Sukses

22 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Sehatkan Jantung

Kelor kerap disebut sebagai pohon ajaib.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun kelor telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Kelor atau Moringa oleifera kerap disebut sebagai pohon ajaib. Daun, polong, dan biji pohon kelor kaya akan antioksidan, asam amino, vitamin, dan mineral.

Penelitian modern menunjukkan manfaat daun kelor dapat membantu menurunkan kolesterol, menyeimbangkan gula darah, dan meredakan masalah kesehatan lainnya. Manfaat daun kelor bisa didapat dari mengonsumsi ekstraknya atau melahapnya langsung.

Manfaat daun kelor merupakan sumber zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin B6, dan riboflavin yang baik. Studi menunjukkan manfaat daun kelor mengandung sejumlah senyawa dengan efek meningkatkan kesehatan, termasuk quercetin dan beta-sitosterol.

Manfaat daun kelor dipercaya memiliki banyak khasiat dan kegunaan mulai dari kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat daun kelor, dirangkum Liputan6.com dari Healthline dan Medical News Today, Jumat (18/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat daun kelor

Tangkal radikal bebas

Manfaat daun kelor dikenal dengan antioksidannya. Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Selain vitamin C dan beta-karoten, daun kelor memiliki kandungan Quercetin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ada juga asam klorogenik yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Melindungi hati

Kelor tampaknya melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh obat anti-TB dan dapat mempercepat proses perbaikannya.

Melindungi sistem kardiovaskular

Antioksidan kuat yang ditemukan dalam ekstrak kelor dapat membantu mencegah kerusakan jantung dan juga telah terbukti menjaga kesehatan jantung.

3 dari 8 halaman

Manfaat daun kelor

Turunkan gula darah

Manfaat daun kelor membantu mengurangi jumlah glukosa dalam darah, serta gula dan protein dalam urin. Ini meningkatkan kadar hemoglobin dan kandungan protein keseluruhan pada mereka yang diuji.

Turunkan kolesterol

Daun kelor sangat rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol berbahaya. Kelor membantu menurunkan kadar kolesterol, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa Moringa oleifera mungkin memiliki efek menurunkan kolesterol.

Turunkan berat badan

Sebuah penelitian kecil menekankan kemampuan kelor untuk mencegah penambahan berat badan. Efek ini dapat dikaitkan dengan isothiocyanates, kelas senyawa dalam kelor. Bubuk kelor telah disarankan untuk menurunkan berat badan. Kelor dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Penelitian telah melihat efek dari suplemen yang mengandung kelor dikombinasikan dengan bahan lainnya.

4 dari 8 halaman

Manfaat daun kelor

Kurangi peradangan

Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama pada daun kelor, polong dan biji-bijian. Kelor mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh, dan konsentrat daun kelor dapat secara signifikan menurunkan peradangan dalam sel.

Dukung kesehatan otak

Manfaat daun kelor mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif karena aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer. Ini juga telah diuji sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer dengan hasil awal yang menguntungkan. Kandungan vitamin E dan C yang tinggi melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron, meningkatkan fungsi otak.

Mengobati edema

Edema adalah kondisi yang menyakitkan di mana cairan menumpuk di jaringan tertentu dalam tubuh. Sifat anti-inflamasi kelor bisa efektif dalam mencegah edema berkembang.

5 dari 8 halaman

Manfaat daun kelor

Cegah kanker

Ekstrak kelor mengandung sifat yang dapat membantu mencegah berkembangnya kanker. Manfaat daun kelor juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

Mengobati gangguan perut

Ekstrak kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan perut, seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibiotik dan antibakteri kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen, dan kandungan vitamin B-nya yang tinggi membantu pencernaan.

Melawan penyakit bakteri

Manfaat daun kelor memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba. Ekstrak kelor dapat memerangi infeksi yang disebabkan oleh Salmonella, Rhizopus, dan E. coli.

6 dari 8 halaman

Manfaat daun kelor

Sehatkan tulang

Manfaat daun kelor juga mengandung kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Seiring dengan sifat anti-inflamasinya, ekstrak kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi dan juga dapat menyembuhkan tulang yang rusak.

Atasi gangguan suasana hati

Kelor dianggap membantu dalam mengobati depresi , kecemasan , dan kelelahan .

Membantu menyembuhkan luka

Ekstrak kelor telah terbukti membantu menutup luka serta mengurangi munculnya bekas luka.

7 dari 8 halaman

Manfaat daun kelor

Atasi asma

Manfaat daun kelor dapat membantu mengurangi keparahan beberapa serangan asma dan melindungi dari penyempitan bronkus. Ini juga telah terbukti membantu fungsi paru-paru dan pernapasan yang lebih baik secara keseluruhan.

Melindungi ginjal

Mengonsumsi kelor dapat menurunkan risiko mengembangkan batu di ginjal, kandung kemih atau rahim. Kelor mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dapat membantu tingkat toksisitas di ginjal.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kelor mengandung isothiocyanate dan niaziminin, senyawa yang membantu menghentikan penebalan arteri, yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

8 dari 8 halaman

Manfaat daun kelor

Sehatkan penglihatan

Manfaat daun kelor mengandung sifat meningkatkan penglihatan berkat tingkat antioksidannya yang tinggi. Kelor dapat menghentikan pelebaran pembuluh darah retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

Atasi anemia

Konsumsi kelor membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi. Ini dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Kelor diperkirakan dapat membantu mengobati dan mencegah anemia dan penyakit sel sabit.

Sehatkan kulit

Kelor melindungi rambut dari radikal bebas dan menjaganya tetap bersih dan sehat. Moringa juga mengandung protein, yang berarti sangat membantu dalam melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Ini juga mengandung elemen hidrasi dan detoksifikasi, yang juga meningkatkan kulit dan rambut.

Cegah penuaan

Daun kelor mengandung antioksidan seperti vitamin A, B, dan C, yang dapat berkontribusi pada kesehatan kulit. Antioksidan dalam kelor juga dapat menawarkan manfaat anti-penuaan. Mereka bekerja untuk melindungi sel-sel kulit dari stres lingkungan, termasuk radiasi UV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.