Sukses

4 Fakta Nia Ramadhani Dituntut 1 Tahun Rehabilitasi, Bakal Ajukan Pembelaan

Nia Ramadhani dan Ardhi Bakrie bakal ajukan pembelaan atas kasus narkoba.

Liputan6.com, Jakarta Artis Nia Ramadhani dan suami, Ardi Bakrie, menjalani sidang perdana kasus narkoba yang menjerat keduanya. Proses persidangan berlangsung pada Kamis, 2 Desember 2021. Duduk di hadapan majelis hakim, Nia Ramadhani, Ardi Bakrie dan sopirnya, ZN. Persidangan itu mengagendakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Hari ini Kamis (23/12/2021) Nia Ramadhani tak kuasa menahan air mata usai mendengar tuntutan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman 1 tahun atau 12 bulan rehabilitasi. Ia tak menyangka akan dituntut dengan hukuman seberat itu.

"Kami sangat kaget dengan tuntutannya," kata wanita kelahiran 1990 ini usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (23/22/2021).

Lebih jelasnya berikut ini Liputan6.com rangkum 4 fakta Nia Ramadhani dan Ardhi Bakrie dituntut 1 tahun rehabilitasi serta bakal ajukan pembelaan, dari berbagai sumber, Kamis (23/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dituntut 1 Tahun Rehabilitasi

Artis Nia Ramadhani tak kuasa menahan air mata usai mendengar tuntutan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman 1 tahun rehabilitasi. Tuntutan jaksa itu sontak membuatnya kaget tak menyangka akan dituntut seberat itu.

"Tapi barusan kami dengar tuntutannya katanya 12 bulan. Saya enggak tahu atas dasar apa itu," tutur Nia Ramadhani, dikutip dari Merdeka.

Mengacu dari hasil asesmen yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN), Nia Ramadhani, Ardi Bakrie dan juga sopirnya, Zen Vivanto, dirujuk untuk menjalani rehabilitasi selama 3 bulan. Namun ia kaget ketika tuntutan jaksa empat kali lipat dari hasil asesmen yakni 12 bulan atau setahun proses rehabilitasi narkoba.

3 dari 5 halaman

2. Ajukan Pembelaan

Sebelumnya assessment sudah disetujui BNNP Jakarta. Mereka merekomendasikan agar Nia dan Ardi direhab selama 3 bulan untuk menyembuhkan ketergantungan akan narkoba. Untuk itu, Nia dan Ardi bakal melakukan pembelaan dalam sidang berikutnya dengan agenda pledoi atau nota pembelaan.

"Saya cuma berharap putusannya ke depan seminggu lagi, kami bisa diperlakukan seperti lainnya juga. Kami bisa dapat keadilan juga," tutup ibu tiga anak ini.

4 dari 5 halaman

3. Berharap Dapat Keringanan

Nia Ramadhani pun berharap ia mendapat keringanan hukuman. Sehingga saat pembacaan vonis hukumannya lebih ringan dari tuntutan jaksa.

"Mudah-mudahan kami bisa diperlakukan sama seperti yang lainnya juga dan kami mendapatkan keadilan di sini dan tidak dipersusah, terima kasih," lanjutnya.

5 dari 5 halaman

4. Terdakwa Telah Terbukti Bersalah

Jaksa menganggap, ketiga terdakwa telah terbukti bersalah turut mengkonsumsi narkotika metamfetamina alias sabu.

"Barang bukti terbukti jenis metamfetamina, bahwa dengan demikian unsur penyalahgunaan telah terpenuhi. Kami yakin terdakwa telah terbukti bersalah sebagaimana dakwaan," tambah jaksa, dikutip dari Merdeka.

Sehingga penuntut umum meyakini jika Nia Ramadhani, Ardi Bakrie, bersama Zen sebagaimana dakwaan terbukti melanggar Pasal 127 ayat 1 huruf a UU 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.