11 Ciri Penyakit Jantung yang Jarang Disadari, Kelelahan Ekstrem

Oleh Laudia Tysara pada 25 Okt 2021, 13:20 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 06:42 WIB
Mengobati Penyakit Jantung
Perbesar
Ilustrasi Penyakit Jantung. Credit: unsplash.com/Olga

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung merupakan kondisi yang dipengaruhi oleh masalah gangguan di organ jantung. Bagaimana ciri penyakit jantung? Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkap ciri penyakit jantung ada yang bisa dikenali dan jarang disadari atau diistilahkan “diam”.

Dalam artikel yang diterbitkan WebMD, ciri penyakit jantung yang jarang disadari berhubungan dengan gangguan pencernaan, masalah tenggorokan, keringat dingin, kelelahan, dan masih banyak lagi. Menurut para ahli, perubahan signifikan seperti kelelahan merupakan ciri penyakit jantung lebih penting daripada nyeri dada.

“Sekitar 659.000 orang di Amerika Serikat meninggal karena penyakit jantung setiap tahun itu 1 dari setiap 4 kematian yang terjadi,” dijelaskan CDC.

Memahami ciri penyakit jantung ini penting untuk antisipasi begitu pula faktor risikonya. Semakin banyak faktor risiko yang dimiliki, maka apapun yang berhubungan dengan penyakit jantung harus diwaspadai. Seperti usia 60 tahun, obesitas, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas ciri penyakit jantung melansir dari WebMD, Senin (25/10/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ciri Penyakit Jantung yang Jarang Disadari

Gambar Ilustrasi Penyakit Jantung
Perbesar
Ilustrasi penyakit jantung. Sumber: Freepik

1. Mengalami Gangguan Pencernaan

Penyakit jantung dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Mulai dari merasa mual, mulas, dan ingin muntah secara tiba-tiba. Ciri penyakit jantung yang berhubungan gangguan pencernaan ini jarang disadari.

Ciri penyakit jantung ini khas bisa terjadi selama serangan jantung menyerang. Dari hasil penelitian yang dilaporkan dalam WebMD, dibanding pria, wanita lebih sering mengalami ciri penyakit jantung yang berhubungan dengan masalah pencernaan.

2. Mengalami Nyeri di Lengan

Sering dianggap sepele, ciri penyakit jantung berhubungan pula dengan nyeri yang terjadi dan menjalar ke lengan sebelah kiri. WebMD mengungkap, ciri penyakit jantung ini cukup klasik. Biasanya akan dimulai dari dada dan bergerak ke luar.

3. Mengalami Ketidaknyamanan Dada

Seseorang yang mungkin memiliki masalah jantung akan mengalami ketidaknyamanan di dada. Ciri penyakit jantung ini jarang disadari, padahal masalah nyeri dada paling umum terjadi. WebMD mengungkap ketidaknyamanan di dada biasanya dipengaruhi oleh arteri jantung yang tersumbat, terjadilah serangan jantung.

Tak hanya nyeri di dada, tetapi ciri penyakit jantung ini akan dibareng dengan rasa sakit, sesak, dan terasa tertekan di dada penderitanya. Penelitian yang diungkap oleh WebMD, ciri penyakit jantung bagi beberapa orang terasa seperti diduduki gajah, dicubit, dan terbakar.

4. Mudah Merasa Lelah

Perasaan lelah yang muncul tiba-tiba walaupun tidak melakukan aktivitas berat merupakan ciri penyakit jantung yang selama ini jarang disadari. WebMD mengungkap kegiatan yang biasanya memunculkan ciri penyakit jantung ini adalah setelah menaiki tangga, membawa barang belanjaan ke mobil, dan lain-lain.

Salah seorang ahli mengungkap, ciri penyakit jantung seperti perubahan signifikan yang berhubungan dengan kelelahan ini jauh lebih penting untuk mendeteksi masalah jantung daripada rasa sakit dan nyeri di dada. WebMD menambahkan, kelelahan yang menjadi ciri penyakit jantung terkadang akan berlangsung selama berhari-hari dan sering dialami wanita.

