Sukses

10 Manfaat Serai untuk Kulit dan Kecantikan, Ampuh Mengobati Jerawat

Manfaat serai untuk kulit dan kecantikan berasal dari sifat alaminya.

Liputan6.com, Jakarta Serai merupakan tanaman dari suku rumput-rumputan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan. Ciri khas tanaman serai memiliki batang kaku, pendek, dan daunnya seperti pita. Manfaat serai untuk kulit dan kecantikan berasal dari sifat alami antibakteri, antimikrophobi, antiseptik, astringen, dan asam.

Sifat-sifat itulah yang menjadikan manfaat serai untuk kulit bisa mengatasi masalah jerawat, mengurangi minyak, mencegah timbulnya komedo, mengobati selulit, hingga mencegah kanker kulit. Agar bisa merasakan manfaat serai untuk kulit dan kecantikan, direkomendasikan menggunakannya dari minyak essensial.

Direkomendasikan pula mengonsumsinya menjadi wedang serai dan menggunakan produk sabun dari bahan baku serai. Serai dikenal pula memiliki aroma istimewa sehingga bisa menyejukkan suasana dan memberikan efek tenang. Berikut Liputan6.com ulas tentang manfaat serai untuk kulit dan kecantikan, Rabu (17/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Serai untuk Kulit

1. Menghilangkan Jerawat

Masalah jerawat pada wajah memang paling mengganggu dan terkadang menyakitkan. Keberadaan jerawat ternyata bisa dihilangkan dengan manfaat serai untuk kulit. Terdapat sifat antibakteri dan antimikrophobia yang menjadikannya memberikan manfaat serai untuk kulit berjerawat.

Serai adalah ahlinya mengatasi jerawat terutama yang disebabkan oleh penumpukan kotoran ataupun kuman. Jangan ragu lagi memanfaatkan serai yang sudah dijadikan sabun untuk menghilangkan jerawat di kulit wajah. Proses penyembuhan jerawat pun bisa lebih cepat dengan manfaat serai untuk kulit.

2. Mengurangi Minyak di Kulit

Pemilik kulit wajah berminyak atau kombinasi antara berminyak dan kering, bisa mengandalkan manfaat serai untuk kulit. Serai mengandung minyak esensial yang menjadikannya ahli dalam mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Dampak dari manfaat serai untuk kulit berminyak adalah menjadikan wajah bebas komedo dan pertumbuhan jerawat.

3. Mengatasi Masalah Sesulit

Wanita paling berisiko memiliki masalah selulit atau stretch mark, kondisi ketika kulit yang meregang dan menyusut dengan cepat. Biasanya perubahan mendadak tersebut menjadikan kolagen dan elastin di kulit pecah. Masalah kulit seperti ini bisa diatasi dengan manfaat serai untuk kulit.

Sekarang ini sudah banyak sekali produk kecantikan berbahan dasar serai. Salah satunya sabun yang dapat memudarkan jaringan luka di kulit karena stretch mark. Tak hanya mengandalkan sabun, manfaat serai untuk kulit selulit direkomendasikan pula dengan mengoleskan minyak serai yang dapat membantu membanun kembali jaringan kulit.

4. Melembapkan Tumit Kering

Sifat alami ekstrak serai yang dijadikan minyak dapat dimanfaatkan untuk melembapkan tumit kering atau xerosis. Cara yang direkomendasikan untuk merasakan manfaat serai untuk kulit adalah menggunakan minyak serai setelah mandi pada bagian tumit. Lakukan dengan lebih rutin dua kali sehari agar tumit kering cepat pulih karena selalu lembap.

5. Mencegah Kanker Kulit

Kanker kulit bukan masalah yang bisa disepelekan. Masalah kanker ini umumnya ditandai dengan munculnya benjolan, bercak, atau tahi lalat dengan bentuk dan ukuran tidak normal. Nah, manfaat serai untuk kulit ini bisa dijadikan solusinya.

Terdapat sifat antiseptik, astringen, dan asam yang menjadikan manfaat serai untuk kulit dapat diandalkan mencegah masalah kanker kulit. Agar bisa merasakan manfaat serai untuk kulit, direkomendasikan mengonsumsinya dari wedang serai.

3 dari 3 halaman

Manfaat Serai untuk Kecantikan Lainnya

6. Mengurangi Ketombe

Manfaat serai untuk kecantikan dapat diandalkan untuk mengurangi masalah ketombe membandel. Agar bisa merasakan manfaat serai untuk kecantikan ini, direkomendasikan menggunakan minyak serai.

Gunakan minyak serai secara langsung pada kulit kepala untuk membasmi ketombe. Meski demikian, manfaat serai untuk kecantikan seperti mengurangi ketombe tergantung kecocokan penggunanya, ada yang berhasil dan tidak.

7. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh dengan berat badan ideal, sekarang menjadi salah satu indikator seorang wanita dikatakan cantik. Berat badan ideal tersebut bisa didapat dengan manfaat serai untuk kecantikan karena serai ahli dalam menurunkan berat badan.

Konsumsi serai dalam bentuk wedang secara rutin. Selain dapat menurunkan berat badan, manfaat serai untuk kecantikan pun memberikan efek diuretik yang membuat racun dan zat sampah keluar dari tubuh dengan cepat. Agar penurunan berat badan bisa lebih maksimal, lakukan olahraga secara rutin dan konsumsi makanan bergizi.

8. Mengatasi Gigi Berlubang

Gigi yang cantik atau dikategorikan sehat adalah bebas lubang dan enak dipandang. Manfaat serai untuk kecantikan bisa digunakan mengatasi masalah gigi berlubang. Konsumsi teh serai direkomendasikan untuk merasakan manfaat serai untuk kecantikan. Terdapat zat antimikroba pada serai yang diyakini efektif melawan bakteri berbahaya seperti streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi.

9. Menghindari Gigitan Nyamuk

Manfaat serai untuk kecantikan selanjutnya dapat diandalkan menghindari gigitan nyamuk. Aroma pada serai yang segar dan memiliki efek menenangkan sangat disukai oleh manusia. Meski demikian, wangi serai ternyata dibenci oleh serangga, terutama nyamuk.

10. Merdekan Nyeri Otot dan Sendi

Dihadapkan dengan masalah nyeri otot dan sendi bisa diatasi dengan manfaat serai untuk kecantikan. Efek analgesik pada serai mampu meredakan sakit perut, nyeri otot, dan sendi. Direkomendasikan mengonsumsi serai dengan teh atau menggunakan minyak serai untuk memijat bagian nyeri otot dan sendi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.