Sukses

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Pancasila Beserta Manfaatnya

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia bisa kamu lihat di dalam Pancasila, yaitu pada sila ke-3.

Liputan6.com, Jakarta Makna persatuan dan kesatuan bangsa perlu dipahami setiap masyarakat. Pemahaman tentang persatuan dan kesatuan tentunya membuat sebuah bangsa terhindar dari konflik dan perpecahan. Hal ini menggambarkan keutuhan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu, yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat, persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu, perserikatan, serikat. Sementara itu, pengertian kesatuan berarti perihal satu, keesaan, sifat tunggal, satuan. Kesatuan juga bisa diartikan sebagai hasil dari persatuan yang sudah mengakar kuat.

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia bisa kamu lihat di dalam Pancasila, yaitu pada sila ke-3. Selain itu, dalam mempertahankan serta membentuk rasa persatuan dan kesatuan di Indonesia, diterapkan pula prinsip-prinsip tertentu yang sangat penting dipahami seluruh masyarakat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/1/2022) tentang makna persatuan dan kesatuan bangsa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Pancasila

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia bisa dilihat dari Pancasila. Persatuan dan kesatuan terpatri jelas dalam sila ke-3 Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia". Persatuan Indonesia dalam Pancasila berarti bahwa Bangsa Indonesia tidak boleh terpecah dan harus terus bersatu.

Indonesia terdiri dari ras, suku, agama, budaya, etnik, dan karakter yang berbeda dari setiap wilayah. Prinsip kesatuan dan persatuan ini sangat penting dimiliki untuk menjaga kekuatan dan keutuhan bangsa.

Jadi, makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah bersatunya bangsa dengan beragam perbedaan agama, suku, bahasa, maupun adat istiadat yang mendiami wilayah Indonesia menjadi satu kebulatan utuh dan serasi. Itulah mengapa, penting memiliki sikap persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat demi keutuhan bangsa dan negara. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, bangsa akan terpecah belah.

Makna persatuan dan kesatuan bangsa adalah agar tak mudah terpecah belah. Persatuan dan kesatuan sangat penting untuk mempertahakan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Makna persatuan dan kesatuan Bangsa juga melambangkan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI terbentuk atas persatuan dan kesatuan atas persamaan nasib, budaya, wilayah, serta prinsip-prinsip yang ada.

Jadi, sudah jelas bahwa makna persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting dipahami oleh setiap masyarakat. Bahkan, hal ini sudah tercantum di dalam Pancasila yang merupakan dasar negara.

3 dari 4 halaman

Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Makna persatuan dan kesatuan bangsa tentunya memiliki manfaat yang sangat baik untuk negara maupun masyarakat. Mengutip Bola.com, berikut beberapa manfaat persatuan dan kesatuan bangsa:

1. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) supaya tidak mudah terpecah belah oleh orang lain.

2. Dengan adanya persatuan dan kesatuan, akan tercipta suasana yang aman, damai, dan tenteram dalam negara. Hal ini terutama karena adanya sikap toleransi, solidaritas, dan setia kawan di antara warganya.

3. Persatuan dan kesatuan dapat mewujudkan kehidupan yang seimbang, harmonis, dan serasi antarmanusia.

4. Persatuan dan kesatuan dapat mengatasi semua perbedaan dengan penuh kesabaran dan kesadaran.

5. Persatuan antarwarga negara dapat membuat pembangunan nasional berjalan lancar, aman, baik, dan sesuai dengan harapan.

6. Bangsa Indonesia akan lebih mudah maju dan berkembang dengan menerima perbedaan yang muncul.

7. Akan lebih mudah untuk mencapai tujuan nasional yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea 4.

8. Pelaksanaan gotong royong dalam lingkungan sekitar akan berjalan lancar tanpa adanya kendala.

9. Saling menjaga kerukunan dan menjalin silaturahmi antarbangsa

10. Akan lebih mudah mengatasi berbagai gangguan baik yang muncul dari dalam maupun dari luar.

4 dari 4 halaman

Prinsip Persatuan dan Kesatuan di Indonesia

Dalam mempertahankan serta membentuk persatuan dan kesatuan di Indonesia, prinsip-prinsip tertentu perlu ditanamkan. Dirangkum dari Bola.com, prinsip dalam makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah:

Bhinneka Tunggal Ika

Melalui Prinsip Bhinneka Tunggal Ika, Bangsa Indonesia wajib menjauhkan diri dari sikap-sikap mementingkan kelompok sendiri, sukuisme, dan fanatisme yang berlebihan sehingga dapat terhindar dari perpecahan bangsa.

Nasionalisme

Melalui penerapan prinsip nasionalisme, seseorang akan rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi atau kelompok/golongan, serta menempatkan sikap persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi.

Wawasan Nusantara

Melalui wawasan nusantara, bangsa Indonesia ditempatkan dalam kerangka satu kesatuan politik, sosial, budaya, serta pertahanan keamanan. Dengan begitu, bangsa Indonesia akan merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta memiliki satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Kebebasan yang bertanggung jawab berarti setiap orang diberikan kebebasan untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan kemauannya, tentunya tanpa menyalahi Hak Asasi Manusia. Sehingga orang yang melakukan kebebasan tersebut harus bisa bertanggung jawab dan tidak sampai merugikan orang lain.

Semangat Persatuan untuk Mewujudkan Cita-Cita Proklamasi

Di dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, terdapat wujud cita-cita proklamasi. Cita-cita tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI. Untuk mewujudkan cita-cita proklamasi tersebut, dibutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh warga Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.