5. Mengalami Pusing

Mengalami ketidakseimbangan ketika berdiri mungkin hanya masalah biasa bagi yang memiliki masalah vertigo. Begitu juga bagi yang kerap mengalami migrain. Kondisinya berbeda bila seseorang merasa pusing disertai sesak napas dan dada.

WebMD mengungkap, masalah seperti itu bukan sakit kepala biasa tetapi ciri penyakit jantung yang jarang disadari. Kondisi ini dipengaruhi oleh tekanan darah yang turun karena jantung tidak mampu memompa dengan normal.

6. Mengalami Sakit Tenggorokan

Ciri penyakit jantung pun berhubungan dengan sakit tenggorokan atau rahang. WebMD mengungkap sakit tenggorokan yang dibarengi dengan rasa sakit atau tertekan di dada bagian tengahlah yang merupakan ciri penyakit jantung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ciri Penyakit Jantung yang Jarang Disadari Selanjutnya

Memicu Risiko Penyakit Jantung dan Stroke
Perbesar
Ilustrasi Serangan Jantung. Credit: freepik.com

7. Mengalami Keringat Dingin

Seseorang yang secara tiba-tiba mengalami keringat dingin, wajib mewaspadainya. Ciri penyakit jantung ini menandakan serangan jantung. Saat mengalaminya, jangan memaksakan diri melakukan aktivitas berat, seperti menyatir, berada di ketinggian, dan lain-lain.

8. Kaki dan Pergelangan Kaki Membengkak

Ciri penyakit jantung yang sampai menyebabkan kaki dan pergelangan kaki membengkak berhubungan dengan pompa jantung yang tidak maksimal. Dalam artikel yang diterbitkan WebMD mengenai ciri penyakit jantung, kondisi seperti ini terjadi ketika jantung tidak dapat memompa dengan cepat dan menyebabkan darah justru kembali ke pembuluh darah.

Pada beberapa kondisi, penyakit jantung seperti gagal jantung berisiko mempersulit ginjal mengeluarkan air dan natrium ekstra dari dalam tubuh. Inilah mengapa kemudian ciri penyakit jantung berhubungan dengan kaki dan pergelangan kaki yang membengkak tiba-tiba.

9. Mendengkur saat Tidur

Mendengkur umumnya berhubungan dengan masalah posisi tidur yang tidak tepat. Meski begitu, masalah sepele seperti mendengkur yang mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi mayoritas orang menurut WebMD bisa menjadi ciri penyakit jantung.

Kondisi paling khas dari ciri penyakit jantung yang berhubungan dengan mendengkur adalah terdengar lebih keras sampai terengah-engah bahkan tersedak mirip sleep apnea. Saat ciri penyakit jantung ini terjadi, tekanan ektra pada jantung akan terjadi.

10. Detak Jantung Tidak Teratur

Ciri penyakit jantung yang paling mudah dikenali adalah detak jantung tidak teratur, ini sangat khas. Berbeda dengan detak jantung karena gugup, ciri penyakit jantung adalah berdetak lebih dari beberapa mening dan lebih sering terjadi.

Dalam artikel yang diterbitkan WebMD, ciri penyakit jantung yang berhubungan dengan detak jantung tidak teratur disebut fibrilasi atrium. Bukan kondisi yang sederhana, ciri penyakit jantung seperti ini harus segera mendapat perawatan.

11. Mengalami Batuk-Batuk

Batuk yang tidak kunjung berhenti umumnya dipengaruhi infeksi virus dan bakteri. WebMD mengungkap, ciri penyakit jantung yang berhubungan dengan batuk akan berlangsung lebih lama.

Lendir yang dikeluarkan berwarna putih sampai merah muda, ini ciri penyakit jantung atau gagal jantung yang tidak boleh disepelekan.

Masalah batuk berkepanjangan yang dipengaruhi jantung biasanya terjadi karena jantung tidak dapat memenuhi tuntutan tubuh hingga terjadi kebocoran darah yang kembali ke paru-paru.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Macam-Macam Penyakit Jantung

Penyakit Jantung
Perbesar
Ilustrasi Penyakit Jantung. Credit: pexels.com/pixabay

1. Aterosklerosis

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah aterosklerosis. Aterosklerosis adalah macam penyakit jantung berupa pengerasan arteri. Arteri seringkali mengeras karena adanya endapan wabah, racun dan lemak. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan stroke jantung.

