Sukses

Pria Ini Ubah Pabrik Semen Jadi Rumah Megah Bak Negeri Dongeng, Bikin Takjub

Seorang pria Spanyol membangun rumah megah bak di negeri dongeng dari bekas pabrik semen.

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas tiada batas. Saat ini bentuk dan desain rumah semakin menunjukkan perkembangannya. Selain unik, kesan modern dan lawas juga banyak diterapkan di berbagai jenis rumah. Salah satunya ialah La Fábrica, sebuah pabrik pengolahan semen yang disulap seorang arsitek ternama asal Spanyol.  

Tak main-main, gedung pabrik semen yang terbengkalai disulap menjadi rumah megah, klasik nan mewah. Pria bernama lengkap Ricardo Bofill Leví ini menggeluti dunia arsitektur dan mendirikan Ricardo Bofill Taller de Arquitectura pada tahun 1963. 

“Rumahku Istanaku”, peribahasa yang tepat untuk menggambarkan sebuah rumah di tepian luar Kota Barcelona ini. Ciri khas pabrik semen yang luas dan tinggi masih dipertahankan olehnya. 

Uniknya, rumah ini bak istana di negeri dongeng, vegetasi rumput liar dibiarkan tetap tumbuh yang membuat La Fábrica semakin eksotis. Berikut Liputan6.com merangkum penjelasannya dari berbagai sumber, Jumat (3/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

La Fábrica Direnovasi Selama 45 Tahun

Sepetak rumah mungkin dapat direnovasi dalam kurun waktu 2 atau 1 bulan saja. Berbeda dengan La Fábrica yang asal mulanya berupa pabrik semen yang terbengkalai. 

Ricardo Bofill membutuhkan 45 tahun untuk mendesain dan merekonstruksinya menjadi rumah mewah bak di Negeri Dongeng.

3 dari 4 halaman

Bekas Pabrik Semen era Perang Dunia

“Pabrik semen ini, berasal dari periode pertama industrialisasi Catalonia, tidak dibangun sekaligus atau secara keseluruhan tetapi merupakan serangkaian penambahan karena berbagai rantai produksi. Hasil yang ditambahkan ialah serangkaian elemen bertingkat, sebuah proses yang mengingatkan pada arsitektur vernakular, tetapi diterapkan pada industri,” jelas Bofill dikutip dari India Times.

La Fábrica berawal dari visi yang dimiliki Ricardo Bofill untuk menyulap pabrik semen tua tahun 1970-an. Proyek ini akhirnya terwujud dan benar-benar berubah menjadi salah satu rumah paling unik dan modern di sana. 

4 dari 4 halaman

Eksotis dan Mewah bak di Negeri Dongeng

Pria kelahiran 5 Desember 1939 di Barcelona ini mengubah pabrik semen yang telah ditelantarkan menjadi rumah bak di negeri dongeng. Ia memasukkan berbagai perabot rumah tangga modern. Kesan lawas pabrik semen ia pertahankan, demi memperlihatkan tema unik arsitektur La Fábrica.

Sekarang bangunan yang dulunya kumuh dikelilingi oleh vegetasi, interior dan ruang kerja berperabotan modern dan mewah. Keunikan ini menjadikan La Fábrica menempati peringkat "di antara bangunan paling mengesankan di abad ke-20.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.