terdampak gempa berkekuatan 6,2 SR ini.

4 dari 8 halaman

3. Bahkan melalui unggahan video warga sekitar, gempa juga merusak fasilitas seperti masjid yang rata dengan tanah.

5 dari 8 halaman

4. Seperti salah satu bangunan masjid ini yang hanya menyisakan kubahnya saja.

6 dari 8 halaman

5. Lebih jauh melalui unggahan lain, warga sempat merekam tanah cokelat berkerak yang diduga likuifaksi.

7 dari 8 halaman

6. Tak heran gempa kuat yang disusul dengan 5 kali gempa lainnya ini memporak-porandakan rumah warga.

8 dari 8 halaman

7. Berbagai kegiatan masyarakat terpaksa berhenti selepas gempa terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.