Sukses

14 Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan, Tingkatkan Sistem Imun dan Antioksidan

Wedang uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta dengan campuran beberapa rempah-rempah yang menyehatkan tubuh, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Wedang uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta dengan campuran beberapa rempah-rempah, yaitu jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, dan dan akar sereh, daun pala, biji pala, kapulaga, serta gula batu.

Menurut bahasa, kata wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman, sedangkan uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah. Wedang uwuh bila diartikan secara langsung memiliki arti minuman sampah, namun ini hanyalah istilah saja.

Meskipun hanya istilah saja dan penampilannya yang menyerupai sampah. Namun, wedang uwuh dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan mampu mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu, masih banyak manfaat wedang uwuh bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. 

Berikut ini ulasan mengenai manfaat wedang uwuh bagi kesehatan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengatasi Asam Usat dan Cegah Penyakit Jantung

1. Mengatasi Asam Urat

Manfaat wedang uwuh untuk kesehatan yang pertama, yaitu dapat mengatasi asam urat. Menurut sejumlah penelitian, jahe merah yang terdapat pada wedang uwuh mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, jahe merah juga bisa menurunkan rasa nyeri akibat penghambatan pada jalur siklo oksigenase. Seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, jahe merah juga termasuk dalam daftar 10 tanaman herbal yang efektif mengobati asam urat. Jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Selain dapat mengatasi asam urat, manfaat wedang uwuh juga mampu mencegah penyakit jantung. Kandungan senyawa pada kayu manis berperan penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam studi 2014, tikus yang menerima perawatan jangka panjang yang melibatkan kayu manis dan pelatihan aerobik memiliki fungsi jantung yang lebih baik daripada yang tidak. Tentu saja, manfaat wedang uwuh ini bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

3 dari 8 halaman

Menangkal Radikal Bebas dan Tingkatkan Sistem Imun

3. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat wedang uwuh untuk kesehatan selanjutnya, yaitu dapat menangkal radikal bebas. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai memliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas. Antioksidan pada serai juga berperan penting untuk mencegah berbagai penyakit, seperti disfungsi sel di dalam arteri koroner. Dengan mengonsumsi wedang uwuh secara teratur, mampu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis dalam tubuh.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat wedang uwuh untuk kesehatan lainnya, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, kapulaga pada wedang uwuh mampu melawan bakteri dan patogen lainnya yang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu, wedang uwuh juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada pala, mampu mencegah dan mengobati penyakit hati dan batu ginjal.

4 dari 8 halaman

Mengobati Batuk dan Antioksidan

5. Mengobati Batuk dan Pilek

Di dalam wedang uwuh terdapat gula batu yang dipercaya efektif untuk mengobati batuk dan pilek. Gula batu dianggap mampu membantu menenangkan rongga mulut, meluruhkan lendir, dan mengurangi batuk. Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam jahe merah juga bermanfaat untuk mengatasi batuk pada anak-anak maupun orang dewasa. Manfaat wedang uwuh ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara rutin dan teratur.

6. Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang mengurangi stres oksidatif, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa secang memberikan lebih banyak antioksidan dan perlindungan yang lebih baik terhadap radikal bebas. Tidak hanya secang, bahan lain dari wedang uwuh juga mengandung antioksidan dengan kadar berlebih. Misalnya adalah cengkeh. Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, cengkeh kaya akan antioksidan.

5 dari 8 halaman

Anti Inflamasi dan Menstabilkan Hemoglobin

7. Anti Inflamasi

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi. Kandungan wedang uwuh juga bermanfaat untuk melawan infeksi atau peradangan dan memperbaiki kerusakan jaringan. Peradangan terjadi saat tubuh seseorang terpapar zat asing.

8. Menstabilkan Hemoglobin

Manfaat wedang uwuh yang selanjutnya adalah untuk menstabilkan hemoglobin. Kadar hemoglobin yang rendah dapat menyebabkan masalah seperti anemia, kulit pucat, pusing, lemah, dan kelelahan secara umum. Gula batu dalam wedang uwuh datang sebagai penyelamat karena tidak hanya membantu meningkatkan kadar hemoglobin, tetapi juga meregenerasi sirkulasi darah dalam tubuh.

6 dari 8 halaman

Antimikroba dan Anti Alergi

9. Antimikroba

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah sebagai antimikroba. Rempah sereh dalam wedang uwuh dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang karena sifat antimikroba yang dimilikinya. Menurut studi in vitro tahun 2012 yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, minyak esensial serai menunjukkan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus atau bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

10. Anti Alergi

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah sebagai anti alergi. Kayu secang pada wedang uwuh ternyata baik untuk orang-orang yang memiliki masalah alergi. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu secang, terutama secang chalcone memiliki sifat anti alergi yang kuat.

7 dari 8 halaman

Menstabilkan Gula Darah dan Mengurangi Risiko Kanker

11. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah untuk menstabilkan gula darah. Satu studi menemukan bahwa jahe dalam wedang uwuh ternyata mampu meningkatkan gula darah puasa pada penderita diabetes. Ini dan temuan lainnya menunjukkan sebuah potensi bahwa jahe dapat membantu mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes kronis.

12. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah menguragi risiko kanker. Serai dalam wedang uwuh juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang manjur melawan beberapa jalur sel kanker. Ini adalah manfaat dari neberapa komponen serai yang membantu melawan kanker. Komponen tersebut menyebabkan kematian sel kanker secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga penderita lebih mampu melawan kanker dengan sendirinya.

8 dari 8 halaman

Baik Bagi Kesehatan Tulang dan Memerangi Virus HIV

13. Baik Bagi Kesehatan Tulang

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah baik untuk kesehatan tulang. Massa tulang yang rendah dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis dan dapat meningkatkan risiko patah tulang. Beberapa senyawa dalam cengkeh yang menjadi bagian dari wedang uwuh telah terbukti membantu menjaga massa tulang pada penelitian hewan.

14. Memerangi Virus HIV

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah memerangi virus HIV. HIV adalah virus yang secara perlahan merusak sistem kekebalan tubuh seseorang dan pada akhirnya dapat menyebabkan AIDS, jika tidak ditangani. Kayu manis pada wedang uwuh yang diekstrak dari varietas Cassia dianggap membantu melawan HIV-1, jenis virus HIV yang paling umum pada manusia.Sebuah penelitian laboratorium yang mengamati sel yang terinfeksi HIV menemukan bahwa kayu manis adalah pengobatan yang paling efektif dari semua 69 tanaman obat yang diteliti. Namun, uji coba terhadap manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi efek kayu manis pada penyakit ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.