Sukses

Layout Adalah Desain Tata Letak, Ketahui Manfaat dan Elemen-Elemennya

Pengertian layout adalah suatu penentuan tata letak desain pada elemen tertentu sehingga menghasilkan visual yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian layout adalah suatu penentuan tata letak desain pada elemen tertentu sehingga menghasilkan visual yang menarik. Sementara, secara sederhana pengertian layout adalah desain tata letak.

Sedangkan menurut tokoh desian, Surianto Rustan (dalam bukunya berjudul Layout, Dasar & Penerapannya, 2009) pengertian layout adalah tata letak dari elemen-elemen desain terhadap suatu bidang dalam media tertentu untuk mendukung konsep atau pesan yang dibuat.

Tujuan utama dari layout adalah untuk menyajikan elemen gambar dan teks dengan cara yang sederhana, menarik, mudah dibaca, dan membuatnya lebih mudah bagi pembaca untuk menerima informasi yang disajikan.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian layout menurut para ahli, beserta manfaat, tujuan, prinsip dasar, dan elemen-elemen yang membentuknya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (19/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Layout Menurut Para Ahli

Berikut ini ada sejumlah pendapat mengenai pengertian layout menurut para ahli, diantaranya:

Slack, Jones, & Johnston

Layout adalah cara mengubah sumber daya yang transformasinya diposisikan satu sama lain dan bagaimana berbagai tugas dialokasikan untuk transformasi ini.

Herjanto

Perencanaan layout diartikan sebagai tempat di mana sumber daya fisik digunakan untuk membuat produk.

Birchfield 

Layout adalah penataan peralatan untuk menciptakan area kerja yang efisien, aman, dan ergonomis. Area kerja dengan layout yang memiliki prinsip desain yang baik akan menciptakan tingkat efisiensi dan produktivitas karyawan yang tinggi.

Wibowo, Nurcahyo, & Khairunnisa

Layout adalah keputusan penting yang menunjukkan efisiensi operasi jangka panjang. Tujuan utama dari layout adalah untuk mengoptimalkan layout mesin dan peralatan produksi sehingga tata letak dapat mengoptimalkan operasi produksi.

3 dari 6 halaman

Tujuan Layout

Tujuan dari layout adalah adalah meminimumkan biaya dan meningkatkan efisiensi pengelolaan semua fasilitas produksi dan ruang kerja sehingga proses produksi berjalan dengan lancar. Efisiensi ini dapat dicapai dengan mengurangi biaya produksi dan transportasi di dalam pabrik.

4 dari 6 halaman

Manfaat Layout

Manfaat layout diantaranya adalah sebagai berikut:

- Mempersingkat waktu pemrosesan.

- Meningkatkan kepuasan kerja dan keselamatan kerja.

- Menciptakan suasan yang aman dan nyaman.

- Dapat menyederhanakan perbaikan apabila mesin mengalami kerusakan.

- Meningkatkan jumlah peroduksi agar tetap berada dalam kondisi yang stabil.

- Fasilitas yang digunakan dapat menjadi lebih efisien.

- Dapat menghemat ruang karena tidak ada bahan yang perlu ditambah.

- Mengurangi adanya kebingungan, akibat bahan tunggu.

- Mengurangi transfer bahan, sehingga jarak dapat diminimalisasi.

5 dari 6 halaman

Prinsip Dasar Layout Desain

Berikut ini ada beberapa prinsip dasar layout desain yang perlu anda ketahui, yaitu:

1. Kesederhanaan

Prinsip ini terkait dengan kemampuan untuk menangkap rata-rata orang yang menerima informasi. Naluri manusia ingin mendapatkan informasi yang lebih mudah. Namun demi kesederhanaan perhatian juga harus diberikan pada segmen di mana informasi dikirimkan.

2. Kontras

Sangat penting untuk menarik perhatian, untuk menekankan elemen atau pesan yang akan dikirim. Tips-tips berikut dapat menarik perhatian pada pesan yang ingin disampaikan yaitu menulis badan teks dengan huruf miring, memilih karakter yang lebih menarik untuk ditampilkan, menggunakan kontras warna, menggunakan tekstur latar belakang, dan bagian-bagian tertentu untuk menyorot untuk memperbesar.

3. Keseimbangan

Suatu hal yang sangat penting dalam pengiriman informasi. Keseimbangan dapat berupa keseimbangan formal dengan pengaturan simetris. Pengaturan simetris memberikan kesan formal, seimbang, dapat dipercaya, dan sehat. Sebaliknya, pengaturan asimetris sering digunakan untuk menggambarkan pesan yang dinamis, energetik, dan informal.

4. Keharmonisan

Tujuan harmoni adalah keselarasan antara elemen dan elemen grafis lainnya. 

5. Stressing

Untuk memahami bahasa yang dikenal sebagai stressing, seseorang memiliki fungsi menyampaikan poin-poin tertentu yang menjadi fokus perhatian. Mengukur lebih fokus pada sudut pandang atau pengikat mata dalam publikasi. Mungkin ada lebih dari satu penekanan dalam karya grafis, tetapi harus dibedakan yang akan menjadi fokus utama, sehingga tidak sampai pada perjuangan yang mengesankan untuk mendapatkan perhatian yang pada akhirnya membuat pesan yang terkandung di dalamnya tidak efektif.

6 dari 6 halaman

Elemen-Elemen Layout

Berikut merupakan elemen-elemen yang selalu dipakai untuk mendukung layout, yaitu:

1. Text (Teks)

Elemen teks berisi judul dan isi paragraf. Penyusunan teks harus di buat secara tertata dan intuitif agar mudah dipahami.

2. Images (Gambar)

Elemen ini berupa foto dan visual lainnya, seperti ilustrasi akan mendukung pemetaan teks dalam mengkomunikasikan pesan tertentu. Dengan elemen gambar, audiens akan melibatkan pemikiran dan emosi mereka.

3. Lines (Garis)

Elemen ini dapat digunakan untuk membagi dan memetakan bagian layout. Garis juga dapat dipakai untuk membuat penekanan pada teks.

4. Shapes (Bentuk)

Dengan elemen ini desain layout akan semakin kreatif, penambahan bentuk yang baik tampilan akan tampak berisi dan memiliki ciri yang identik. Bentuk dapat berupa lingkaran dan persegi panjang, tetapi ada banyak cara untuk berkreasi dengan bentuk.

5. White Space (Ruang Kosong)

Merupakan penambahan ruang di antara bagian layout. Ruang kosong harus diperhatikan dan terkonsep untuk mencegah pengguna saat melihat isi desain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.