Sukses

7 Artis yang Pernah Alami Kasus Wanprestasi, Terbaru Mendiang Rony Dozer

Mendiang Rony Dozer disomasi terkait dugaan kasus wanprestasi.

Liputan6.com, Jakarta Rony Dozer yang telah meninggal dunia pada 11 November 2021 lalu mendapat somasi dari Eko Mega Bintang, salah satu petinggi di Rodoz Entertainment Management yang menaungi Ronny semasa hidupnya. Somasi tersebut dilayangkan kepada istri mendiang, Dina Mediana Kurniawati atas kasus dugaan pelanggaran kontrak kerja atau wanprestasi.

Ternyata, sebelum mengembuskan napas terakhir, aktor dan komedian bertubuh besar itu memiliki dua proyek yang belum selesai dijalaninya, yakni program kuliner dan horor di televisi. Sementara uang seluruhnya telah ditransfer oleh investor asal Taiwan. Nilainya pun tak main-main hingga ratusan juta rupiah.

Pihak Eko mengatakan bahwa ia sudah dua kali melayangkan somasi. Akan tetapi somasi pertama tak ada tanggapan dari istri Rony Dozer selaku ahli warisnya terkait permasalahan ini. Selain itu, untuk menguatkan tuntutannya, Eko juga menunjukkan beberapa bukti transfer yang ditujukan kepada Rony Dozer.

Selain mendiang Rony Dozer, beberapa artis Tanah Air juga pernah tersandung kasus wanprestasi. Siapa saja? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 7 artis yang pernah alami kasus wanprestasi, Rabu (23/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Rezky Aditya

Rezky Aditya pernah berseteru dengan rumah produksi MD Entertainment lantaran wanprestasi. Suami Citra Kirana itu terlibat pembuatan sinetron dengan rumah produksi PT Sinemart Indonesia. Menurut MD, pihaknya telah mengundang Rezky dan Sinemart untuk menyelesaikan permasalahan tersebut pada Januari 2010 lalu.

Namun dari tiga kali pertemuan, MD tidak melihat gelagat baik dari Rezky sehingga melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. MD melayangkan gugatan materil sebesar Rp 7,2 miliar dan immateril Rp 14 miliar.

3 dari 8 halaman

2. Syahrini

Syahrini juga sempat terseret wanprestasi dengan sebuah cafe, Blue Eyes pada tahun 2013. Ia batal tampil di acara ulang tahun Cafe dan Karaoke tersebut karena sang ayah sakit dan sehari setelahnya meninggal dunia.

Syahrini digugat ke Pengadilan Bogor, Jawa Barat. Dalam tuntutannya, istri Reino Barack itu dituntut mengembalikan uang kerugian materi dan imateri sebesar Rp 400 juta. Namun dalam gugatan pertama, Syahrini dinyatakan tidak bersalah dan memenangkan kasus wanprestasi tersebut.

4 dari 8 halaman

3. Ashanty

Pada 2019 lalu, Ashanty sempat tersandung kasus wanprestasi atas laporan rekan bisnisnya bernama Martin Pratiwi. Namun, penyanyi yang baru saja mempunyai seorang cucu itu memenangkan kasus tersebut.

Sesuai keputusan Pengadilan Negeri Purwokerto, Jawa Tengah, Ashanty terbukti tidak bersalah melakukan hal yang dituduhkan. Merasa nama baiknya tercoreng, istri Anang Hermansyah itu pun melaporkan Martin Pratiwi atas pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya.

5 dari 8 halaman

4. Dewa 19

Grup Band Dewa 19 dinilai terbukti wanprestasi lantaran tidak menyerahkan empat lagu baru ke Aquarius Musik. Menurut Aquarius, pihaknya telah mengeluarkan royalti sebesar Rp 200 juta pada Juni 2005.

Pembayaran tersebut merupakan kompensasi biaya produksi album The Best of Dewa, yakni untuk mixing dan mastering studio di Sydney, Australia. Meski demikian majelis hakim menyarankan perjanjian dihentikan.

6 dari 8 halaman

5. Jefri Nichol

Dinilai wanprestasi, Jefri Nichol pernah dituntut Rp 4,2 miliar oleh Falcon Pictures. Bintang film Dear Nathan itu diduga melanggar kesepakatan dengan Falcon Pictures dengan meneken kontrak di rumah produksi lain.

7 dari 8 halaman

6. Ustaz Yusuf Mansur

Hingga kini, Ustaz Yusuf Mansur masih menghadapi beberapa gugatan yang dilayangkan kepadanya. Salah satunya, kasus dugaan wanprestasi. Dalam kasus tersebut, ustaz kondang itu dinyatakan tidak bersalah dan memenangkan persidangan yang diadakan pada November 2020 lalu.

Terbaru, Yusuf Mansur harus menghadapi tuntutan dugaan kasus investasi bodong atas tudingan sejumlah pihak.

8 dari 8 halaman

7. Rony Dozer

Meski telah tiada, mendiang Rony Dozer disomasi oleh seseorang bernama Eko Mega Bintang. Ia telah melayangkan somasi tersebut kepada istri mendiang, Dina Mediana Kurniawati atas kasus dugaan pelanggaran kontrak kerja atau wanprestasi.

Eko menyebut ada perjanjian kontrak kerja yang belum selesai antara pihaknya dan Ronny Dozer, sementara uang seluruhnya telah ditransfer. Kini, kasus ini masih bergulir sembari menunggu iktikad baik dari istri Ronny Dozer selaku ahli waris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.