Sukses

Mengusung Kolaborasi Lintas Sektor, Ini 6 Bidang pada Satgas Penanganan COVID-19

Satgas penanganan COVID-19 dalam melakukan tugasnya di tahun 2021 berpegang pada prinsip kolaborasi lintas sektor.

Liputan6.com, Jakarta Satgas penanganan COVID-19 dalam melakukan tugasnya di tahun 2021 berpegang pada prinsip kolaborasi lintas sektor. Berbagai kebijakan telah diterapkan hingga ke tingkat terkecil demi memutus mata rantai penularan.

Dalam penanganan COVID-19 ini, Satgas memiliki 6 bidang diantaranya Bidang Data/IT, Komunikasi Publik, Perubahan Perilaku, Koordinasi Relawan, Penanganan Kesehatan, dan Perlindungan Tenaga Kesehatan.  

Seperti yang disampaikan oleh Juru Bicara/Koordinator Tim Pakar, Prof. Wiku Adisasmito saat Evaluasi Program PC PEN dan Optimalisasi Anggaran Tahun 2021, penanganan dilakukan dengan penerapan 3 pilar. Pilar-pilar tersebut di antaranya pilar promotif/preventif, pilar surveilans, dan pilar kuratif.

Ketiganya diterapkan dengan 3 strategi pula yaitu sosialisasi dan edukasi, penegakan kedisiplinan, dan kolaborasi lintas unsur. Berikut Liputan6.com rangkum dari covid19.go.id, Rabu (27/10/2021) tentang bidang pada satgas penanganan COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bidang pada Satgas Penanganan COVID-19

Bidang Data/IT

Dari bidang Data/IT dilakukan penyediaan sistem data Bersatu Lawan COVID-19, zonasi risiko, monitoring perubahan perilaku, pelaksanaan PPKM Mikro. Dari kumpulan data yang ada, digunakan oleh kementerian/Lembaga tingkat pusat dan daerah sebagai dasar analisis situasi dan dasar pengambilan keputusan.

Bidang Perubahan Perilaku

Bidang Perubahan Perilaku membantu mempercepat perubahan perilaku masyarakat dan menerapkan protokol kesehatan seperti sosialisasi dan edukasi dengan berbagai macam metode. Bidang ini bekerjasama dengan berbagai institusi dan menghasilkan materi edukasi seperti pedoman, video, lagu, pagelaran seni. Bidang ini telah mendidik lebih dari 60 juta orang dan menghasilkan 123 ribu Duta Perubahan Perilaku yang tersebar di Indonesia.

Bidang Komunikasi Publik

Bidang Komunikasi Publik bertugas menyebar informasi dari setiap elemen Satgas kepada masyarakat. Saat ini ada 13 stasiun televisi swasta yang bekerjasama, 18 media cetak, 24 media online, hingga radio dan media luar ruangan serta 3030 jurnalis yang telah berkolaborasi. Disebutkan Prof Wiki, kolaborasi ini telah menghasilkan total 38.643 berita yang ditayangkan media siber, media cetak, televisi, radio, dan lain sebagainya.

3 dari 3 halaman

Bidang pada Satgas Penanganan COVID-19

Bidang Koordinasi Relawan

Bidang Koordinasi Relawan bertugas menghimpun dan mengoordinasi serta mendistribusikan relawan COVID-19 dalam kegiatan edukasi, asistensi yang dilakukan kementerian/Lembaga sesuai yang dibutuhkan.

Bidang Kesehatan dan Perlindungan Tenaga Kesehatan

Bidang Kesehatan, Perlindungan Tenaga Kesehatan mendukung Kementerian Kesehatan dalam melakukan upaya surveilans, yaitu testing, tracing dan treatment serta perlindungan terhadap tenaga kesehatan.

Kolaborasi lintas sektor yang dilakukan tampak dengan satgas terus berkoordinasi dengan kementerian/Lembaga tingkat pusat dan daerah untuk memastikan pengendalian terstruktur. Pasalnya, meskipun saat ini kondisi terkendali, masih ada tugas meningkatkan cakupan vaksinasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.