Penemuan Kuburan Upin Ipin Bikin Heboh, Ini 3 Klarifikasi Tim Produksi

Oleh Loudia Mahartika pada 18 Jan 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 18:40 WIB
Penemuan Kuburan Upin Ipin Bikin Heboh, Ini 3 Klarifikasi Tim Produksi
Perbesar
Upin dan Ipin (YouTube/ Les' Copaque Production)

Liputan6.com, Jakarta Sejak beberapa waktu lalu, masyarakat dihebohkan dengan video penemuan kuburan Upin Ipin di media sosial. Lewat akun TikTok @abi_alonk3110, si pemilik video membagikan video yang memperlihatkan dua makam bertuliskan nama Upin dan Ipin. Di makam tersebut juga tertulis tahun meninggalnya mereka. 

"Pantasen gak pernah gede, ternyata cerita berdasarkan khayalan opah 10 tahun lalu," tulis akun tiktok @abi_alonk3110. Video itu pun lantas mengundang banyak warganet yang penasaran, sedih serta bercocoklogi dengan kisah kartun tersebut.

Ramai dibahas di media sosial, tim produksi animasi asal Malaysia itu yakni Les' Copaque Production pun angkat bicara. Lewat akun resminya, pihak produksi beberkan fakta bahwa rumor yang beredar tidaklah benar.

Lebih lengkapnya berikut ini Liputan6.com rangkum klarifikasi dari tim produksi Upin Ipin, Les' Copaque Production, dari akun resminya, Selasa (18/1/2022).


1. Ditulis Sepenuhnya oleh Les' Copaque Production

Penemuan Kuburan Upin Ipin Bikin Heboh, Ini 3 Klarifikasi Tim Produksi
Perbesar
Upin Ipin The Movie: Keris Siamang Tunggal (ist)

Baru-baru ini animasi Upin Ipin yang diproduksi oleh Les' Copaque viral karena disebut-sebut berdasarkan dari kisah nyata. Ramainya pertanyaan warganet soal kisah dibalik animasi asal Negeri Jiran ini, tim produksi pun buka suara. 

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Idenya tidak diambil atau terinspirasi dari kisah siapapun yang masih hidup maupun yang telah tiada." tulis Les' Copaque di akun Twitternya pada Senin (17/1/2022).

Kisahnya pun adalah ide asli dari Hajah Ainon yang juga mengisi suara Opah. Selain itu, Haji Burhanuddin selaku Pengarah Urusan Les' Copaque Production yang juga mengisi suara Tuk Dalang adalah sosok yang ikut dalam pembuatan ide Upin Ipin.


2. Alasan Upin Ipin Yatim Piatu

Penemuan Kuburan Upin Ipin Bikin Heboh, Ini 3 Klarifikasi Tim Produksi
Perbesar
Upin dan Ipin (Sumber: Twitter/Les' Copaque Production)

Tim produksi pun melanjutkan menjelasannya mengapa Upin Ipin dikisahkan dua bocah kembar yang yatim piatu. Hal itu karena ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9 merupakan projek sampingan saja.

Pada saat itu tim produksi sedang mengalami kekurangan tenaga kerja. Mereka tidak ada ide baru yang dihasilkan dan Les' Copaque Production memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin sebagai anak yatim piatu.


3. Upin Ipin Berkepala Botak

Penemuan Kuburan Upin Ipin Bikin Heboh, Ini 3 Klarifikasi Tim Produksi
Perbesar
Upin dan Ipin (Sumber: Twitter/Les' Copaque Production)

Selanjutnya Les' Copaque Production menjelakan alasan mengapa Upin Ipin digambarkan sebagai bocah laki-laki yang memiliki kepala botak. 

"Begitu juga ketika Upin & Ipin Musim 1 dibuat, pihak LCP terpaksa memendekkan biaya dan mempercepatkan proses pembuatan. Ingin buat rambut (hair simulation) ketika itu terlalu memakan waktu pembuatan. Maka, Upin dan Ipin diciptakan botak tetapi Upin ada sehelai rambut." lanjut tim produksi.

Menjawab banyaknya pertanyaan warganet, tim produksi pun berharap klarifikasi tersebut bisa meredam rumor yang beredar. Tim produksi ini secara tegas membantah jika kisah Upin Ipin berdasarkan kisah nyata.

"Kalau ingin tahu kisah dan sejarah tentang berdirinya Les' Copaque Production bisa dapatkan buku yang ditulis sendiri oleh Tn Haji Burhanuddin yang bisa didapatkan di pasaran pada bulan Mei nanti." tutup Les' Copaque Production.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya