Sukses

Dituding Berbohong Soal Pendidikannya, Ini 6 Klarifikasi Wirda Mansur

Wirda Mansur buka suara soal latar belakang pendidikannya.

Liputan6.com, Jakarta Ramai soal latar belakang pendidikannya yang disebut tak sesuai dengan fakta sebenarnya, Wirda Mansur berikan klarifkasi. Lewat Story Instagramnya, Wirda Mansur berikan penjelasan bahwa ia memang pernah kuliah di Oxford University, tetapi tidak selesai. 

Seperti diketahui, latar belakang pendidikannya Wirda Mansur jadi perbincangan karena diduga berbohong soal dirinya yang merupakan lulusan Oxford University. Netizen pun memberikan bukti perihal latar belakang pendidikan anak Ustaz Yusuf Mansur itu.

Dalam klarifikasinya di Story Instagram, wanita berusia 22 tahun itu menanggapinya dengan santai. Wirda menuturkan jika ia tak mengetahui mengapa soal latar belakang pendidikannya menjadi viral.

Selain menjelaskan soal latar belakang pendidikannya mulai tahun 2017, Wirda juga memperlihatkan jadwal pelajarannya saat menempuh pendidikan di beberapa kampus sebagai bukti bahwa ia pernah menimba ilmu di kampus tersebut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Story Instagram Wirda Mansur perihal klarifikasi Wirda Mansur soal latar belakang pendidikannya, Kamis (24/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menanggapi dengan Santai

Dalam pembukaan klarifikasinya, Wirda Mansur menuturkan bahwa ia tidak mengetahui mengapa soal latar belakang pendidikannya menjadi viral. Menanggapi dengan santai, Wirda detail menjelaskan soal pendidikannya.

"Halo semuanya, oke, jadi disini gue pengen meluruskan yang lagi viral belakangan ini, dan gue enggak ngerti kok bisa kayak gitu aja viral. But its oke enggakpapa, iam very open to you dan gue mau meluruskan semuanya." Kata Wirda Mansur.

3 dari 7 halaman

2. Kuliah di Empat Kampus

Tempuh pendidikan di beberapa kampus, latar belakang pendidikan Wirda Mansur jadi perbincangan. Dituding berbohong karena tempuh pendidikan di tiga kampus, Wirda memberikan klarifikasi bahwa dirinya bukan kuliah tiga kampus melainkan di empat kampus.

“Jadi gini ya, yang bilang katanya gue kuliah di tiga kampus, iya itu bohong, karena sebenarnya bukan tiga, tapi empat shay. Jadi gue kayak aduh kalau mereka sampai tahu gue kuliah di empat tempat, wah kayaknya mereka bisa wah jadi yang mana yang bener gitu.” Tutur Wirda Mansur.

4 dari 7 halaman

3. Kuliah di Oxford Tidak Selesai

Dalam klarifikasinya, Wirda menjelaskan bahwa ia pernah mengambil International Baccalaureate pada tahun 2017. Putuskan untuk kembali ke Indonesia, pendidikan Wirda Mansur di Oxford University tersebut tidak selesai.

“Oke jadi gini, tahun 2017, gue tu ngambil International Baccalaureate di Oxford tapi enggak sampai selesai. Gue pulang ke Indonesia, abis itu gue re-apply, reenroll ke kampus lain, Raffles University. So, 2017 gue udah sempet S1.” Jelas Wirda Mansur.

“Gue itu enggak lama disana (Raffles University) cuma sampai 3 semester, gue out.” Tambah Wirda Mansur

Dalam highlight di Instagramnya, Wirda pernah menjelaskan bahwa dirinya pernah tempuh pendidikan di Raffles University, Singapura jurusan Manajemen Bisnis. Tetapi, kuliah di Raffles tersebut juga Wirda tidak selesai.

“Aku dulu sempat kuliah di Raffles University, Singapore. Jurusan Business Management, tapi aku berhenti, huhu.” Tulis Wirda Mansur dalam highlight ‘Q&A’ di Instagram.

5 dari 7 halaman

4. Gap Year Tahun 2018

Setelah jelaskan pernah menempuh pendidikan d Oxford dan Raffles University tetapi tidak selesai, Wirda menjelaskan lebih lanjut bahwa pada tahun 2018 ia memutuskan untuk gap year. Gap year yakni memutuskan untuk menunda masa kuliah atau rehat sejenak dari proses pendidikannya.

“Oke dan dari situ akhirnya tahun 2018 gue ambil gap year, dan gue memutuskan untuk rehat sejenak sampai 2019 gue re-apply lagi di University of Buckingham atau UoB.” Jelas putri Ustaz Yusuf Mansur itu.

Pengusaha muda sekaligus penulis ini kemudian menunjukkan jadwal pelajarannya saat menempuh pendidikan di Universty of Buckingham tahun 2019 lalu. Wirda juga menambahkan bahwa ia mengambil jurusan Business Enterprise di UoB.

“Gue ambil jurusan Business Enterprise.” Tambah Wirda.

6 dari 7 halaman

5. Double Degree di Institut Darul Qur’an

Tak hanya sampai disitu, Wirda juga mengambil double degree di Institut Daarul Qur’an, Jakarta. Institut Daarul Qur’an atau disingkat DAQU ini merupakan milik sang ayah, Ustaz Yusuf Mansur.

“Di samping itu, gue juga ambil double degree di Institut Daarul Qur’an. Ya iyalah gue sebagai kayak ya, bukan yang punya DAQU juga, tapi maksudnya gue ada di DAQU, masak gue enggak kuliah di DAQU, ya gue kuliah di DAQU lah.” Kata Wirda Mansur.

“Jadi gue ambil double degree, ambil jurusan islam gitu. Jadi ambil dua tu, di UK dan disini.” Tambah Wirda.

7 dari 7 halaman

6. Sedang Cuti Kuliah

Disibukkan dengan aktivitas sebagai pengusaha muda, penulis dan baru saja mengeluarkan token kripto I-Coin, Wirda Mansur memutuskan untuk cuti kuliah. Menutup klarifikasinya, Wirda berharap bisa menjawab pertanyaan netizen soal latar belakang pendidikannya yang ramai menjadi perbincangan.

Dalam unggahannya, wanita kelahiran 1999 ini juga meminta doa kepada warganet untuk kelancaran kuliahnya. Pada caption video di Story Instagramnya, Wirda juga meminta doa agar bisa punya kampus sendiri suatu saat nanti.

“Yang lebih penting adalah ya, gimana ya, doain ajalah, doain gue ajalah pokoknya intinya gitu, sekarang gue lagi cuti.” Tutup Wirda Mansur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.