Sukses

Mukbang adalah Aktivitas Makan yang Disiarkan, Pahami Pengertian dan Dampaknya

Mukbang adalah istilah bahasa Korea yang identik dengan video makan dalam jumlah besar.

Liputan6.com, Jakarta Mukbang adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing di telinga banyak orang sekarang ini. Pasalnya, istilah ini sudah sering muncul di platform media seperti YouTube hingga media sosial. Video mukbang menjadi salah satu tontonan favorit banyak orang. 

Mukbang adalah istilah bahasa Korea yang identik dengan video makan dalam jumlah besar. Mukbang berasal dari kata-kata Korea meongneun yang artinya makan dan bangsong yang artinya siaran. Mukbang merupakan gabungan dari dua kata Korea, muk-ja untuk "makan" dan bang-song untuk "siaran"

Istilah mukbang ini sudah digunakan secara luas dalam berbagai jenis acara makan. Tren mukbang ini mengglobal dan ditiru banyak negara. Memproduksi video mukbang bahkan menjadi karier dengan pendapatan tinggi, termasuk di Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (23/1/2022) tentang mukbang adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mukbang adalah

Secara umum, mukbang adalah aktivitas makan yang disiarkan. Mukbang adalah kegiatan yang menampilkan seseorang saat mereka menikmati makanan lezat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mokbang atau mukbang adalah siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan, biasanya disiarkan secara daring.

Jadi, mukbang adalah siaran makan. Hal ini kerap kali disalah artikan banyak orang, yang menganggap mukbang adalah makan dalam jumlah banyak. Mukbang adalah istilah yang berfokus pada aktivitas menyiarkan diri saat sedang makan, bukan pada aktivitas makan dalam jumlah besar.

Mukbang adalah acara makan, yaitu siaran audiovisual secara online di mana host mengonsumsi berbagai jumlah makanan saat berinteraksi dengan penonton. Mukbang biasanya direkam sebelumnya atau disiarkan langsung melalui webcast di platform streaming.

Dalam versi langsung atau live streaming, pembawa acara mukbang mengobrol dengan penonton sementara penonton mengetik secara real-time di ruang obrolan langsung, menciptakan komunikasi multimodal. Acara makan memperluas pengaruhnya di platform penyiaran internet dan berfungsi sebagai komunitas virtual dan tempat untuk komunikasi aktif di antara pengguna internet.

Istilah mukbang mulai populer di Korea Selatan pada tahun 2010. Tren ini kemudian mengglobal dan ditiru banyak negara. Memproduksi video mukbang bahkan menjadi karier dengan pendapatan tinggi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Nasional Seoul menemukan bahwa dalam jangka waktu dua tahun (April 2017 hingga April 2019) istilah "mukbang" ditelusuri lebih dari 100.000 video dari YouTube.

Di Korea Selatan, para pelaku mukbang profesional dapat menghasilkan hingga $10.000 dalam sebulan. Dengan memasak dan mengonsumsi makanan di depan kamera untuk audiens yang besar, mukbanger menghasilkan pendapatan dari iklan, sponsor, endorsement, serta dukungan penonton.

3 dari 4 halaman

Mukbang dan Kesehatan

Mukbang memberikan berbagai pengaruh terhadap kesehatan kamu. Pengaruh ini tentunya bisa berupa pengaruh baik, maupun pengaruh buruk. Mengutip Merdeka, berikut beberapa dampak baik dan buruk mukbang untuk kesehatan:

Dampak Baik Mukbang untuk Kesehatan

- Mencegah depresi. Dilihat dari segi psikologis, mukbang dianggap mampu mencegah depresi pada seseorang yang mengalami kesepian. Hal ini dikarenakan mereka akan merasa memiliki teman makan sehingga tak lagi kesepian. Mencegah depresi juga dapat mencegah berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

- Meningkatkan nafsu makan. Bagi orang-orang yang memiliki gangguan kehilangan nafsu makan, mukbang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan nafsu makan.

- Membantu diet. Bagi sebagian orang, mukbang juga bisa membantu mereka selama menjalani program dietnya. Sebagian orang akan merasa terwakilkan untuk makan setelah menonton video mukbang. Hal ini tentunya sangat berguna bagi orang yang tengah menjalani program diet.

Dampak Buruk Mukbang untuk Kesehatan

- Obesitas. Bagi para pelaku mukbang yang tidak mengimbangi hidupnya dengan berolahraga, hal ini bisa menyebabkan penyakit obesitas pada pelaku mukbang. Obesitas juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti stroke, serangan jantung, kolesterol, dan risiko penyakit lainnya.

- Masalah Pencernaan. Bahaya mukbang selanjutnya ialah kemungkinan adanya masalah pencernaan. Hal ini diakrenakan sistem pencernaan akan bekerja lebih keras setelah mereka diberi asupan makanan yang berlebih. Makan dengan porsi yang melebihi kapasitas pencernaan tentu dapat menyebabkan iritasi lambung, naiknya gula darah, hingga terganggunya metabolisme tubuh.

4 dari 4 halaman

ASMR dalam Mukbang

Salah satu istilah yang sering juga dikaitkan dengan mukbang adalah ASMR. ASMR adalah singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response, yang mengacu pada perasaan menyenangkan dan sering kali tidak disengaja yang didapat penonton dari menonton video "merangsang" sensorik tertentu.

Makan ASMR adalah tindakan yang dapat menimbulkan sensasi kesemutan di otak, kepala, leher, dan tulang belakang melalui suara dan visual orang yang menggigit, mengunyah, dan menyeruput berbagai jenis makanan. Orang-orang yang mengalami fenomena ini mengklaim bahwa mereka menerima kesenangan luar biasa dari menonton atau mendengarkan kebiasaan sehari-hari seperti berbisik, menyisir rambut, melipat pakaian dan banyak lagi.

ASMR dalam mukbang sangat disukai. Suara ASMR pada makanan biasanya seperti menyeruput, menggigit, mengunyah, dan banyak suara lain yang dipancarkan saat makan. Ini membuat penonton mengasosisasikan makanan sebagai kesenangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.