Sukses

16 Tahun Keliling Indoneisa, Pria Ini Cari Hewan Langka Demi Tujuan Edukasi

Pria ini cari hewan langka untuk dijadikan edukasi generasi mendatang melalui tayangan video.

Liputan6.com, Jakarta Jelajah alam kerap dijadikan sebagai hobi oleh segelintir orang yang bosan dengan dunia perkotaan. Bahkan, ada yang dilakukan selama bertahun-tahun guna tujuan yang mulia di masa depan. Hal itulah yang dilakukan oleh Erwin Winarno. Kisah penjelajahannya diungkap oleh sang keponakan di laman TikTok @hartatahtanofika.

Dalam keterangan di video tersebut, pemilik akun mengungkapkan jika sang paman telah melakukan keliling Indonesia selama 16 tahun. Namun, kegiatan itu bukan sekadar hobi atau kesenangan pribadi. Tujuannya ialah untuk mengungkap hewan-hewan langka yang dianggap hampir punah.

"Bangga banget sama om 16 tahun menjelajah untuk cari hewan langka yang dianggap punah. Untuk memberi edukasi dan jejak digital untuk anak cucu kelak," tulis pemilik akun pada keterangan video, seperti dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @hartatahtanofika pada Jumat (28/1/2022).

Pria yang merupakan adik bontot dari ayah pemilik akun itu mengabadikan setiap satwa langka yang ditemui dalam lensa kameranya. Kamera yang digunakan menggunakan lensa yang hasilnya akan terlihat jelas. Dengan begitu, edukasi akan tersampaikan dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunakan dana pribadi untuk reboisasi

Hal mengejutkan juga diungkap oleh pemilik akun. Ia mengatakan jika sang paman yang sangat peduli terhadap alam itu rela merogoh kocek sendiri untuk reboisasi. Dana pribadi yang dikeluarkan pun tak sedikit jumlahnya. Semua demi memberi pengetahuan dan jejak digital untuk generasi mendatang.

Erwin Winarno membagikan semua pengetahuan dan pengalamannya melalui kanal Youtube pribadinya Erwin Winarno. Reboisasi yang ia lakukan juga ditunjukkan di sana. Diketahui, kegiatan reboisasi hutan gundul itu merupakan bekas erupsi dan dilakukan menggunakan dana pribadi.

Dalam unggahan TikTok, Erwin melakukan reboisasi hutan gundul tersebut pada tahun 2012. Setelah 10 tahun berlalu, Erwin mendatangi hutan yang dulu direboisasinya, dan hasilnya sangat indah. Hutan gundul itu berubah lebih hijau dengan pohon-pohon yang tumbuh subur.

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Saat ini, video yang ditonton hingga 731,1 ribu oleh pengguna TikTok itu menuai berbagai komentar dari warganet. Banyak yang bangga dengan kegiatan yang dilakukan oleh Erwin menjelajah alam hingga puluhan tahun. Tidak sedikit pula yang salut dengan pengalaman yang seharusnya patut untuk diapresiasi itu.

"Om Erwin Winarno salah satu pendaki puncak dunia (Everest). Ngga kebayang berapa banyak pengalamannya," tulis akun Rian peranta.

"Dedikasinya ya, sama sekali ngga gampang, omnya pasti cinta banget sama hal yang dia lakuin," tulis akun asrbreaktime_.

"Hah? Gue ngga nyangka benar-benar ada orang yang ngelakuin reboisasi niat banget please, mana sendirian, panjang umur ya pak," tulis akun orell.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.