Arti Doi dalam Bahasa Gaul dan Istilah Lainnya yang Sering Digunakan Anak Muda

Oleh Husnul Abdi pada 08 Des 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 16:00 WIB
Arti Doi dalam Bahasa Gaul
Perbesar
Arti Doi dalam Bahasa Gaul. Credit: pexels.com/Elliot

Liputan6.com, Jakarta Arti doi dalam bahasa gaul mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak anak muda. Istilah ini memang biasa digunakan anak muda di zaman dahulu, namun masih dipakai hingga sekarang. Namun, istilah doi ini mungkin masih agak asing di telinga orang tua.

Doi memang merupakan bahasa gaul yang digunakan anak muda dalam berkomunikasi. Baik komunikasi secara langsung maupun menggunakan media sosial, istilah doi tidak akan membingungkan anak muda untuk memahaminya.

Arti doi dalam bahasa gaul menunjukkan pada seseorang. Doi ini sering kali digunakan untuk mengganti kata dia atau ia bagi anak muda. Doi hanyalah salah satu bahasa gaul yang sering dipakai anak muda. Masih banyak lagi bahasa gaul lainnya yang perlu kamu kenali.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/12/2021) tentang arti doi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Arti Doi

Pergaulan
Perbesar
Ilustrasi Pergaulan Credit: pexels.com/Helena

Arti doi perlu kamu pahami sebagai salah satu bahasa gaul yang digunakan anak muda. Tentunya kamu tidak ingin ketinggal dan enggak nyambung saat ngobrol dengan teman-temanmu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, arti doi adalah kata gaul dari dia atau ia. Arti doi ini bisa merujuk pada siapa saja, laki-laki atau perempuan. Selain itu, arti doi juga sering kali digunakan untuk menyebut pacar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti doi ada 3 macam. Arti doi yang pertama adalah uang, yang merujuk pada kata klasik. Arti doi yang kedua adalah pacar, di mana istilah ini sering kali memang digunakan untuk menyebutkan pacar dari seseorang. Arti doi yang ketiga yaitu ia (laki-laki), walaupun pada penggunaannya istilah ini bisa disebutkan untuk siapa saja tidak terbatas pada laki-laki saja.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bahasa Gaul Lainnya

Ghosting

Kata Ghosting semakin populer digunakan anak muda Indonesia. Bahkan, tahun lalu istilah ini menjadi salah satu kata yang banyak dicari di mesin pencarian Google di Indonesia. Ghosting bisa berarti hantu yang dapat menghilang secara tiba-tiba. Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali. Orang yang melakukan ghosting, yang biasanya adalah orang dekat kamu, tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan tidak bisa dihubungi lagi. 

Nolep

Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

Ngab

Ngab merupakan kebalikan dari Bang. Kata ini memang memiliki makna Bang, yang merupakan kata sapaan untuk kakak laki-laki. Kata ini sering digunakan di media sosial untuk memanggil seseorang.

Halu 

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

Komuk

Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada Kondisi Muka.

FYI 

FYI Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bahasa Gaul Lainnya

Bahasa Gaul Lainnya
Perbesar
Bahasa Gaul Lainnya. Credit: pexels.com/pixabay

Gabut

Arti gabut merupakan kependekan dari gaji buta. Arti gabut kini tak hanya sekadar tentang makan gaji buta, tapi untuk mewakili perilaku seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

Baper

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul baper merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain.

Bucin

Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

Gaje

Gaje adalah singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

BTW 

Btw merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

CMIIW 

CMIIW adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

COD

COD Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bahasa Gaul Lainnya

Mager

Mager adalah singkatan gaul dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

Sabi

Sabi merupakan pembacaan Bisa yang dibalik. Kata ini memang memiliki makna Bisa dan cukup sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari anak muda.

Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

Receh 

Receh merupakan sebutan untuk guyonan yang kurang lucu tapi bisa bikin tersenyum.

Gercep

Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya. Gercep adalah tanggapan yang cepat oleh seseorang terhadap sesuatu.

ASAP 

ASAP adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

GWS

GWS singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

IDK 

IDK adalah singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya