Sukses

Arti Penting Sumpah Pemuda bagi Generasi Muda, Ajarkan Nilai-Nilai Persatuan

Arti penting sumpah pemuda sangat penting dalam mencapai kemerdekaan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Arti penting sumpah pemuda perlu dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia. Pasalnya, sumpah pemuda merupakan adalah salah satu pemantik semangat memperjuangkan kemerdekaan. Sumpah pemuda merupakan tonggak utama pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Sumpah pemuda tercipta dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928. Sumpah pemuda lahir di Batavia (Jakarta) pada 28 Oktober 1928, isinya yaitu sumpah para pemuda yang menegaskan cita-cita akan adanya "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

Arti penting sumpah pemuda sangat penting dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, sumpah pemuda tentunya sangat penting untuk selalu ditanamkan dalam jiwa, terutama bagi generasi muda bangsa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/2/2022) tentang arti penting sumpah pemuda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah dan Isi Sumpah Pemuda

Sebelum memahami arti penting sumpah pemuda, kamu tentunya wajib mengetahui isi dari sumpah pemuda itu sendiri terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Kongres Pemuda II ini diikuti oleh banyak peserta, yaitu perwakilan dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, dan lainnya.

Kongres Pemuda II ini dilakukan di sebuah gedung yang terletak di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta Pusat. Kini gedung tersebut diabadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda. Hadir juga di Kongres Pemuda II ini Wage Rudolf Supratman yang memainkan lagu Indonesia Raya dengan alunan biolanya. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan untuk pertama kalinya dalam kongres ini.

Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana disebut sebagai Sumpah Pemuda:

- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Air Indonesia.

- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

- Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

3 dari 4 halaman

Arti Penting Sumpah Pemuda

Mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa

Arti penting Sumpah Pemuda yang pertama yaitu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Perjuangan para pemuda dalam mendapat kemerdekaan sangat besar, terbukti dengan adanya berbagai peristiwa yang melibatkan para pemuda pada masa sebelum kemerdekaan.

Pemuda dan pemudi tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia. Tanpa Sumpah Pemuda serta perjuangan pemuda dan pemudi kala itu, mungkin saja Indonesia tak mencapai kesatuan untuk melawan penjajah negeri.

Wujud cinta Tanah Air

Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang melibatkan pengorbanan nyawa dan harta benda rakyat. Arti penting Sumpah Pemuda pun yaitu sebagai cerminan rasa cinta pemuda dan pemudi pada bangsa Indonesia. Tindakan yang nyata dan tulus merupakan wujud dari rasa cinta kepada tanah air. Termasuk pula mencintai keragaman budaya, agama dan masyarakat.

Mendorong semangat juang pemuda

Ketika membaca isi Sumpah Pemuda, kamu akan merasakan semangat pemuda pemudi pencetus Sumpah Pemuda. Semangat yang bisa dikenali sebagai arti penting Sumpah Pemuda dapat menjadi contoh bagi generasi muda masa kini untuk mengambil langkah dan melakukan sesuatu bagi bangsa Indonesia. Memaknai Sumpah Pemuda dengan mendalam dapat menumbuhkan semangat juang mendapatkan suatu tujuan. Semangat terus berkobar sekalipun banyak rintangan seperti yang dilakukan generasi terdahulu.

Semangat belajar

Arti penting Sumpah Pemuda bagi pelajar tentunya menumbuhkan semangat belajar dan terus berkarya. Melalui Sumpah Pemuda, semangat untuk terus belajar akan meningkat. Sumpah Pemuda juga mendorong para generasi muda memberikan yang terbaik untuk bangsanya.

4 dari 4 halaman

Arti Penting Sumpah Pemuda

Menumbuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

Saat ikrar Sumpah Pemuda, kebanggaan terlihat jelas dari para pemuda pemudi dalam setiap kalimat isi Sumpah Pemuda. Generasi muda seharusnya juga bangga akan tanah air sendiri, hal ini menjadi salah satu arti penting sumpah pemuda. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dan memiliki beragam budaya. Kekayaan dan keberagaman tersebut tentu harus dilestarikan oleh generasi muda.

Menekankan rasa bangga akan bahasa Indonesia

Sumpah Pemuda jelas mengangkat kebanggan terhadap Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa. Masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang telah tercantum dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 36.

Kebanggaan akan bahasa Indonesia perlu ditekankan. Tanpa pemahaman berbahasa yang baik, mengungkapkan isi dan ide akan sulit. Hal ini juga berpengaruh pada inteligensi dan rasa nasionalisme. 

Sebagai ajakan untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia

Menjaga keutuhan bangsa merupakan hal yang harus dilakukan oleh masyarakat. Di era sekarang, arti penting Sumpah Pemuda harus ditanamkan melalui pelajaran Sejarah di sekolah. Hal ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme para generasi muda. Perkembangan teknologi saat ini cukup berpengaruh pada cara berpikir generasi muda. Teknologi seharusnya digunakan secara bijak agar generasi muda dapat lebih peduli dan paham akan kondisi negaranya.

Sumpah Pemuda juga memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini