Realistis adalah Memahami Kenyataan, Begini Ciri-cirinya

Oleh Laudia Tysara pada 29 Jan 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 29 Jan 2022, 15:30 WIB
Ekspresi Berpikir
Perbesar
Ilustrasi Ekspresi Berpikir Credit: pexels.com/Sandara

Liputan6.com, Jakarta Apa itu realistis? Memahami realistis adalah sesuatu yang tampak nyata dan bisa diandalkan. Realistis adalah kenyataan yang bersifat wajar, bukan diwajarkan.

Melansir Bahai Teachings, pada Sabtu (29/1/2022) dijelaskan realistis adalah seseorang yang memiliki pemahaman baik tentang realitas situasi dan memahami yang bisa serta tidak bisa dilakukan.

Inilah mengapa orang-orang dengan konsep pemikiran realistis adalah sangat bisa diandalkan. Selain pandai memahami konsep kenyataan, orang realistis adalah pandai memahami perasaan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang realistis dan ciri-ciri orang dengan konsep pemikiran realistis, Sabtu (29/1/2022).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memahami Istilah Realistis

Ilustrasi berpikir | Andrea Piacquadio dari Pexels
Perbesar
Ilustrasi berpikir | Andrea Piacquadio dari Pexels

Memahami realistis adalah sesuatu yang nyata. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan realistis adalah bersifat nyata (real) atau sesuatu yang bersifat wajar.

Realistis adalah gambaran seseorang yang pandai menilai realitas atau kenyataan. Melansir Bahai Teachings, realistis adalah seseorang yang memiliki pemahaman baik tentang realitas situasi dan memahami yang bisa serta tidak bisa dilakukan.

Realistis adalah pandangan yang mengarah pada fakta di kehidupan nyata. Orang yang memiliki pemikiran realistis adalah tidak pernah memaksakan kehendak dan selalu berupaya memahami keadaan atau situasi yang sebenarnya terjadi, tidak kolot.

Melansir Harvard Business Review, dijelaskan realistis adalah sesuatu yang cenderung mengarah pada pandangan situasi lebih pragmatis dan aktual. Realistis adalah memiliki posisi absolut yang lepas dari pikiran, ide, dan kesadaran.

Pustaka Digital Indonesia menjelaskan “nyata” dari istilah realistis adalah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan sama tetapi maknanya berbeda. Ini makna nyata lainnya:

1. Nyata atau realistis adalah terbukti

Contoh: Makin lama makin nyata kecurangannya

2. Nyata atau realistis adalah terang (kelihatan, kedengaran, dan sebagainya)

3. Nyata atau realistis adalah jelas sekali

4. Nyata atau realistis adalah kentara

Contoh: Huruf dalam buku itu tidak nyata sehingga sukar dibaca

5. Nyata atau realistis adalah benar-benar ada

6. Nyata atau realistis adalah ada buktinya

7. Nyata atau realistis adalah berwujud

Contoh: Tunjukkan kasih sayangmu dengan tindakan nyata

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ciri-Ciri Orang Realistis

Tetap Tenang dalam Segala Situasi
Perbesar
Ilustrasi berpikir. Credit: unsplash.com/BenWhite

Apa yang menjadi ciri-ciri orang dengan konsep pemikiran realistis? Tak hanya memahami tentang situasi, orang yang realistis begitu memahami cara memperlakukan orang lain. Ini penjelasan ciri-ciri orang realistis, melansir majalah Thought Catalog:

1. Orang yang Diingat

Semua orang melihat Anda ketika saatnya untuk merencanakan perjalanan, karena mereka tahu bahwa Anda tidak hanya akan merencanakan segalanya dengan sempurna, Anda juga akan membuat semua rencana cadangan yang diperlukan ketika rencana awal pasti tidak berhasil.

2. Penuh Persiapan

Dompet Anda menyaingi tas yang dibawa Mary Poppins. Anda tahu untuk bersiap menghadapi situasi apa pun, sehingga teman Anda dapat mengandalkan Anda untuk membawa sebungkus tisu, tabir surya, dan camilan sore hari bersama Anda setiap saat.

3. Pandai Memberi Nasihat

Anda terus-menerus melawan keinginan untuk mengatakan, "Sudah kubilang," ketika teman-teman Anda mengabaikan realisme bijak Anda.

4. Teguh Pendirian

Fakta bahwa Anda satu-satunya yang memutuskan untuk membawa payung, dan sekarang hujan dan semua orang berebut tempat yang didambakan di bawahnya, biasanya mereka berbicara banyak.

5. Memahami Perasaan

Bersikap realistis bukan berarti Anda brutal. Anda tahu bahwa orang memiliki perasaan, dan Anda berhati-hati untuk memberi mereka pendapat jujur ​​Anda tanpa menyakiti.

6. Berperilaku Santai

Anda umumnya sangat santai, karena Anda mengerti bahwa kadang-kadang, hal buruk terjadi, dan Anda selalu siap untuk berguling dengan pukulan.

7. Menghindari Drama

Anda mencoba untuk menghindari drama dengan segala cara, karena drama sebagian besar terdiri dari orang-orang yang bertindak tidak rasional, dan itu membuat Anda kesal tanpa akhir.

8. Bisa Diandalkan

Tapi Anda selalu ada jika teman Anda yang berpenampilan drama membutuhkan mediator, karena Anda dijamin akan melihat kedua sisi secara rasional, dan membantu mereka menyelesaikan perbedaan mereka.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ciri-Ciri Orang Realistis Selanjutnya

9. Tidak Suka Berbohong

Teman-teman Anda tahu untuk tidak datang kepada Anda ketika mereka ingin nasihat yang menguatkan seperti, "ikuti impian Anda apa pun yang terjadi" atau "dia bisa berubah", karena mereka tahu mereka tidak akan mendapatkannya dari Anda.

10. Tidak Ragu Mengungkap Kebenaran

Namun, mereka tahu untuk datang kepada Anda ketika mereka membutuhkan nasihat yang keras, karena Anda selalu mengatakan yang sebenarnya kepada mereka.

11. Menghindari Ekspektasi Tinggi

Ketika teman Anda bertanya bagaimana kencan pertama Anda, Anda biasanya mengatakan sesuatu seperti, “Dia tampak sangat hebat, dan saya senang bisa mengenalnya lebih jauh.”

Bahkan ketika Anda benar-benar menyukai seseorang, Anda cenderung menjaga diri dari melompat ke kesimpulan fantastis bahwa mereka adalah "The One" setelah satu kencan.

12. Selalu Dimintai Pendapat

Teman-teman Anda selalu meminta pendapat Anda saat berbelanja, karena mereka tahu Anda akan memberikan seluruh kebenaran dan tidak ada yang lain selain kebenaran, jadi tolonglah Tuhan ketika mereka mencoba pakaian yang mengerikan.

13. Dianggap Pesimis

Orang yang optimis sering kali sedikit kecewa dengan Anda, karena mereka sering berpikir Anda pesimis, tetapi sebenarnya, bukan salah Anda jika skenario yang lebih mungkin tidak terlalu positif!

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya