Sukses

Daftar Negara yang Masuk Level 4 Covid-19 Menurut CDC, Ketahui Sebelum Bepergian

Ada 79 negara yang berstatus level 4.

Liputan6.com, Jakarta CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) merilis secara berkala daftar negara dengan level penularan Covid-19. Ada lima level yang diterapkan, yaitu 1, 2, 3, 4, dan tidak diketahui.

Level ini sebenarnya digunakan pemerintah AS sebagai panduan perjalanan internasional warganya. Namun, daftar negara ini juga sering menjadi pertimbangan perkembangan Covid-19 oleh sejumlah negara. Level ini disebut dengan Travel Health Notices (THN). 

Indonesia kini masuk pada level 1 yang tergolong level rendah. Penurunan level ini diperbarui pada 25 Oktober 2021 dan masih bertahan hingga sekarang. Namun, masih banyak negara yang masuk dalam kategori level 4.

Menurut data CDC yang diperbarui pada 8 November 2021, ada 79 negara yang masuk dalam kategori level 4 atau sangat tinggi. Disarankan untuk menghindari kunjungan ke negara ini. Berikut daftar negara yang masuk level 4 menurut CDC, dirangkum Liputan6.com dari CDC, Kamis(11/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Daftar negara yang masuk level 4 menurut CDC

- Albania

- Antigua dan Barbuda

- Armenia

- Aruba

- Austria

- Azerbaijan

- Bahama

- Barbados

- Belarusia

- Belgium

- Belize

- Bermuda

3 dari 8 halaman

Daftar negara yang masuk level 4 menurut CDC

- Bosnia dan Herzegovina

- Botswana

- Kepulauan Virgin Inggris

- brunei

- Bulgaria

- Burkina Faso

- Myanmar

- Burundi

- Pulau cayman

- Republik Afrika Tengah

- Kosta Rika

- Kroasia

- Kuba

- Curacao

4 dari 8 halaman

Daftar negara yang masuk level 4 menurut CDC

- Republik Demokrasi Kongo

- Dominika

- Estonia

- Kepulauan Faroe

- Guyana Perancis

- Polinesia Perancis

- Georgia

- Yunani

- Grenada

- Guadeloupe

- Guam

- Guyana

5 dari 8 halaman

Daftar negara yang masuk level 4 menurut CDC

- Haiti

- Irak

- Irlandia

- Pulau manusia

- Israel

- Jersey

- Kosovo

- Latvia

- Lithuania

- Luksemburg

- Malaysia

- Maladewa

6 dari 8 halaman

Daftar negara yang masuk level 4 menurut CDC

- Martinik

- Moldova

- Mongolia

- Montenegro

- Kaledonia Baru

- Belanda

- Makedonia Utara

- Norway

- Papua Nugini

- Reuni

- Rumania

- Rusia

7 dari 8 halaman

Daftar negara yang masuk level 4 menurut CDC

- Saint Kitts dan Nevis

- Saint Lucia

- Saint Vincent dan Grenadines

- Arab Saudi

- Serbia

- Seychelles

- Singapura

- Slowakia

- Slovenia

- Somalia

- Sudan Selatan

- Suriname

- Swiss

- Turki

- Ukraina

- Britania Raya

- Kepulauan Virgin, AS

8 dari 8 halaman

Level Covid-19 menurut CDC

Level 4

Level 4 pada tingkatan Covid-19 merupakan tingkatan yang paling tinggi. Pada level ini, wisatawan disarankan untuk menghindari perjalanan ke negara dengan level 4. Kriteria negara dengan level 4 Covid-19 adalah tingkat insiden lebih dari 500 selama 28 hari terakhir per 100 ribu penduduk untuk populasi lebih dari 100 ribu atau kurang.

Level 3

Level 3 termasuk tingkat Covid-19 yang tinggi. Namun, wisatawan diperbolehkan untuk mengunjungi negara ini dengan syarat sudah divaksin lengkap. Pelancong yang tidak divaksinasi harus menghindari perjalanan yang tidak penting ke tujuan ini.

Kriteria negara dengan level 3 Covid-19 adalah tingkat insiden 100-500 selama 28 hari terakhir per 100 ribu penduduk untuk populasi lebih dari 100 ribu atau kurang.

Level 2

Level 2 Covid-19 menurut CDC termasuk pada tingkat sedang. Wisatawan boleh mengunjungi negara ini jika sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian. Pelancong yang tidak divaksinasi yang berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19 harus menghindari perjalanan yang tidak penting ke tujuan ini. Jika harus bepergian dan memiliki kekhawatiran, bicarakan dengan dokter.

Kriteria negara dengan level 2 Covid-19 adalah tingkat insiden 50-99 selama 28 hari terakhir per 100 ribu penduduk untuk populasi lebih dari 100 ribu atau kurang.

Level 1

Level 1 Covid-19 masuk dalam kategori risko rendah. CDC menyarankan pengunjung sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian ke negara ini.

Kriteria negara dengan level 1 Covid-19 adalah tingkat insiden kurang dari 50 selama 28 hari terakhir per 100 ribu penduduk untuk populasi lebih dari 100 ribu atau kurang.

Level tidak diketahui (unknown)

Jika sebuah negara tidak memberikan data kasus Covid-19 atau tidak diketahui datanya, level THN mereka ditetapkan sebagai “tidak diketahui”. Pada level ini, wisatawan disarankan untuk mengikuti rekomendasi THN Level 4.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.