Sukses

3 Unsur Wawasan Nusantara, Tujuan dan Maknanya

Unsur Wawasan Nusantara turut serta membangun visi bangsa.

Liputan6.com, Jakarta Unsur Wawasan Nusantara penting dipahami tiap warga negara. Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayahnya. Unsur Wawasan Nusantara merupakan elemen yang membangun cara pandang tersebut.

Menurut Lemhannas RI, ada 3 unsur Wawasan Nusantara. Ketiga unsur Wawasan Nusantara turut serta membangun visi bangsa Indonesia. Memahami unsur Wawasan Nusantara bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Melalui unsur Wawasan Nusantara, seorang warga negara akan memprioritaskan kepentingan bangsanya. Berikut 3 unsur Wawasan Nusantara, tujuan dan maknanya, dirangkum Liputan6.com dari Perpustakaan Lemhannas RI, Minggu (30/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu Wawasan Nusantara?

Wawasan Nusantara secara umum adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat, laut, dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan.

Wawasan Nusantara menjadi visi bangsa yang bersangkutan dalam menuju masa depan. Hakikatnya, Wawasan Nusantara merupakan keutuhan dan kesatuan wilayah nasional. GBNH menyebutkan bahwa hakikat unsur Wawasan Nusantara diwujudkan dengan menyatakan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

3 dari 7 halaman

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan keluar

Tujuan unsur Wawasan Nusantara keluar yakni menjamin kepentingan nasional dalam menghadapi era globalisasi yang semakin mendunia. Selain itu, bangsa Indonesia juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan kerjasama untuk saling menghormati.

Dalam hal ini artinya bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk terus mengamankan serta menjaga kepentingan nasional lainnya yang berhubungan dengan kehidupan internasional dan dalam semua aspek kehidupan. Aspek tersebut meliputi politik, ekonomi, sosial budaya maupun keamanan dan pertahanan. Hal ini demi tercapainya tujuan nasional sesuai tertera dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Tujuan ke dalam

Tujuan Wawasan Nusantara ke dalam adalah sebagai penjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional. Aspek ini meliputi aspek ilmiah maupun aspek sosial. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk terus meningkatkan kepekaan dan berusaha untuk mencegah serta mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintegrasi bangsa. Bangsa Indonesia juga harus terus menerus mengupayakan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan.

 

4 dari 7 halaman

Unsur Wawasan Nusantara: Wadah

Wadah sebagai unsur Wawasan Nusantara adalah wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bemegara yang meliputi seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba nusantara dengan kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya.

Bangsa Indonesia memiliki organisasi kenegaraan. Ini merupakan wadah berbagai kegiatan kenegaraan dalam wujud suprastruktur politik. Ia juga merupakan wadah dalam kehidupan bermasyarakat.

5 dari 7 halaman

Unsur Wawasan Nusantara: Isi

Isi dalam unsur Wawasan Nusantara adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan Nasional yang terdapat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Untuk mencapai aspirasi yang berkembang di masyarakat maupun cita-cita dan tujuan Nasional.

Bangsa Indonesia harus mampu menciptakan persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan dalam kehidupan Nasional yang berupa politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam. Isi menyangkut dua hal, pertama realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama dan perwujudannya, pencapaian cita-cita dan tujuan Nasional persatuan, kedua persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.

6 dari 7 halaman

Unsur Wawasan Nusantara: Tata laku

Tata laku adalah hasil interaksi antara wadah dan isi dalam unsur Wawasan Nusantara. Tata laku terdiri dari tata laku batiniah dan mentalitas yang baik. Tata laku batiniah yaitu mencerminkan jiwa dan semangat. Mentalitas yang baik dari bangsa Indonesia, tercermin dalam tindakan, perbuatan dan perilaku dan bangsa Indonesia.

Kedua tata laku tersebut mencerminkan identitas jati diri/ kepribadian bangsa berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan yang memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air sehingga menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi dalam semua aspek kehidupan nasional.

7 dari 7 halaman

Makna Wawasan Nusantara

Makna Wawasan Nusantara menurut GBHN

Menurut Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1998, Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Makna Wawasan Nusantara menurut Ketetapan MPR tahun 1999

Dalam dokumen ketetapan MPR tahun 1999 mengenai Wawasan Nusantara, pengertian Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Makna Wawasan Nusantara menurut LEMHANAS

Menurut kelompok kerja LEMHANAS atau Lembaga Pertahanan Nasional pada tahun 1999, apa itu Wawasan Nusantara yaitu suatu cara pandang serta sikap bangsa indonesia mengenai diri serta lingkungan yang beragam serta bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan serta juga kesatuan bangsa dan juga kesatuan wilayah di dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara untuk dapat mencapai tujuan nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.