4 Tradisi Imlek yang Selalu Dinantikan, Bagian Akhir Bisa Bikin Dapet Emas & Gadget!

Oleh Gilar Ramdhani pada 28 Jan 2022, 07:30 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 07:30 WIB
4 Tradisi Imlek yang Selalu Dinantikan, Bagian Akhir Bisa Bikin Dapet Emas & Gadget!
Perbesar
Ilustrasi rayakan Imlek bersama keluarga. (Credit: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek yang dinantikan masyarakat Tionghoa di seluruh dunia termasuk di Indonesia sudah di depan mata. Seperti diketahui, Hari Raya Imlek tahun ini jatuh tepat pada hari Selasa, 1 Februari 2022. 

Penetapan Hari Raya Imlek sebagai Hari Libur Nasional, memberikan kesempatan bagi masyarakat Tionghoa untuk bisa berkumpul dan melaksanakan tradisi bersama keluarga. Mengingat situasi pandemi, maka penting sekali untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Seiring perkembangan, terdapat sejumlah tradisi yang muncul selama perayaan Imlek dan menjadi sesuatu yang dinantikan banyak orang.

1. Tampilan Serba Merah

Tampilan Serba Merah
Perbesar
Tampil dengan busana warna merah. (Credit: Shutterstock)

Perayaan tahun baru imlek identik dengan warna merah, karena melambangkan sesuatu yang kuat, sejahtera, dan membawa keberuntungan atau hoki. Selain dekorasi rumah, pakaian dan aksesoris juga tak luput dari warna merah. Di saat Imlek, ada warna yang disarankan tidak dipakai yakni warna hitam dan putih. 

2. Tradisi Yu Sheng

Yu Sheng merupakan makanan khas Imlek yang disantap bersama-sama di tengah meja bundar. Disajikan dalam piring besar, Yu Sheng berisi aneka sayur seperti timun, lobak, irisan kol, wortel, manisan jeruk, dan potongan daging ikan.

Saat Yu Sheng sudah siap di atas meja bundar, anggota keluarga berdiri mengelilinginya sambil memegang sumpit. Setelah bahan-bahan sudah dituang, doa akan dibacakan dengan lantang, kemudian semua anggota keluarga mengaduk isi piring bersama-sama dan mengangkat setinggi mungkin memakai sumpit. Semakin tinggi maka kesempatan terkabulnya harapan bisa lebih besar.

3. Barongsai

Barongsai.
Perbesar
Barongsai. (Credit: Shutterstock)

Tradisi paling populer yang selalu dinantikan, bukan hanya masyarakat Tionghoa, tetapi juga kalangan luas dan anak-anak yang gemar sekali menontonnya. Dalam kepercayaan Tionghoa, Barongsai merupakan lambang kebahagiaan dan tarian singa ini dipercaya dapat membawa keberuntungan serta mengusir roh-roh jahat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Angpao

Angpao
Perbesar
Ilustrasi berbagi angpao. (Credit: Shutterstock)

Bagi-bagi angpao menjadi tradisi yang selalu dinantikan. Saat tahun baru Imlek, mereka yang sudah berkeluarga memberikan rezeki kepada anak-anak, orang tua dan keluarga lain yang lebih muda. Tak terbatas lingkup keluarga, angpao juga umum dibagikan rekan kerja dan teman-teman lainnya.

Bicara seputar angpao tentu akan jadi pekerjaan rumah bila harus menyiapkan banyak amplop bukan? Maka dari itu, kamu perlu memanfaatkan fitur kirim uang yang ada di dompet digital. Bukan hanya praktis, tapi dengan kirim uang melalui aplikasi DANA, kamu juga bisa dapat hadiah lho!

Poin Hoki DANA.
Perbesar
Poin Hoki DANA.

Menyambut perayaan Imlek tahun ini, DANA mengadakan program bertajuk Poin Hoki DANA yang berlangsung mulai tanggal 29 Januari – 1 Februari 2022.

Di program ini, DANA mengajak kamu & pengguna lainnya untuk mengumpulkan DANA Points supaya bisa ikut DANA Auction di tanggal 31 Januari - 1 Februari 2022 & menang berbagai hadiah menarik: Samsung Galaxy Z Flip 3, Samsung Galaxy S21 FE 5G, iPhone 13, PlayStation 5, Emas 10gr, Xiaomi Smart TV 43 Inch, Saldo DANA Rp2 juta.

Cara ngumpulin DANA Pointsnya juga gampang banget lho! Kamu tinggal kirim angpao ke keluarga atau orang terdekat pakai fitur Kirim Uang di DANA, atau borong voucher A+ Rewards di DANA untuk dapetin banyak poin.

Gak cuma itu aja, biar nambah cuan, kamu juga bisa nonton live streaming Poin Hoki DANA di aplikasi DANA. Karena saat sesi live streaming berjalan, DANA akan bagikan DANA Kaget buat kamu dengan cuma-cuma.

Untuk klaim hadiahnya juga menarik! Kalau kamu menang DANA Auction, kamu bisa klaim hadiah dengan bayar Rp2.573 aja. Terjangkau banget kan? Oiya, jangan lupa juga klik di sini untuk cari tau info lengkap Poin Hoki DANA.

Yuk, download & pakai aplikasi DANA biar kamu bisa ikut Poin Hoki DANA! Buat kamu yang udah pakai DANA, jangan lupa ya update aplikasi DANAmu ke versi terbaru biar bisa dapat hadiah yang kamu mau.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya