Thumbnail adalah Gambar Pratinjau, Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 28 Okt 2021, 21:10 WIB
Diperbarui 28 Okt 2021, 21:10 WIB
Thumbnail
Perbesar
Thumbnail (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta Thumbnail adalah istilah yang sudah tak asing ketika menggunakan internet. Biasanya, thumbnail adalah bagian yang digunakan saat mengunggah video, blog, atau konten tertentu. Peran thumbnail adalah menjadi kesan utama bagi para audiens.

Thumbnail adalah bagian penting jika ingin memikat penonton atau pengakses di internet. Bisa diibaratkan, thumbnail adalah sampul sebuah buku. Dalam tampilan tertentu, thumbnail adalah miniatur dari sebuah gambar atau halaman.

Situs web dengan banyak gambar, seperti toko online dengan katalog visual, sering kali menyediakan thumbnail. Selain di internet, thumbnail adalah istilah yang tak asing bagi para desainer grafis dan fotografer. Berikut pengertian tentang thumbnail dan fungsinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(28/10/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengenal thumbnail

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengenal thumbnail

Ilustrasi Youtube
Perbesar
Ilustrasi Youtube (Photo by NordWood Themes on Unsplash)

Thumbnail adalah representasi gambar kecil dari gambar yang lebih besar. Thumbnail adalah versi lebih kecil dari gambar digital lengkap yang dapat dengan mudah dilihat saat menelusuri sejumlah gambar.

Ia biasanya digunakan untuk memudahkan dan mempercepat saat melihat atau mengelola sekelompok gambar yang lebih besar. Thumbnail adalah gambar kecil yang mewakili gambar yang lebih besar

Dalam bahasa Indonesia, penyebutan thumbnail adalah keluku. Kata "thumbnail" mengacu pada thumbnail atau ibu jari manusia. Ini mengacu pada ukuran kecil dari sebuah gambar yang sebanding dengan ukuran ibu jari manusia.

Thumbnail adalah gambar pratinjau terkompresi dari dokumen asli yang digunakan sebagai placeholder. Bergantung pada platformnya, gambar thumbnail harus memiliki ukuran tertentu, meskipun tidak ada definisi sebenarnya dari ukuran thumbnail.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara kerja thumbnail

Thumbnail
Perbesar
Thumbnail (sumber: freepik)

Thumbnail adalah miniatur halaman atau gambar yang digunakan untuk mengidentifikasi file berdasarkan isinya. Ketika thumbnail diklik, ia akan membuka file. Thumbnail di internet juga bertanggung jawab atas kesan pertama konten web seperti gambar dan video.

Thumbnail digital mewakili versi yang lebih besar dari gambar yang sama, gambar mini juga biasanya berfungsi sebagai tautan ke gambar yang lebih besar. Misalnya, mengklik thumbnail pada halaman hasil pencarian Gambar Google akan membuka halaman yang menyertakan gambar ukuran penuh. Demikian pula, mengklik dua kali gambar mini di browser foto biasanya akan menampilkan versi ukuran penuh.

Situs web dengan banyak gambar, seperti toko online dengan katalog visual, sering kali menyediakan gambar mini daripada gambar yang lebih besar untuk mempercepat pengunduhan halaman. Thumbnail biasanya dibuat secara otomatis oleh mesin pencari, program pengeditan gambar, serta program manajemen gambar. Ukuran file thumbnail yang lebih kecil sangat berguna untuk penelusuran seluler.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penggunaan thumbnail

Google
Perbesar
Ilustrasi Google | pexels.com/@pixabay

YouTube

Thumbnail yang digunakan di YouTube harus menarik perhatian penonton dalam beberapa detik. Di YouTube, fungsi thumbnail adalah mendorong penonton untuk mengklik video. Untuk YouTuber, thumbnail yang sukses adalah cara terbaik untuk mendapatkan klik, tampilan, dan mungkin subscriber baru.

Thumbnail di pencarian gambar Google

Google menggunakan gambar mini alih-alih gambar ukuran penuh dalam pencarian gambarnya. Ini berarti bahwa pengguna disajikan dengan sejumlah besar gambar yang berbeda secara bersamaan. Dengan mengklik salah satu gambar thumbnail, informasi lebih lanjut dapat diminta, dan jika diperlukan, pengguna diteruskan langsung ke situs web sumber.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penggunaan thumbnail

Harga Barang yang Terlalu Miring atau Murah
Perbesar
Ilustrasi Online Shop Credit: unsplash.com/Brooke

Thumbnail untuk GIF

Dibandingkan dengan thumbnail video, thumbnail untuk animasi GIF jauh lebih sederhana. Karena GIF hanyalah loop video pendek, teks dan elemen desain lainnya biasanya dihilangkan. Pada prinsipnya, gambar-gambar ini bekerja seperti gambar mini yang tidak bergerak: mereka merujuk ke file asli dan memberikan orientasi cepat.

Thumbnail di toko online

Di toko online, thumbnail digunakan untuk menampilkan beberapa produk dalam satu halaman tanpa memperlambat kecepatan loading. Gambaran kategori juga sering ditampilkan dalam bentuk gambar mini. Ini membawa pengguna ke halaman produk, yang pada gilirannya berisi gambar mini produk. Dengan mengklik thumbnail produk lagi, gambar asli dibuka dan informasi lebih lanjut tentang produk dapat dilihat. Di sini juga, mereka memfasilitasi orientasi pada halaman masing-masing.

Pengelola file

Thumbnail adalah opsi di pengelola file, seperti Windows Explorer. Ia juga apat ditemukan di program pengeditan foto dan grafik untuk menelusuri banyak gambar dalam folder dengan cepat. Dalam program menggambar serta program yang berhubungan dengan tata letak halaman, thumbnail dapat digunakan untuk mengatur ulang urutan halaman dengan menyeret dan menjatuhkannya ke dalam urutan yang berbeda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat menggunakan thumbnail

Thumbnail
Perbesar
Thumbnail (sumber: freepik)

Thumbnail digital biasanya berukuran antara 75x75 dan 200x200 piksel . Mereka juga dapat memiliki rasio aspek persegi panjang, seperti 150x100 piksel. Ukuran file thumbnail yang kecil memungkinkan perancang situs web untuk menawarkan banyak konten kepada pengunjung dengan segera tanpa menambah waktu pemuatan halaman.

Mengklik thumbnail akan membawa Anda ke konten media dalam ukuran asli, yang dapat dibuka di tab atau jendela baru. Manfaat lain thumbnail adalah:

Menghemat ruang

Thumbnail memungkinkan pengguna internet menyajikan ikhtisar konten media yang berbeda dalam ruang kecil.

Keramahan pengguna

Thumbnail gambar memiliki keuntungan besar karena dapat ditangkap dengan sangat cepat. Thumbnail menyusun situs web sehingga pengguna dapat dengan cepat menemukan jalan di sekitarnya.

Interaktivitas

Thumbnail melibatkan pengguna dengan situs web – biasanya dengan mengklik thumbnail.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya