Sukses

Momen Saudara Kandung Beda Negara Saling Sapa di Perbatasan, Bikin Haru

Momen ini terjadi di perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Liputan6.com, Jakarta Selain orangtua, saudara kandung menjadi keluarga terdekat bagi setiap orang. Mempunyai saudara kandung dapat membuat hidup menjadi lebih mudah untuk dijalani. Bagaimana tidak, saudara kandung juga bisa menolong kita di kala kesusahan.

Oleh sebab itu, banyak yang tak mau jauh dari saudara kandung mereka. Meski jauh, mereka tetap akan menjalin silaturahmi. Namun bagaimana jika jauhnya beda negara? Seperti yang dialami oleh dua saudara di video yang viral di media sosial. Video tersebut di unggah di laman TikTok bernama Aya soraya. 

"Sedih sekali mereka bersaudara kandung tapi beda bendera bertemu di perbatasan," tulis akun TikTok @sorayasalma410 seperti dikutip Liputan6.com pada Jumat (10/12/2021).

Dalam video yang beredar tersebut, tampak dua saudara tengah bertemu. Uniknya, keduanya justru bertemu di salah satu perbatasan negara. Mereka pun tak mampu sekadar saling bersalaman apalagi memeluk. Keduanya hanya bisa bertegur sapa dan menangis sesenggukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya bisa saling sapa dan menangis

Menurut pengunggah video, dua saudara kandung itu merupakan Warga Negara Indonesia dan warga Timor Leste. Pertemuan keduanya pun berlangsung di area perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Kedua pria yang merupakan saudara sedarah tapi beda negara itu terlihat saling berbicara satu sama lain.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya terlihat ditemani oleh beberapa kerabat mereka masing-masing. Meski dapat bertemu dan berbincang, keduanya tampak dibatasi oleh sebuah portal panjang yang membentang di hadapannya. Mereka pun hanya bisa berbincang dengan jarak sekitar 1 meter.

Melepas rindu, namun tak dapat saling bersalaman atau bahkan berpeluk. Keduanya pun hanya bisa menangis saat bertemu di area perbatasan dengan dikawal ketat oleh sejumlah prajurit masing-masing negara. Orang-orang yang berada di tempat itu pun tak kuasa menahan haru.

Menjelang berpisah, salah satu dari keduanya lantas mengambil buah tangan yang diletakkan tepat di bawah portal. Keduanya lantas melambaikan tangan tanda perpisahan.

 

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video haru pertemuan antara saudara kandung beda negara itu sudah ditonton oleh 1,5 juta pengguna TikTok. Kolom komentar pun banjir berbagai respons dari warganet. Tak sedikit yang ikut merasa sedih atas pertemuan yang dilakukan di perbatasan negara tersebut.

"Kita cuma beda negara tapi tetap saudara," tulis akun User01.

"Vibesnya kaya Korut sama Korsel jadinya," ujar akun @tia***an.

"Nggak bolehkah mereka hanya sekadar berpelukan melepaskan rasa kangen dengan keluarga walaupun hanya sebentar?" tulis akun @has***yaa.

"Sedih banget," tulis akun @lvy***lf.

4 dari 4 halaman

Saksikan videonya berikut:

@sorayasalma410

Sedih sekali mereka bersaudara kandung tapi beda bendera 🇮🇩🇹🇱 bertemu di perbatasan #dirumah

♬ Takut - Idgitaf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.