Sukses

Pengertian Energi, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Sumbernya yang Perlu Dipahami

Kata energi mengacu pada konsep yang dapat diparafrasekan sebagai potensi untuk menyebabkan perubahan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian energi adalah sesuatu yang bersifat abstrak yang sukar dibuktikan tetapi dapat dirasakan keberadaannya. Dengan adanya energi, kita dapat melakukan aktivitas menjadi lebih mudah.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika) atau daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

Secara umum, kata energi mengacu pada konsep yang dapat diparafrasekan sebagai potensi untuk menyebabkan perubahan. Maka dari itu, banyak yang mengemukaan pendapat bahwa pengertian energi adalah penyebab dari setiap perubahan.

Untuk lebih rinci, berikut ini penjelasan mengenai pengertian energi menurut para ahli beserta fungsi, jenis-jenis, dan sumbernya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (7/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Ada sejumlah ahli berpendapat mengenai pengertian energi, diantaranya:

Arif Alfatah & Muji Lestari

Pengertian energi adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh benda agar benda dapat melakukan usaha. Dalam kenyataannya setiap dilakukan usaha selalu ada perubahan. Sehingga usaha juga didefinisikan sebagai kemampuan untuk menyebabkan perubahan.

Campbell, Reece, & Mitchell

Pengertian energi adalah kemampuan untuk mengatur ulang suatu kumpulan materi atau dengan kata lain, energi adalah kapasitas atau kemampuan untuk melaksanakan kerja.

Alvin Hadiwono

Mengemukakan bahwa pengertian energi adalah perihal tentang apapun yang bergerak, berhubungan dengan ruang dan waktu.

3 dari 8 halaman

Fungsi Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ada pun fungsi dari energi adalah membantu manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Berikut ini sebagian contoh fungsi energi dengan mengubahnya dari satu bentuk ke bentuk lainnya, yaitu:

  1. Energi listrik jadi energi panas pada pemakaian setrika untuk menggosok pakaian.
  2. Energi kimia jadi energi gerak (mekanik) pada makanan yang dimakan kemudian diolah dengan reaksi kimia sehingga jadi sumber energi dalam beraktivitas.
  3. Energi listrik jadi energi bunyi pada pemakaian bel yang menghasilkan bunyi.
  4. Energi gerak (mekanik) jadi energi panas pada gesekkan dua benda dengan terus menerus menghasilkan panas.
  5. Energi cahaya menjadi energi kimia pada pemanfaatan cahaya matahari.
  6. Energi listrik jadi energi gerak (mekanik) pada pemakaian kipas angin.
4 dari 8 halaman

Jenis-Jenis Energi

Secara umum energi dapat dikategorikan dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Energi Mekanik

Jenis-jenis energi yang pertama adalah energi mekanik. Dalam hal ini, bentuk transisi dari energi mekanik adalah kerja. Energi mekanik yang tersimpan merupakan energi potensial atau energi kinetik. Energi mekanik digunakan untuk menggerakkan atau memindahkan suatu benda, misalnya untuk mengangkat batu pada pembangunan gedung, untuk memompa air, untuk memutar roda kendaraan dan lain sebagainya.

2. Energi Listrik

Jenis-jenis energi berikutnya adalah energi listrik. Energi jenis ini berkaitan dengan akumulasi arus elektron, dinyatakan dalam watt-jam atau kilo watt-jam. Bentuk transisinya adalah aliran elektron melalui konduktor jenis tertentu. Energi listrik dapat disimpan sebagai energi medan elektromagnetik yang merupakan energi yang berkaitan dengan medan listrik yang dihasilkan oleh terakumulasinya muatan elektron pada pelat-pelat kapasitor.

3. Energi Elektromagnetik

Energi elektromagnetik merupakan bentuk energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik. Energi radiasi dinyatakan dalam satuan energi yang sangat kecil, yakni elektron-Volt (eV) atau mega elektron-Volt (MeV) yang juga digunakan dalam evaluasi energi nuklir. Radiasi elektromagnetik merupakan bentuk energi murni dan tidak berkaitan dengan massa.

4. Energi Kimia

Jenis-jenis energi lainnya adalah energi kimia yang merupakan hasil interaksi elektron di mana dua atau lebih atom/molekul berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Energi kimia hanya dapat terjadi dalam bentuk energi tersimpan.

5. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi dalam bentuk tersimpan yang dapat dilepas akibat interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom. Energi ini dilepas sebagai hasil usaha partikel-partikel untuk memperoleh kondisi yang lebih stabil. Energi nuklir juga merupakan energi yang dihasilkan dari reaksi peluruhan bahan radioaktif. Bahan radioaktif sifatnya tidak stabil, sehingga bahan ini dapat meluruh menjadi molekul yang stabil dengan mengeluarkan sinar alpha, sinar beta, sinar gamma dan mengeluarkan energi yang cukup besar. Energi yang dihasilkan dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik ataupun untuk keperluan pengobatan dan lain-lain.

6. Energi Termal (Panas)

Energi termal merupakan bentuk energi dasar, yaitu semua energi yang dapat dikonversi secara penuh menjadi energi panas. Sebaliknya, pengonversian dari energi termal ke energi lain dibatasi oleh Hukum Termodinamika Kedua.

5 dari 8 halaman

Sumber-Sumber Energi

Berikut ini ada beberapa sumber-sumber energi, diantaranya:

1. Sumber Energi Tak terbaharui

Sumber energi tidak terbaharui (nonrenewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang tidak dapat diisi atau dibuat kembali oleh alam dalam waktu yang singkat, bukan proses berkelanjutan. Sumber energi tak terbaharui diperoleh dari perut bumi dalam bentuk cair, gas, dan padat. Sumber energi tak terbaharui di antaranya, minyak bumi, gas alam, propane, batubara, dan uranium.

2. Energi Alternatif (Sumber Energi Terbaharui)

Sumber energi alternatif adalah sumber energi sebagai pengganti sumber energi tak terbaharui. Semua sumber energi terbaharui termasuk sumber energi alternatif. Sumber energi terbaharui (renewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang dapat dengan cepat diisi kembali oleh alam, proses berkelanjutan.

6 dari 8 halaman

Satuan Energi

Dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (International System of Units), satuan unit energi adalah joule. Satu joule sama dengan pekerjaan yang dilakukan oleh gaya Newton yang bekerja pada jarak satu meter. Sedangkan di angkasa, energi tidak memiliki arah dan karenanya dianggap sebagai kuantitas skalar.

7 dari 8 halaman

Hukum Kekekalan Energi

Energi tidak dapat diciptakan atau dihancurkan, tetapi hanya diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Prinsip ini dikenal sebagai konservasi energi atau hukum pertama termodinamika. Dengan demikian, energi total alam semesta selalu tetap konstan. Satu bentuk energi dapat dengan mudah diubah menjadi bentuk lain, misalnya baterai mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Contoh lain, sebuah kotak meluncur menuruni bukit, energi potensial yang dimiliki kotak tersebut dari yang terletak tinggi diubah menjadi energi kinetik, energi gerak. Saat kotak melambat hingga berhenti melalui gesekan, energi kinetik dari gerakan kotak diubah menjadi energi termal, yang memanaskan kotak dan lereng.

8 dari 8 halaman

Istilah Terkait Energi

Dalam KBBI, terdapat penjelasan mengenai berbagai istilah yang terkait energi, antara lain:

1. Energi atom

Energi atom adalah energi yang diperoleh dengan peleburan nuklir. Disebut juga tenaga atom.

2. Energi bebas

Energi bebas adalah sebagian dari energi potensial yang dilepaskan dan dipakai untuk pekerjaan yang berguna.

3. Energi bersih

Energi bersih adalah sejumlah energi yang terkandung dalam cadangan tubuh atau dalam hasil produksi. Misalnya lemak badan, protein tubuh, air susu, telur, wol atau tenaga.

4. Energi geotermal

Energi geotermal adalah panas yang terdapat di dalam bumi yang digunakan sebagai pembangkit tenaga.

5. Energi inti

Energi inti adalah energi yang dilepaskan oleh pembelahan inti atau paduan inti.

6. Energi kinetik

Energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh gerak suatu massa. Disebut juga tenaga gerak.

7. Energi kotor

Energi kotor adalah energi yang terkandung dalam bahan makanan yang dapat dimanfaatkan oleh binatang.

8. Energi matahari

Energi matahari adalah sumber utama energi atmosfer yang penyebarannya di seluruh muka bumi. Energi matahari merupakan pengendalian yang besar terhadap cuaca dari iklim, selain berpengaruh terhadap tanaman dan binatang.

9.  Energi mekanis

Energi mekanis adalah kekuatan yang mampu menggerakkan atau memindahkan bagian-bagian rangkaian peralatan.

10. Energi metabolisme

Energi metabolisme adalah jumlah energi yang didapat dari bahan makanan dan digunakan untuk metabolisme.

11. Energi nuklir

Energi nuklir adalah tenaga yang dikaitkan dengan reaksi nuklir.

12. Energi potensial

Energi yang ada pada suatu benda karena letak benda itu dalam medan gaya.

13. Energi putar

Energi putar adalah tenaga yang ditimbulkan dengan pemutaran sesuatu, melalui gerakan berputar.

14. Energi tekan

Energi tekan adalah tenaga yang ditimbulkan dengan penekanan sesuatu, atau akibat tekanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.