Viral, Pria Ini Gelar Acara Selapanan dan Pemberian Nama untuk Anak Kucing

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 11 Jan 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 11 Jan 2022, 15:15 WIB
Viral, Pria Ini Gelar Acara Selapanan dan Pemberian Nama untuk Anak Kucing
Perbesar
Viral, Pria Ini Gelar Acara Selapanan dan Pemberian Nama untuk Anak Kucing (Sumber: TikTok/@riomaryono)

Liputan6.com, Jakarta Memiliki peliharaan kucing adalah salah satu kebahagiaan bagi para pecinta kucing. Syarat memiliki hewan peliharaan adalah harus mencintai dengan sepenuh hati dan dirawat dengan baik, terutama kesehatan dan makanannya.

Seperti pada kisah yang menunjukan bahwa si pemilik sangat menyayangi kucingnya ini. Rasa sayang itu ditunjukkan dengan memperlakukan kucing layaknya manusia. Baru-baru ini, seorang pria bernama Rio Maryono tampak begitu menyayangi kucingnya hingga membuatkan acara tak biasa. 

Ia menggelar selapanan dan pemberian nama untuk kucingnya yang baru lahir. Selapanan sendiri dimaknai sebagai memperingati bayi yang berusia 35 hari. Namun acara tersebut, Rio Maryono lakukan untuk anak kucingnya yang baru lahir.

Lewat unggahan di video TikTok @riomaryono, Minggu (9/1/2022) diketahui bayi kucing itu anak dari kucing kesayangannya yang bernama Rose. Kemudian ia pun menggelar acara selapanan dan pemberian nama untuk anak kucing tersebut.

"Acara selapanan n pemberian nama Baby Rose," tulis pria itu dalam keterangan videonya, seperti dikutip oleh Liputan6.com dari TikTok @riomaryono, Minggu (10/1/2022).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Digelar Menggunakan adat Jawa

Seperti tradisi yang dilakukan oleh kebanyakan orang, selapanan dan pemberian nama kucing itu digelar menggunakan adat Jawa. Tampak pria itu dan para tamu undangan yang hadir mengenakan busana adat Jawa seperti kebaya, layaknya manusia pada umumnya.

Tak sampai di situ, nasi tumpeng dan makanan khas Jawa juga terjejer dalam acara tersebut. Kemudian sederet makanan kucing ditata rapi di atas nampan yang terbuat dari anyaman bambu.

"bismillahirrahmanirrahim, disaksikan tmn2 semua n doa," tulis Rio Maryono.

"Dg ubo rampe jenang merah n putih, nasi urap lengkap n buah2 serta jajan pasar," lanjutnya.

Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih pada warganet yang telah membantu dirinya untuk memberikan ide nama untuk anak kucingnya. Sebelumnya, Rio memang meminta netizen untuk ikut serta dalam menentukan nama anak kucing dari Rose.

"berjenis kelamin Jantan, Baby Rose sy kasih nama Devon. Terimakasih byk tmn2 yg tekag ngasin masukan nama ada lbh dr 1k," kata Rio Maryono.

@riomaryono

Acara selapanan n pemberian nama Baby Rose #temanhealing #kucingtiktok #kucing #catsoftiktok #jogja #kucingimut #kucinglucu

♬ suara asli - Arif @berkah.manten - Arif @berkah.manten
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Banjir Komentar Netizen

Sontak saja acara selapan dan pemberian nama untuk kucing kesayangannya itu jadi viral. Beda dari yang lain, video itu hingga kini telah ditonton lebih dari 604 ribu pengguna TikTok. Netizen juga memberikan berbagai komentar.

"anabul sultan mah bebas," komentar @VheraJayapura83

"Haii Devon kamu adalah salah satu anabul yg sangat amat beruntung doakan ownermu Lancar rezekinya syg biar kalian semua MAKMUR semua Aminn," komentar @Mak''e Puss

"gw cari anaknya smpe vt selesai baru sadar ada whiskas gw putar ulang ternyata yg dipegang baby kocheng gw kira td bayi beneran," komentar @Citraquinnshop

"Semoga berguna utk nusa dan bangsa perkucingan," komentar @Christ

"kucingnya lucu bingit.semoga jadi kucing yg pinter ya," komentar @minami_kun

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya