Sukses

12 Manfaat Salat Hajat, Keutamaan, Niat, dan Doanya

Salat hajat bisa menjadi jalan saat menghadapi kesulitan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat salat hajat bisa dikerjakan ketika memiliki keinginan atau hajat tertentu. Salat hajat termasuk salat sunah dengan keutamaan yang mulia. Manfaat salat hajat akan membantu menenangkan hati dan pikiran sebelum memulai hajat.

Salat hajat dilakukan untuk tujuan penyelesaian hajat atau keperluan tertentu. Melakukan salat hajat adalah salah satu cara untuk memohon kepada Allah SWT untuk dilancarkan hajatnya.

Manfaat salat hajat bisa membantu mendekatkan diri pada Allah SWT. Melalui manfaat salat hajat pula, hajat yang akan dilakukan akan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Manfaat salat hajat bisa menjadi jalan saat menghadapi kesulitan.

Berikut manfaat salat hajat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(02/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Mengenal salat hajat

Salat hajat adalah salat yang dikerjakan karena memiliki hajat tertentu. Salat ini dilakukan agar dilancarkan hajatnya oleh Allah SWT. Cara melakukan salat hajat sama dengan salat pada umumnya.

Salat hajat bisa dilakukan siang atau malam, kecuali pada waktu yang dilarang untuk salat. Salat hajat bisa dilakukan antara 2 sampai 12 rakaat dengan salam tiap dua rakaat. Disarankan untuk membaca Ayat Kursi dan surah Al-Ikhlas pada tiap rakaat.

3 dari 9 halaman

Keutamaan salat hajat

Dalam hadis dijelaskan mengenai salat hajat, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian salat dua rakaat (salat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadis tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘allaihi wasallam pun mengajarkan bahwa kita senantiasa untuk meminta kepada Allah SWT melalui sholat. Terutama, bila sedang dalam kondisi memilliki hajat.

Sementara itu, Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam bukunya Fiqih Empat Mazhab menulis, “ Dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat.”

4 dari 9 halaman

Niat dan doa salat hajat

Berikut niat salat hajat dua rakaat:

USHOLLII SUNNATAL HAAJATI ROK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA

Artinya : Aku berniat sholat hajat sunah hajat dua raka'at karena Allah Ta’ala

Doa setelah salat hajat

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin

Artinya:

Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.

 

5 dari 9 halaman

Manfaat salat hajat

Terhindar dari kesulitan

Manfaat salat hajat bisa membantu melindungi dari kesulitan dan marabahaya. Seorang muslim yang tengah mendapat kesulitan dalam menjalani hidup, dianjurkan untuk mengerjakan salat hajat. Seorang muslim tersebut juga dianjurkan berdoa meminta pertolongan dari Allah SWT usai salat hajat. Lantaran, Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi hamba-Nya yang mau berdoa.

Mudahkan terkabulnya doa

Salah satu manfaat salat hajat adalah mempermudah terkabulnya sebuah doa. Salat hajat merupakan salah satu ibadah sunnah yang khusus untuk meminta agar keinginannya mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Umat Islam yang memiliki keinginan ataupun kepentingan dianjurkan mengerjakan sholat hajat.

6 dari 9 halaman

Manfaat salat hajat

Memperoleh pahala dari Allah SWT

Manfaat salat hajat selanjutnya adalah mendapat pahala dari Allah SWT. Salat sunnah merupakan bentuk ibadah yang menjanjikan banyak pahala. Seperti halnya salat sunah lainnya, salat hajat memang tidak dianggap wajib tetapi dianggap memberi manfaat tambahan bagi orang yang melakukannya.

Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Melakukan salat hajat menjadi bentuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Ketika memiliki masalah atau hajat yang besar, berserah diri pada Allah SWT menjadi ikhtiar terakhir yang bisa dilakukan. Melalui salat hajat, hamba yang sedang dalam kesulitan akan didekatkan pada Allah SWT.

7 dari 9 halaman

Manfaat salat hajat

Mendapatkan perasaan yang tenang

Salat hajat menimbulkan perasaan tenang pada hati dan pikiran. Perasaan tenang ini bisa membuat seseorang mampu membawa dirinya. Dari hati yang tenang, masalah dan hajat dapat diselesaikan dengan mudah.

Menumbuhkan rasa ikhlas

Manfaat salat hajat juga bisa memberikan rasa ikhlas. Melalui salat hajat, seseorang bisa menerima apapun yang ditakdirkan oleh Allah SWT. Ketika dalam keadaan kesusahan, maka manusia diajarkan untuk bersikap ikhlas dan lebih sabar. Salah satu menumbuhkan rasa ikhlas ini adalah dengan melakukan salat hajat.

8 dari 9 halaman

Manfaat salat hajat

Berserah diri pada Allah

Allah SWT Menyukai hambanya ketika ia kembali kepada-Nya dalam kepasrahan. Manusia bukan apa-apa tanpa Allah SWT. Dan semakin cepat manusia menyadari bahwa ia tidak dapat hidup tanpa bantuan-Nya, semakin mudah untuk meminta bantuan-Nya - tidak peduli berapa banyak dosa yang ditanggung.

Rasa tawakal yang lebih kuat

Dengan melakukan salat hajat, seseorang akan memiliki keyakinan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya yang memberikan apa yang dibutuhkan. Manfaat salat hajat adalah doa yang menjadi wujud bahwa seorang hamba membutuhkan Allah SWT. Ini juga menunjukkan menyerahan diri kepada-Nya.

9 dari 9 halaman

Manfaat salat hajat

Motivasi untuk lebih giat

Manfaat salat hajat bisa membuat seseorang lebih rajin. Ini akan membuat seseorang termotivasi untuk lebih rajin lagi dalam berusaha atau berikhtiar di dunia.

Dapat mengendalikan kebutuhan

Melalui salat hajat, seseorang jadi lebih tenang hatinya. Ini membuat orang tersebut bisa mengendalikan keinginan dan kebutuhannya. Dengan melakukan salat hajat, maka seorang hamba akan belajar mensyukuri apa yang dimiliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.