Sukses

4 Fakta Soal Pria yang Hilang di Cadas Pangeran Akhirnya Ditemukan di Cirebon

Hilangnya seorang pria di Cadas Pangeran menjadi perbincangan netizen di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengenai hilangnya seorang pria di sekitaran Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat pada Rabu (17/11/2021) sempat menghebohkan media sosial. Pria tersebut diketahui bernama Yana Supriatna (40) warga Dusun Babakan Regol RT 02 RW 01 Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bahkan, setelah kabar hilangnya seorang pria di sekitaran Cadas Pangeran, ini bahkan membuat Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung memberangkatkan satu tim ke lokasi untuk pencarian. Tim pencarian mulai diterjunkan pada Kamis (18/1/2021) pukul 09.45 WIB di sekitaran Cadas Pangeran.

"Kantor SAR Bandung menerima informasi pada pukul 09.30 WIB dari pihak Polres Sumedang terkait hilangnya satu orang warga di sekitar Cadas Pangeran, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang sejak Rabu (17/11/2021) pukul 18.00 WIB," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah.

Kabar mengenai hilangnya Yana yang menjadi trending di media sosial ini pun menjadi sorotan netizen. Bahkan, tak sedikit pula yang menyangkutpautkan hilangnya pria 40 tahun tersebut dengan berbagai hal mistis. Namun, nyatanya kini Yana Supriatna ditemukan tengah berada di Cirebon, Jawa Barat.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait hilangnya Yana di Cadas Pangeran dan ditemukan di Cirebon, Jumat (19/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sempat mengirimkan pesan kepada keluarga

Deden menyebutkan jika hilangnya Yana sendiri diketahui setelah yang bersangkutkan mengirimkan pesan suara kepada keluarga. Dalam pesannya, Yana menyebut tengah salat maghrib di sekitar tebing Cadas Pangeran.

Namun, beberapa saat setelah itu, Yana kembali mengirimkan pesan suara yang tidak begitu jelas sembari merasa ketakutan. Bahkan, usai mengirimkan pesan kedua Yana pun tidak bisa dihubungi kembali oleh keluarga.

"Pak Yana kemudian tidak memberikan kabar kembali, karena tidak bisa dihubungi kembali, keluarga menghubungi pihak kepolisian dan ditemukan helm dan motornya terparkir di sekitar tebing. Namun, Pak Yana tidak ditemukan," tutur Deden.

3 dari 5 halaman

2. Tim gabungan SAR diarahkan untuk pencarian

Tim SAR yang bekerja sama dengan Kantor SAR Bandung, Kodim Sumedang, Polres Sumedang dan BPBD Sumedang pun langsung melakukan pencarian. Bahkan, tim gabungan tersebut menyiapkan berbagai peralatan yang diperlukan.

"Sesuai hasil pertimbangan pencarian difokuskan menggunakan K-9, untuk tim disiagakan apabila hasil endusan K-9 menuju titik yang membutuhkan peralatan vertical rescue," kata Deden.

4 dari 5 halaman

3. Ditemukan di Cirebon

Usai melakukan pencarian, kabar jika Yana Supriatna telah ditemukan pun beredar luas. Hal ini juga dibenarkan oleh Kapolres Sumedang, Ajun Komisaris Besar Eko Prasetyo Robbyanto, Kamis (18/11/2021). Yana pun ditemukan di daerah Dawuan, Cirebon, Jawa Barat.

"Sudah (ditemukan) di Dawuan, Cirebon. Sedang di perjalanan (ke Sumedang)," kata Eko melalui pesan singkat.

Ditemukannya Yana sendiri setelah petugas kepolisian melacak keberadaannya melalui ponsel yang dibawa. Bahkan, saat ini Yana telah ditangai untuk pemeriksaan.

"Malam ini diperiksa. Motif masih didalami," ucapanya.

5 dari 5 halaman

4. Terkait masalah pekerjaan

Dalam interogasi awal, Yana Supriatna menyebutkan jika motifnya karena adanya masalah dalam pekerjaan. Namun, Eko masih belum bisa memastikan motif sesungguhnya.

"Interogasi awal terkait masalah pekerjaan. Namun belum pasti karena keterangannya masih berubah-ubah," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.