Sukses

Dikira Sembelit, Usus Besar Pria Ini Ternyata Ditemukan Gelas Kaca

Kisah langka organ pencernaan ditemukan gelas kaca.

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana rasanya jika sebuah gelas kaca bisa masuk ke dalam perut seseorang. Hal ini benar adanya terjadi pada seorang pria asal distrik Vaishali, India. Bahkan para dokter yang menemukannya terheran-heran bagaimana gelas tersebut berakhir di dalam usus besar.

Melansir dari NDTV, kejadian langka ini terjadi di rumah sakit kota Madipur, India. Mulanya pria berusia 55 tahun tersebut datang ke rumah sakit dan mengeluhkan sembelit parah. Lantas tim dokter segera melakukan pemeriksaan dengan USG dan X-ray. Benar saja hasil menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan ususnya.

Sebuah gelas kaca ditemukan persis di dalam usus besar pria paruh baya tersebut. Dr Makhdulul Haq yang memimpin tim ahli bedah tak habis pikir bagaimana awal mula sebuah gelas kaca mampu masuk ke dalam organ sistem pencernaan manusia. Pasalnya pasiennya mengaku gelas kaca tersebut tertelan saat minum teh. 

“Ketika kami bertanya, pasien mengatakan bahwa dia menelan gelas itu saat sedang minum teh. Namun, itu bukan penjelasan yang meyakinkan. Pipa makanan manusia terlalu sempit untuk benda itu,” ungkap Dr Haq.

Akhirnya berbagai upaya dikerahkan upaya dikerahkan untuk mengeluarkan gelas kaca dari usus besar pria malang tersebut. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari berbagai sumber, Rabu (23/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prosedur Endoskopi

Tim dokter lantas segera mengambil tindakan terhadap keluhan sembelit dan sakit perut pria tersebut. Mulanya pihak rumah sakit memutuskan untuk melakukan prosedur endoskopi atau  menarik gelas keluar dari rektum. Nasib baik belum menimpa pria yang mengaku menelan gelas kaca tersebut. 

“Kami melakukan prosedur endoskopi tapi itu tidak berhasil. Jadi kami harus memotong perutnya dan mengeluarkan gelas setelah membuat sayatan di dinding ususnya," kata Dr Haq.

Dr Haq beserta timnya lantas segera melakukan pembedahan terhadap perut pria tersebut. Sang dokter menambahkan bahwa pemulihan kemungkinan akan memakan waktu lama karena setelah operasi usus besar telah dijahit dan lubang fistula telah dibuat di mana ia dapat buang air besar. Namun ia mengharapkan ususnya dapat sembuh dalam beberapa bulan kemudian. 

3 dari 3 halaman

Alasan Tak Logis

Keluhan yang disampaikan pria 55 tahun tersebut ternyata masih meragukan Dr Haq. Ia mengaku tak percaya sebuah gelas kaca mampu masuk melalui saluran pencernaan manusia. Namun, sang dokter memiliki penjelasan yang mungkin untuk ini. 

"Pemahaman kami tentang anatomi manusia mengatakan hanya ada satu cara gelas itu bisa berakhir di tempat itu. Itu didorong ke dalam tubuhnya melalui lubang dubur. pasien mungkin tidak mau berbagi. Kami, sebagai dokter, berkewajiban untuk melindungi privasinya,” jelas Dr. Haq.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.