Sukses

PPKM Diperpanjang, Ini Aturan Terbaru Tempat Ibadah dan Area Publik Sesuai Zonasi

PPKM Level 1, 2, dan 3 kembali diterapkan di luar Jawa-Bali.

Liputan6.com, Jakarta PPKM Level 1, 2, dan 3 kembali diterapkan di luar Jawa-Bali. Pada periode ini, kembali tidak ada daerah kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4. Hal ini berkat adanya penurunan kasus COVID-19 di berbagai daerah di Indonesia.

Penerapan perpanjangan PPKM ini kembali dilakukan selama dua minggu, yaitu mulai 9 November hingga 22 November 2021. Perpanjangan PPKM ini diikuti dengan beberapa penyesuaian dan pelonggaran aturan di berbagai sektor.

Aturan pelaksanaan kegiatan di tempat ibadah dan area publik termasuk yang disesuaikan. Kali ini, ketentuan melaksanakan kegiatan di kedua tempat tersebut akan menyesuaikan dengan zonasi masing-masing daerah. Hal ini berlaku bagi kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 1 dan 2.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Inmendagri No.58 Tahun 2021, Rabu (10/11/2021) tentang aturan pelaksanaan kegiatan di tempat ibadah dan area publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Pelaksanaan Kegiatan di Tempat Ibadah Selama PPKM Level 1 dan 2

Berlaku sampai 22 November 2021, berikut aturan pelaksanaan kegiatan ibadah (pada tempat ibadah di Masjid, Mushola, Gereja, Pura, dan Vihara , serta tempat ibadah lainnya) selama PPKM Level 1 dan 2 di luar Jawa-Bali:

1. Untuk wilayah Zona Hijau, kegiatan peribadatan pada tempat ibadah dapat dilakukan paling banyak 75% dari kapasitas dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat serta memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama.

2. Untuk wilayah Zona Kuning, kegiatan peribadatan pada tempat ibadah dapat dilakukan paling banyak 50% dari kapasitas dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat serta memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama.

3. Untuk wilayah yang berada dalam Zona Oranye, kegiatan peribadatan pada tempat ibadah dapat dilakukan paling banyak 25% dari kapasitas dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat serta memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama.

4. Untuk wilayah yang berada dalam Zona Merah, kegiatan peribadatan pada tempat ibadah dapat dilakukan paling banyak 25% dari kapasitas dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat serta memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama.

3 dari 3 halaman

Aturan Pelaksanaan Kegiatan di Area Publik Selama PPKM Level 1 dan 2

Berlaku sampai 22 November 2021, berikut aturan pelaksanaan kegiatan pada area publik (fasilitas umum, taman umum, tempat wisata umum atau area publik lainnya) selama PPKM Level 1 dan 2 di luar Jawa-Bali:

1. Untuk wilayah yang berada dalam Zona Hijau, diizinkan dibuka dengan pembatasan kapasitas maksimal 50% dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi atau penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah Daerah.

2. Untuk wilayah yang berada dalam Zona Kuning, diizinkan dibuka dengan pembatasan kapasitas maksimal 25% dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi atau penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah Daerah.

3. Untuk wilayah yang berada dalam Zona Oranye dan Zona Merah, diizinkan dibuka dengan pembatasan kapasitas maksimal 25% dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi atau penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah Daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.