Sukses

Tangga Nada Mayor adalah Menciptakan Melodi dengan Kesan Riang Gembira, Ini Contoh Lagunya

Umumnya, tangga nada mayor adalah diawali dengan nada Do dan diakhiri pula dengan nada Do.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu tangga nada mayor? Memahami tangga nada mayor adalah memiliki ciri khas melodi dengan kesan riang gembira. Contohnya pada lagu Balonku, Naik Delman, 17 Agustus, dan masih banyak lagi.

Pola tangga nada mayor adalah 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Kemudian hasil tangga nada mayor adalah berupa melodi yang bersifat mayor kuat. Umumnya, tangga nada mayor adalah diawali dengan nada Do dan diakhiri pula dengan nada Do.

Termasuk dalam tangga nada diatonis, tangga nada mayor adalah terdiri dari Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, dan Si. Itulah pengertian singkat tentang tangga nada mayor adalah menciptakan melodi dengan kesan riang gembira.

Berikut Liputan6.com ulas tentang tangga nada mayor lebih dalam, Jumat (24/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Tangga Nada Mayor

Memahami tangga nada mayor adalah bagian dari tangga nada diatonis yang terdiri dari Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, dan Si. Lagu dengan tangga nada mayor adalah pembawaannya menampakkan kesan riang gembira dan cerminan rasa semangat.

Tangga nada mayor adalah terdiri dari tujuh nada. Hal ini dijelaskan dalam situs website belajar musik di learningmusic.ableton.com, tangga nada mayor adalah terdiri dari tujuh nada (sebelum tangga nada tersebut dimulai lagi dengan oktaf yang lebih tinggi) dan terdiri dari jarak nada ½ atau half (dua not yang bersebelahan) dan 1 atau whole (dua kali dari half step).

Pola tangga nada mayor adalah 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Dalam jurnal berjudul Modus-Modus dari Tangga Nada Mayor oleh A.K.Hartananda, tangga nada dua interval tersebut merupakan urutan nada satu oktaf yang mempunyai struktur jarak tertentu yang diawali ters berjarak mayor. Tangga nada mayor adalah umumnya diawali dengan nada Do dan diakhiri pula dengan nada Do.

Dalam buku berjudul Cara Cepat dan Mudah Membaca Notasi oleh Yohanes Andhi Kurniawan, interval dari tangga nada mayor adalah jarak antara nada satu ke nada yang lain. Hasil tangga nada mayor adalah berupa melodi yang bersifat mayor kuat. Itulah pengertian tangga nada mayor yang perlu diketahui.

3 dari 4 halaman

Contoh Lagu dan Alat Musik dengan Tangga Nada Mayor

Ada banyak sekali contoh lagi dengan tangga nada mayor. Ingat-ingat kembali, tangga nada mayor adalah menghasilkan melodi mayor yang kuat. Lagu dengan tangga nada mayor adalah pembawaannya menampakkan kesan riang gemira dan cerminan rasa semangat.

Contoh lagu dengan tangga nada mayor:

1. Lagu Dari Sabang sampai Merauke

2. Lagu Balonku

3. Lagu Lihat Kebunku

4. Lagu 17 Agustus

5. Lagu Ampar-Ampar Pisang

6. Lagu Bintang Kecil

7. Lagu Bangun Pemudi Pemuda

8. Lagu Garuda Pancasila

9. Lagu Naik Delman

10. Lagu Halo-Halo Bandung

11. Lagu Gundul-Gundul Pacul

12. Lagu Tokecang

13. Lagu Abang Tukang Bakso

14. Lagu Maju Tak Gentar

Kemudian bagaimana alat musik menghasilkan tangga nada mayor? Dalam buku berjudul Panduan Praktis Membaca Notasi Musik oleh Peter Nickol, dijelaskan terciptanya melodi tangga nada mayor pada piano, musik, dan tiup.

Pada alat musik piano, terciptanya tangga nada mayor memiliki susunan tuts hitam dan putih berbeda. Kemudian pada alat musik tiup, ada lubang yang ditutup atau katup yang dibuka, memainkannya dipadukan dengan teknik kontrol ambasir (teknik tiupan dengan memerhatikan posisi bibir atau mulut pada alat tiupnya).

Sementara pada alat musik gesek, ada perbedaan tangga nada erat kaitannya dengan teknik penjarian. Dibutuhkan penekanan senar yang benar di titik-titik yang tepat untuk bisa menciptakan melodi dengan tangga nada mayor.

4 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Nada Lainnya

1. Melodi

Melodi adalah sebuah kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Pengertian mudahnya, definisi melodi adalah tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendek sebuah nada dalam sebuah musik.

Adanya melodi bisa membuat musik menjadi lebih berwarna. Ketika di dalam musik, melodi akan terdengar seperti nada yang seakan bergerak menuju puncak, kemudian kembali lagi ke kondisi sebelumnya. Melodi sendiri tersusun dari pitch, durasi, dan tone.

2. Harmoni

Harmoni adalah sekumpulan nada yang akan menghadirkan bunyi enak untuk dinikmati jika dimainkan bersama. Ringkasnya, harmoni adalah sebuah bentuk keselarasan paduan nada atau bunyi.

Di dalam harmoni terdapat unsur-unsur yaitu susunan, peranan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk keseluruhan. Harmoni juga bisa diartikan sebagai rangkaian akor-akor yang tersusun dengan selaras dan dimainkan sebagai iringan musik. Akor-akor tersebutlah yang akan menjadi pengiring melodi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.