Sukses

8 Cara Mudah Pancarkan Kepercayaan Diri dan Citra yang Positif

Memiliki kepercayaan pada diri sendiri tidak hanya penting untuk kesehatan dan kesejahteraan, tetapi juga dapat memengaruhi persepsi kamu terhadap orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kepercayaan pada diri sendiri tidak hanya penting untuk kesehatan dan kesejahteraan, tetapi juga dapat memengaruhi persepsi kamu terhadap orang lain. Mereka yang memancarkan kepercayaan diri cenderung terlihat lebih mampu dan dapat dipercaya.

Sayangnya, tidak semua orang merasa percaya diri dengan kemampuannya. Misalnya, kamu mungkin merasa lebih tidak aman dalam situasi atau pengaturan tertentu. Dalam kasus lain, perasaan cemas atau rendah diri dapat mengganggu kemampuan kamu untuk bertindak dan mengambil keputusan.

Beruntungnya, ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk memancarkan kepercayaan diri dalam situasi apa pun, bahkan ketika kamu mungkin tidak merasakannya 100%. Dengan kata lain, bertindak percaya diri sebenarnya dapat berperan dalam meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Dikutip dari Verywell Mind, berikut ini sederet upaya yang dapat kamu lakukan untuk memancarkan kepercayaan diri dan mencapai citra diri yang lebih positif.

1. Fokus pada Kekuatan

Saatberada dalam situasi di mana kamu ingin tampil percaya diri, akan sangat membantu jika berfokus pada keterampilan dan kemampuan yang paling yakini. Pilih sesuatu yang kamu tahu dan kuasai. Kemudian fokuslah untuk menonjolkan atau memproyeksikan kualitas itu.

2. Bicarakan Dirimu

Mulailah memperhatikan self-talk yang digunakan ketika kamu berada dalam situasi untuk memancarkan kepercayaan diri. Apakah Anda terlibat dalam self-talk negatif atau positif? 

Contohnya berpikir pada diri sendiri bahwa kamu akan membuat kesalahan atau tidak dapat menangani situasi tersebut. Hindari pikiran negatif karena itu dapat berdampak serius pada kemampuan untuk tetap percaya diri. Fokus pada pikiran negatif akan dapat meyakinkan diri sendiri bahwa kamu benar-benar tidak memiliki apa yang diperlukan untuk berhasil.

Maka mulailah membingkai ulang pikiran kamu menjadi lebih positif dan optimis. Berbicara kepada diri sendiri secara positif adalah cara yang bagus untuk meningkatkan rasa efikasi diri sehingga kamu merasa lebih mampu untuk berhasil dan menghadapi apa pun yang dihadapi.

3. Utamakan Diri Kamu untuk Sukses

Aktivitas yang berfokus pada tujuan dapat menyebabkan peningkatan rasa percaya diri. Pemikiran ini dapat memainkan peran penting dalam kinerja dan kesuksesan. Sepertinya seorang atlet yang terus mempersiapkan diri, berlatih dan meningkatkan kemampuannya. Mereka yang telah mempersiapkan diri dengan mengingat pengalaman cenderung berkinerja lebih baik secara signifikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Cari Inspirasi

Melihat orang percaya diri yang kamu kagumi, membaca pernyataan inspirasional, atau mengulangi mantra motivasi juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan kepercayaan diri saat kamu membutuhkannya. Kuncinya adalah memilih model atau pernyataan realistis yang mencerminkan tujuan yang dapat dicapai.

Carilah hal-hal yang membantu kamu merasa terinspirasi atau percaya diri, entah itu kutipan motivasi atau jenis pesan lainnya. Pastikan memilih hal-hal yang benar-benar membantu, dan tidak menyakiti, kepercayaan diri kamu.

5. Hindari membuat Perbandingan

Meskipun menemukan sumber inspirasi positif dapat membantu memancarkan kepercayaan diri, penting untuk menghindari membandingkan diri kamu dengan orang lain. Ketika membuat perbandingan seperti itu, pada akhirnya dapat membuat kamu merasa lebih buruk tentang diri sendiri.

Menurut sebuah penelitian, membuat perbandingan dapat  menimbulkan perasaan iri. Semakin banyak orang merasa iri, semakin buruk perasaan mereka tentang diri mereka sendiri. Lebih baik alihkan fokus ke kekuatan dan kemampuan kamu sendiri. Mengagumi orang dan merasa terinspirasi oleh mereka adalah hal yang bagus, tapi berhati-hatilah untuk menghindari kecemburuan atau kecemburuan.

6. Ambil Tantangan Baru

Penelitian telah menemukan bahwa mempraktikkan hal-hal yang ditakuti dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Cobalah berlatih secara bertahap hal-hal yang menurut kamu menakutkan, entah itu memberikan pidato atau networking di acara profesional. Ini dapat membantu membangun kepercayaan pada kemampuan diri sendiri untuk berhasil dalam situasi tersebut.

3 dari 3 halaman

7. Menjinakkan Saraf

Orang yang percaya diri cenderung tampak santai dan tenang bahkan dalam situasi tekanan tinggi. Memancarkan kepercayaan diri seringkali berkaitan dengan mencari cara untuk mengatasi perasaan cemas. Beberapa hal yang mungkin bisa membantu menenangkan kegugupan kamu antara lain.

Ingatkan diri kamu bahwa orang lain tidak melihat  seperti kamu melihat diri kamu sendiri.

  • Orang memiliki hal lain untuk dipikirkan, termasuk kekhawatiran mereka sendiri, jadi ingatlah bahwa mereka tidak berfokus pada diri kamu saja.
  • Ambil napas dalam-dalam. Penelitian telah menemukan bahwa pernapasan dalam dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk meredakan perasaan cemas di saat-saat stres.
  • Terima emosi. Ingatlah bahwa tidak apa-apa untuk merasa gugup dan setiap orang terkadang merasa tidak pasti dan cemas. Alih-alih menilai emosi kamu atau mencoba menghindarinya, terimalah dan ingatkan diri sendiri bahwa perasaan kamu tidak selalu mencerminkan kenyataan.
  • Mempraktikkan teknik relaksasi seperti visualisasi dan relaksasi otot juga dapat membantu kamu menenangkan pikiran dan tubuh dalam situasi stres.

8. Pancarkan Keyakinan dengan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh yang percaya diri dapat membuat kamu merasa lebih aman dan kompeten. Sinyal bahasa tubuh yang dapat membantu Anda merasa lebih terkendali meliputi:

  • Berdiri dengan kedua kaki kokoh di tanah
  • Menghindari gelisah
  • Melakukan kontak mata dengan orang lain
  • Mencerminkan bahasa tubuh orang lain

Mempraktikkan posisi dan sinyal tubuh ini sebelumnya dapat membantu. Cari peluang untuk menerapkan bahasa tubuh Anda dan perhatikan bagaimana perasaan Anda sebagai hasilnya.

Ini mungkin memakan waktu dan latihan, tetapi pada akhirnya, kamu akan dapat belajar bagaimana memancarkan kepercayaan diri di luar, dan merasakannya lebih kuat di dalam.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini