Sukses

Ratusan Burung Mati Mendadak Secara Misterius di Sekitar Rumah Sakit, Jadi Sorotan

Ratusan burung jalak ditemukan mati secara mendadak di Spanyol.

Liputan6.com, Jakarta Insiden kematian ratusan burung secara mendadak memang beberapa kali terjadi dan menggemparkan masyarakat. Bahkan, fenomena aneh tersebut juga sempat terjadi di Cirebon, Jawa Barat pada September 2021 lalu.

Fenomena yang menyebabkan ratusan burung mati tak hanya terjadi di Indonesia saja. Sebelumnya pada Januari 2021, ratusan burung ditemukan mati secara misterius di jalanan Roma, Italia. Bahkan, kejadian tersebut terjadi beberapa saat usai perayaan pergantian tahun.

Kini, dilansir Liputan6.com dari dailystar.co.uk, Jumat (3/12/2021) kembali ditemukan adanya fenomena ratusan burung mati secara misterius. Kejadian tersebut pun diketahui terjadi di Ferrol, Spanyol.

Bahkan, fenomena misteri matinya ratusan burung tersebut menjadi sorotan masyarakat hingga media luar. Tak sedikit pul yang menyebut jika matinya 200 ekor burung terjadi bak hujan dari langit yang jatuh begitu saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Insiden terjadi di sekitar rumah sakit

Laporan mengenai adanya sekawanan burung yang jatu dari langit ini pun menjadi sorotan banyak pihak. Biasanya, banyak orang menduga jika ada burung yang mati dan terjatuh dari langit karena adanya bahan kimia ataupun terkena sengatan listrik.

Namun, tentu saja jika hal itu terjadi burung yang mati tak akan mencapai jumlah ratusan dalam satu waktu. Insiden jatuhnya burung dan mati secara misterius ini pun diketahui terjadi di sekitar rumah sakit yang berada di Ferrol, barat laut Spanyol, pada 26 November 2021 lalu. Burung-burung yang mati itu pun diketahui merupakan burung jalak.

3 dari 4 halaman

Berjatuhan di jalanan dan trotoar

Media lokal menyebut jika ratusan burung jalak yang jatuh tersebut disebut karena menabrak sesuatu disekitaran Rumah Sakit Juan Cardona. Namun, pihak polisi mengonfirmasi jika burung-burung tersebut tidak ada yang terluka.

Presiden Asosiasi penduduk setempat, Mapo Rodriguez menyebut jika burung-burung tersebut telah dievakuasi dan dikumpulkan serta tengah dalam proses penyelidikan.

"Mereka keluar dari pepohonan di area darurat rumah sakit, terbang beberapa meter dan jatuh ke trotoar.

Burung-burung telah dikumpulkan dan kami sekarang menunggu untuk mengetahui apa yang terjadi." ujarnya.

4 dari 4 halaman

Bukan kejadian pertama

Pihak Badan Lingkuangan Regional pun mengambil sampel dua dari ratusan burung jalak yang telah mati untuk dianalisis. Bahkan, Dewan Kota Ferrol juga turut bergabung dalam penyelidikan tersebut.

Sebelumnya, peristiwa matinya ratusan burung secara mendadak juga pernah terjadi di dekat Tarragona. Peristiwa tesebut pun diketahui terjadi karena adanya bahan kima beracun yang dilepaskan oleh pabrik petrokimia yang berada di daerah tersebut.

Burung Jalak sendiri diketahui sebagai spesies yang kerap terbang dalam jumlah besar. Jadi, jika penyebab kematian ratusan burung jalak di Ferrol serupa karena bahan kimia maka akan masuk akal. Akan tetapi hingga kini masih belum diketahui penyebab pasti ratusan burung jalak tersebut mati secara mendadak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.