Sukses

Selain Laura Basuki, 10 Artis Indonesia Ini Pernah Raih Penghargaan di Ajang Internasional

Para aktor dan aktris Tanah Air ini membuktikan kualitas aktingnya di kancah international.

Liputan6.com, Jakarta Industri film dan sinetron Indonesia memang selalu berkembangan. Bahkan, tak sedikit pula aktor dan aktris berbakat yang lahir di dunia seni peran Tanah Air. Bukan hanya karena penampilannya, namun bakat akting yang dimiliki para artis ini pula yang sukses membuat namanya dikenal luas oleh publik.

Kesuksesan industri seni peran Indonesia bukan hanya diraih di dalam negeri saja. Dalam beberapa tahun terakhir tak sedikit pula perfilman dan series Indonesia yang dilirik di kancah internasional. Bahkan, film-film karya anak bangsa ini ada pula yang berhasil meraih penghargaan di tingkat internasional.

Bukan hyany filmnya saja, namun beberapa nama artis yang terlibat juga sukses meraih penghargaan di kancah internasional. Memiliki akting yang berkualitas hingga chemistry yang didapat dari karakter yang dimainkan dibuktikan dengan raihan penghargaan.

Bahkan, baru-baru ini Laura Basuki berhasil menyebet penghargaan Silver Bear sebagai Pemeran Pendukung Terbaik dalam ajang Berlinale Film Festival 2022. Hal ini terlihat pula di akun Instagram resmi Berlinale serta akun Instagram Laura Basuki.

Penasaran siapa saja artis Indonesia yang pernah meraih penghargaan di festival film internasional? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa artis yang raih penghargaan di festival film internasional, Jumat (18/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Cut Mini

Cut Mini menjadi salah satu aktris senior yang sudah tak asing lagi bagi banyak masyarakat Indonesia. Aktingnya di berbagai film Tanah Air pun selalu sukses mencuri perhatian banyak penonton.

Pada 2009 lalu, Cut Mini diketahui berhasil memenangkan penghargaan 'Best Actress' dalam ajang Brussel International Independent Film Festival setelah memerankan karakter Ibu Muslimah dalam film Laskar Pelangi. Bahkan, berkat karakter tersebut, ia juga berhasil meraih berbagai penghargaan dalam negeri.

3 dari 11 halaman

2. Reza Rahadian

Kualitas akting Reza Rahadian dalam memainkan berbagai peran memang sukses membuat banyak penonton terbawa perasaan. Bahkan, Reza Rahadian ini disebut-sebut masuk dalam jajaran aktor top Tanah Air dengan berbagai kelihaiannya memainkan karakter dalam film.

Tak hanya meraih prestasi di dalam negeri saja, Reza Rahadian juga diketahui sempat mendapat penghargaan aktor terbaik dalam ajang Asia Pasific Film Festival 2017 yang diadakan di Kamboja. Penghargaan tersebut diraihnya usai sukses memerankan karakter B.J Habibie dalam film Rudy Habibie.

4 dari 11 halaman

3. Joe Taslim

Joe Taslim dikenal luas sebagai salah satu aktor Indonesia yang sukses di kancah internasional. Perannya dalam film Furious 6 pada 2013 lalu ini membuat namanya semakin populer. Bahkan dirinya juga telah membintangi berbagai film luar negeri yang tak lepas dari adegan bela diri.

Berkat akting yang dilakukan, pada 2016 lalu dirinya mendapatkan penghargaan Best APAN Star Awards yang diadakan di Korea Selatan. Penghargaan tersebut ia raih bersama dengan beberapa aktor di Asia lainnya, seperti Song Joong Ki dan Kim Hee Sun dari Korea Selatan, Narimiya Hiroki dari Jepang, Thanayong Wongtrakul dari Thailand serta Jessy Mandiola dari Filipina.

5 dari 11 halaman

4. Marsha Timothy

Istri Vino G. Bastian, Marsha Timothy juga sukses di dunia seni peran Tanah Air. Bahkan, dirinya terbilang sering bermain dalam film layar lebar, hingga FTV. Nama Marsha Timothy juga pernah masuk sebagai pemenang penghargaan dalam ajang Sitges Catalonian International Film Festival pada 2017 lalu sebagai Best Actress usai bermain dalam film Marlina si Pembunuh Empat Babak. Bukan hanya itu saja, film yang fimainkan oleh Marsha Timothy ini juga berhasil masuk dalam seleksi Oscar 2019.

6 dari 11 halaman

5. Tatjana Saphira

Aktris Tatjana Saphira bukan hanya berhasil meraih prestasi di Indonesia saja tapi juga di luar negeri. Film Sweet 20 yang dimainkan olehnya berhasil membawa nama Tatjana Saphira meraih penghargaan di Seoul International Drama Awards 2018 dan berhasil menyabat Asian Star Prize.

7 dari 11 halaman

6. Lukman Sardi

Lukman Sardi dikenal luas sebagai salah satu aktor yang telah membintangi puluhan judul film layar lebar. Bahkan, kualitas akting yang dimainkan olehnya selalu berhasil menghipnotis banyak penonton. Salah satunya melalui film 27 Step of May yang berhasil membawanya sebagai aktor terbaik dalam ajang Malasia International Film Festival 2019 lalu.

8 dari 11 halaman

7. Dian Sastrowardoyo

Berbagai peran pernah dimainkan oleh Dian Sastrowardoyo hingga membuat namanya semakin populer di kancar perfilman Tanah Air. Bahkan, dirinya juga mendapatkan berbagai penghargaan dengan berbagai karakter yang ia mainkan baik di dalam negeri ataupun internasional. Dian Sastrowardoyo juga diketahui pernah mendapat penghargaan sebagai Best Actress dalam Festival Film Asia Deauville di Perancis serta Festival Film International Singapore ke-15 pada 2002 lalu.

9 dari 11 halaman

8. Raihaanun

Sama seperti Lukman Sardi, Raihaanun juga berhasil meraih penghargaan berkat film 27 Step of May. Raihaanun berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Best Actress di ASEAN International Film Festival & Awards 2019 yang digelar di Malaysia.

10 dari 11 halaman

9. Adinia Wirasti

Film Critical Eleven berhasil membawan nama aktris Adinia Wirasti meraih prestasi di kancah internasional. Dirinya berhasil menyabet gelar sebagai Aktris Pemeran Utama Terbaik dalam ajang Asian Academy Creative Awards 2018 lalu yang digelar di Singapura.

11 dari 11 halaman

10. Amanda Manopo

Aktris muda Amanda Manopo memang tengah mencuri perhatian publik berkat aktingnya yang sukses membuat penonton ikut terbawa perasaan. Pada 2021 lalu, Amanda Manopo berhasil meraih penghargaan Asian Star Proze dalam ajang Seoul International Drama Awards 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.