Sukses

Diskusi adalah Bertukar Pikiran, Kenali Tujuan dan Jenisnya

Diskusi adalah kebiasaan baik yang perlu dibiasakan.

Liputan6.com, Jakarta Diskusi adalah bentuk interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Diskusi melibatkan dua atau lebih orang untuk membahas sesuatu. Diskusi adalah cara terbaik untuk mencari solusi sebuah masalah.

Diskusi adalah aktivitas yang umum dilakukan di forum baik formal maupun non-formal. Diskusi adalah proses penting dalam memahami sebuah topik. Tujuan penting diskusi adalah untuk memecahkan masalah.

Melalui diskusi, seseorang bisa membongkar dan mencoba memahami sebuah masalah. Biasanya dalam diskusi, orang bertukar pikiran. Diskusi adalah aktivitas yang bisa bersifat ringan sampai berat.

Diskusi adalah kebiasaan baik yang perlu dibiasakan. Berikut pengertian diskusi, tujuan, dan jenisnya, Rabu (17/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian diskusi

Menurut KBBI, diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Kata diskusi berasal dari bahasa Latin discutio atau discusum yang berarti bertukar pikiran. Diskusi berarti menguraikan masalah atau ide agar bisa dipecahkan.

Diskusi bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih. Diskusi adalah bagian penting dalam memproses informasi dan mengolahnya. Diskusi adalah metode yang penting digunakan di tiap jenis ilmu.

Orang yang berdiskusi biasanya akan berkumpul baik secara formal maupun informal untuk mendiskusikan ide, memecahkan masalah, atau memberikan komentar. Metode percakapan yang umum termasuk bertemu langsung, melakukan panggilan konferensi, menggunakan pesan teks, atau menggunakan situs web seperti forum internet.

3 dari 8 halaman

Pengertian diskusi menurut ahli

Usman

Diskusi adalah suatu proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan berbagai pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan atau pemecahan masalah.

Ariends

Diskusi adalah situasi pendidik dan peserta didik atau peserta didik dan peserta didik lainya bercakap-cakap dan berbagi ide dan pendapat.

Samani

Diskusi adalah pertukaran pikiran (sharing of opinion) antara dua orang atau lebih yang bertujuan memperoleh kesamaan pandang tentang sesuatu masalah yang dirasakan bersama.

Ernasari

Diskusi adalah kecakapan ilmiah yang responsif berisikan pertukaran pendapat yang dijalin dengan pertanyaan-pertanyaan problematik pemunculan ide-ide dan pengujian ide-ide ataupun pendapat dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok itu yang diarahkan untuk memperoleh pemecahan masalahnya dan untuk mencari kebenaran.

4 dari 8 halaman

Tujuan diskusi

Tujuan diskusi adalah untuk membantu setiap anggota kelompok mengeksplorasi dan menemukan makna melalui interaksi dengan orang lain. Banyak dari pembicaraan kita sehari-hari terdiri dari deskripsi di mana kita berusaha dengan satu atau lain cara untuk menyampaikan ide kepada orang lain.

Tujuan diskusi adalah digunakan untuk menyampaikan pendapat yang berbeda tentang suatu isu atau topik tertentu yaitu argumen yang mendukung dan menentang/positif dan negatif/baik dan buruk.

Berikut tujuan lain dari diskusi:

- Menyelesaikan atau memecahkan maslaah

- Menambah wawasan dan pemahaman terhadap realitas tertentu.

- Melatih kemampuanberbicara

- Melatih rasa saling menghargai pendapat orang lain

- Meningkatkan tradisi intelektual.

- Meningkatkan kepedulian serta kepekaan terhadap suatu masalah di lingkungan sosial.

- Menyamakan visi dan misi

- Melatih keberanian dalam mengambil sebuah keputusan.

 

5 dari 8 halaman

Jenis diskusi

Diskusi kelompok

Diskusi kelompok adalah cara bimbingan yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi. Setiap anggota akan mendapatkan kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing serta berbagi pengalaman atau informasi untuk pemecahan masalah.

Diskusi panel

Diskusi panel adalah pembahasan suatu masalah yang dilakukan oleh beberapa orang panelis yang biasanya terdiri dari 4-5 orang dihadapan pendengar. Dalam diskusi panel pendengar tidak terlibat secara langsung tetapi berperan hanya sekedar peninjau para panelis yang sedang melaksanakan diskusi.

6 dari 8 halaman

Jenis diskusi

Seminar

Seminar adalah bentuk diskusi yang digunakan untuk mencari kesepakatan dan pandangan dalam menghadapi persoalan yang bersifat formal. Seminar biasanya fokus pada sebuah topik tertentu seperti masalah sehari-hari yang dilaksanakan dalam bentuk dialog dengan moderator.

Simposium

Simposium adalah bentuk diskusi yang diselenggarakan untuk membahas suatu pokok permasalahan tertentu. Diskusi ini dipimpin oleh moderator, dan setiap peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat setelah pembahasan utama dan penyanggah telah selesai berbicara.

7 dari 8 halaman

Jenis diskusi

Lokakarya

Lokakarya adalah pertemuan para ahli atau pakar dengan tujuan membahas suatu masalah dibidangnya. Lokakarya atau dengan nama lain disebut workshop termasuk dalam pertemuan ilmiah kecil. Perbedaan lokakkarya dengan seminar adalah hasil yang didapat.

Kongres

Diskusi kongres adalah pertemuan untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai suatu masalah dari para wakil organisasi baik itu politik, sosial, ataupun profesi.

8 dari 8 halaman

Jenis diskusi

Konferensi

Konferensi adalah pertemuan untuk merundingkan dan bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. Konferensi biasa dilakukan humas lembaga atau panitia acara untuk mengumumkan, menjelaskan, mempertahankan, atau mempromosikan kebijaksanaan dengan maksud mengukuhkan penerimaan publik.

Sarasehan

Sarasehan akan dilaksanakan untuk membicarakan suatu permasalahan tertentu dengan cara yang tidak resmi dan formal. Tujuan diadakan sarasehan adalah untuk membahas topik atau permasalahan yang tidak terlalu berat dan menjadi sebuah pembicaraan yang sangat serius. Dengan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.