Sukses

Kisah Fida Bocah yang Fotonya Viral saat Erupsi Semeru, 6 Jam Berada di Masjid

Fida, bocah yang fotonya viral saat berlari menyelamatkan dri dari erupsi Semeru.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi terkini Gunung Semeru pasca erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021 pukul 15.00 WIB lalu masih terus menjadi sorotan. Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyatakan, jumlah korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru per Kamis (9/12/2021) pukul 12.00 WIB menjadi 43 orang.

Sejak awal gunung yang terkenal dengan puncak Mahamerunya ini erupsi, berbagai video dan fotonya viral di media sosial. Salah satunya yakni foto seorang bocah perempuan berlari dengan latar belakang Gunung Semeru tengah erupsi.

Diketahui kemudian, bocah berkerudung tersebut bernama Fida berusia 7 tahun. Fida dinyatakan selamat setelah berlindung selama berjam-jam. Ia berhasil bertahan sampai keluarganya menemukannya di masjid.

Sang kakek yang menemukannya pun mendekap sang cucu. Senyum sumringah pun juga terukir di wajah Fida saat bertemu keluarganya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sedang Mengaji

Dilansir dari akun Instagram @littleproject.idn oleh Liputan6.com, Sabtu (11/12/2021) diketahui Fida ternyata tengah mengaji seperti kegiatan sehari-harinya. Namun hari itu, Fida dan semua orang dikejutkan dengan suara gemuruh erupsi Gunung Semeru.

Suara yang cukup kerass membuat ang ustadz menyuruh murid-muridnya untuk menyelamatkan diri. Fida merasa begitu takut dan membuatnya lari menyusuri desa seperti foto yang beredar di media sosial itu.

Saat kejadian itu Fida terpisah dari keluarganya. Dirinya tidak mengetahui di mana keluarganya berada saat kejadian erupsi tersebut. Fida lalu diketahui bertahan berlindung di masjid.

3 dari 3 halaman

Ditemukan Sang Kakek

Setelah 6 jam bertahan di masjid, keluarga Fida berhasil menemukan bocah itu yang bertahan di sebuah masjid. Salah satu keluarga Fida yang mengungkapkan rasa lega dan berbahagia kembalinya Fida yakni sang kakek.

"Bapak ini adalah kakeknya Fida. Bapak senang pak ketemu sama Fida?" tanya salah satu relawan dalam unggahan akun Instagram @littleproject.idn

"Ya senang mas, namanya cucu," tutur sang kakek yang kemudian mendekap Fida.

Senyum bahagia juga terlihat di wajah Fida saat sang kakek memeluknya. Perasaan lega pertemuan keluarga ini pun membuat netizen ikut bersyukur dan terharu.

"Sehat2 yaaa fida, lancar rizkinya" tulis @windayuniharti.

"Xixixi yg lari panik sambil ngangkat Erok ya.... Alhamdulillah anak pemberani"timpal @mayahirai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.