Sukses

Ban Pecah, Ini Momen Penumpang dan Staf Bandara Kompak Dorong Pesawat

Viral sekelompok orang mendorong pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin kita sering melihat mobil mengalami mogok di tengah jalan. Hal yang paling wajar dilakukan ialah mendorongnya untuk diposisikan di tempat aman. Biasanya, satu mobil roda empat dapat didorong oleh minimal 2 orang pria dewasa. Sedangkan 1 orang di depan mengarahkan kemudi agar berpindah sesuai tujuan. Hal ini memang sering dijumpai dan menjadi hal lumrah. 

Namun apa jadinya jika pesawat terbang mengalami kendala teknis? Benar, teknisi pesawat dan perlengkapan canggihnya pasti siap sedia. Hal unik terjadi dan menjadi momen langka orang-orang mendorong pesawat. Ini dilakukan oleh penumpang dan staf bandara yang mendorong pesawat komersil Tara Air. 

Fenomena unik ini terjadi tepat di Bandara Bajura, Kolti, Nepal. Momen ini kemudian diunggah di media sosial dan viral. Banyak reaksi netizen yang turut meramaikan komentar video sekelompok orang mendorong pesawat ini. Bak sebuah mobil, namun ada belasan orang yang mendorong pesawat Tara Air ini. 

Seperti apa kronologi dan momen unik para penumpang dan staf bandara ini mendorong pesawat? Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (9/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selamat dari Pendaratan

Melansir dari India Times, pesawat berpenumpang Tara Air ini sebelumnya telah melakukan penerbangan. Hingga pilot Tara Air akan mendaratkan pesawat yang melayani penerbangan domestik ini mendapati kendala ban pecah. Sempat bermanuver secara darurat, hingga akhirnya Tara Air dapat mendarat dengan selamat. Namun sang pilot tak lagi mampu menggerakkan pesawat di landasan pacu karena ban belakang yang pecah.

Kondisi ini kemudian menjadi permasalahan baru bagi pesawat yang telah mengantri untuk melakukan pendaratan selanjutnya. Entah ada tidaknya mobil yang menderek pesawat, namun inisiatif yang tinggi dari orang-orang sekitar menghasilkan sebuah solusi. Didorongnya pesawat dengan tenaga manusia.

3 dari 4 halaman

Kompak Mendorong Pesawat

Dengan kompak mereka mendorong pesawat untuk memindahkannya keluar landasan pendaratan. Mereka terdiri dari penumpang dan staff bandara yang berjumlah 20-an orang. Ini merupakan momen langka yang menyamakan kondisi mobil mogok dengan pesawat mogok. 

Tampak dalam video yang dibagikan oleh akun Twitter @PLA_samrat penumpang dan staff pesawat menempatkan diri mereka di belakang pesawat. Ekor pesawat menjadi tumpuan untuk mendorongnya ke depan. Beberapa orang nampak menangani ban pesawat yang pecah sehingga memungkinkan untuk berputar dan berpindah. 

4 dari 4 halaman

Berbagai Tanggapan Netizen

Media sosial menjadikan video ini mudah tersebar, yang juga memicu komentar para netizen. Beragam komentar bermunculan, ada yang merasa khawatir, bahkan merasa bangga dengan kekompakan para pendorong pesawat. Tak sedikit yang berkomentar tentang bagaimana pihak berwenang harus melakukan pemeriksaan lebih teliti sebelum menerbangkan pesawat.

“Orang bodoh yang mengolok-olok video #TaraAir setelah ban pecah, bisa terjadi pada maskapai mana pun, tetapi ini lebih merupakan kesalahan @hello_CAANepal yang tidak memiliki peralatan darat yang diperlukan di bandara STOL yang dioperasikannya. Mereka menagih banyak uang kepada maskapai tetapi tidak menyediakan layanan yang dibutuhkan.” ungkap akun @GuyAirline

 

“Hebat .. saya selalu menganggap orang Nepal yang bekerja keras dan mendukung.

Ada 2 orang yang menggelindingkan ban pesawat juga ;-).” bangga akun @DeweshP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.