Sukses

Ayah Vanessa Angel Ajukan Hak Asuh Gala Sky ke Pengadilan, Ini 5 Faktanya

Doddy Sudrajat mengajukan hak perwakilan asuh anak cucunya Gala Sky ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah akibat kecelakaan maut di tol Jombang, Jawa Timur meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Kini Gala Sky, putra semata wayang mereka harus hidup tanpa kedua orangtunya.

Tak hanya itu, anggota keluarga lainnya pun turut merasa kehilangan dua sosok berharga. Banyak orang merasa sedih dengan kondisi Gala yang sudah menjadi yatim piatu di usia 1 tahun. Saat ini Gala berada di rumah keluarga Bibi Ardiansyah.

Diketahui putra semata wayang mendiang Vanessa Angel itu dirawat oleh Fuji, yakni adik Bibi Ardiansyah. Gala Sky pun tampak nyaman dengan Fuji, pasalnya ia sudah sedari bayi bersama dengan sang tante.

Namun baru-baru ini ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat mengajukan hak perwakilan asuh anak cucunya Gala Sky ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Tak hanya Doddy Sudrajat, Faisal ayah mendiang Bibi Andriansyah juga melakukan hal yang sama. Ia akan mengajukan hak asuh anak ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Kendati demikian hingga kini, belum ada keputusan resmi mengenai hak asuh Gala Sky. Berikut beberapa faktanya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Agar Tidak Terjadi Kebimbangan

Setelah Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah meninggal dunia, Gala Sky diasuh bergantian di dua rumah. Terkadang Gala ikut keluarga Vanessa, terkadang bersama keluarga Bibi.

Tak ingin terjadi kebimbangan, Doddy Sudrajat ayah Vanessa mengajukan hak asuh ke Pengadilan. Ia mengajukan permohonan itu bersama dengan ayah Bibi Andriansyah, Faisal.

"Udah om Doddy bicarakan sama Faisal, kita mau ngasuh bersama. Harus ada hukumnya, perwaliannya ditetapkan pengadilan. Ternyata pak Faisal sudah mengajukan. Daddy gak (merasa) ada sesuatu yang aneh, harus ke siapa. Apakah dari keluarga Bibi atau keluarga Vanessa. Harus ditetapkan pengadilan perwaliannya," ujar Doddy kala ditemui seperti dikutip Liputan6.com dari Kapanlagi.com, Kamis (18/11/2021).

3 dari 6 halaman

2. Bukan Saingan

Doddy Sudrajat tak mau hal ini diartikan persaingan dua keluarga untuk mendapatkan hak asuh Gala Sky Andriansyah. Pastinya semua itu untuk kebaikan masa depan cucunya.

"Jadi sih sebenarnya, jangan disebut sebagai perebutan. Daddy gak setuju akan itu. Tempatnya aja berbeda, Jakarta Barat sama Jakarta Pusat. Sama-sama mengajukan. Ini kan terpisah, kesannya merebut. Tidak ada yang merebutkan, ini supaya ada kepastian hukum" tuturnya.

4 dari 6 halaman

3. Sudah Saling Diskusi

Sebelum sama-sama mengajukan perwalian ke pengadilan, Doddy dan Faisal sudah berkomunikasi. Kedua belah keluarga ingin merawat Gala, namun mereka sama-sama ingin mendapatkan kepastian hukum.

"Kalau diskusi sih ada dengan keluarga Bibi, tapi kan dari pihak keluarga Vanessa juga ingin merawat Gala, dari keluarga Bibi juga ingin merawat Gala. Nah supaya tidak terjadi perebutan Gala, jadi biarkan nanti pengadilan yang menentukan Gala diasuh oleh siapa," ungkap Doddy.

5 dari 6 halaman

4. Domisili Berbeda

Kepada pengadilan, Doddy Sudrajat mengajukan permohonan menjadi wali tunggal bagi Gala. Pertimbangannya adalah karena rumahnya berbeda lokasi dari kediaman keluarga Bibi.

"Iya, karena domisili berbeda. Kami sama-sama mengajukan di masing-masing wilayah. (Keluarga Bibi) di Jakarta Pusat," ujar Doddy.

6 dari 6 halaman

5. Mengizinkan Keluarga Bibi Bertemu Gala

Jika hak perwalian jatuh ke pihaknya, Doddy Sudrajat berjanji tetap mengizinkan keluarga Bibi Andriansyah bertemu dengan Gala. Namun bila tidak, Doddy berharap diizinkan bertemu dengan Gala Sky.

"Agar statusnya jelas jangan sampai ada yang merasa dirugikan,” kata ayah mendiang Vanessa Angel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.