2. Bawaan

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah penyakit jantung bawaan. Penyakit jantung bawaan merupakan kelainan bentuk jantung yang terjadi sejak lahir. Kelainan ini bisa terjadi pada dinding jantung, katup jantung, pembuluh darah di dekat jantung, atau kombinasi semua kelainan tersebut (tetralogy of Fallot).

3. Katup

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah penyakit katup jantung. Penyakit katup jantung terjadi ketika katup jantung tidak bisa membuka atau menutup dengan sempurna, sehingga terjadi bendungan atau hambatan pada aliran darah. Akibatnya, aliran darah ke seluruh tubuh akan terganggu. Penderita penyakit ini bisa jadi tidak merasakan gejala apa pun dalam jangka waktu lama.

4. Endokarditis

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah endokarditis. Endokarditis adalah infeksi pada jaringan ikat yang melapisi dinding dan katup jantung. Infeksi ini terjadi ketika kuman dari bagian tubuh lain, seperti mulut dan kulit, masuk ke dinding jantung melalui aliran darah.

Bakteri atau jamur yang menyebabkan macam penyakit jantung endokarditis bisa masuk melalui luka pada tubuh atau luka di mulut, pemasangan kateter, pemakaian jarum yang tidak steril untuk tato atau tindik, dan penggunaan NAPZA suntikan.

5. Tumor

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah tumor jantung. Tumor jantung adalah pertumbuhan jaringan abnormal pada dinding jantung. Tumor dapat bersifat kanker (ganas) atau non-kanker (jinak). Tumor ini dapat tumbuh di dinding otot jantung atau lapisan pelindung jantung (perikardium). Jika ukurannya semakin besar, macam penyakit jantung yang menyerang otot ini bisa mendesak dinding jantung dan menyebabkan jantung sulit memompa darah.

6. Coroner

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah penyakit jantung coroner. Penyakit jantung koroner (PJK) terjadi ketika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke jantung mengeras dan mengalami penyempitan. Kondisi macam penyakit jantung ini dipicu oleh penumpukan kolesterol dan pembekuan darah di dalam arteri (aterosklerosis).

7. Serangan Mendadak

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah serangan jantung. Serangan jantung adalah kondisi darurat yang terjadi saat pasokan darah ke jantung terhambat secara total, sehingga sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Serangan jantung biasanya disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

8. Aritmia

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah aritmia. Aritmia adalah gangguan pada irama jantung. Irama jantung pada penderita aritmia bisa terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan. Aritmia terjadi ketika rangsangan listrik yang mengatur detak jantung terganggu, sehingga jantung tidak bekerja dengan baik.

9. Kardiomiopati

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah kardiomiopati Kardiomiopati merupakan gangguan pada otot jantung. Kondisi ini menyebabkan kelainan pada bentuk dan kekuatan otot jantung (misalnya otot jantung menjadi lebih besar dan kaku), sehingga tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik.

10. Gagal Jantung

Macam penyakit jantung yang sering ditemui adalah gagal jantung. Gagal jantung adalah kondisi jantung yang terlalu lemah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bila berlangsung dalam jangka panjang, gagal jantung dapat memicu komplikasi serius yakni henti jantung, edema paru, gagal hati, dan gagal ginjal.

11. Rematik

Sebuah macam penyakit jantung tertentu dari infeksi bakteri di masa kecil dapat menyebabkan mempengaruhi sendi dan katup jantung. Masalah jantung mulai muncul di usia dewasa. Satu-satunya obat sering penggantian katup jantung dengan bantuan operasi.

12. Trachycardia

Trachycardia pada dasarnya adalah istilah medis untuk macam penyakit jantung berupa peningkatan denyut jantung. Palpitasi dan detak jantung yang tinggi dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti merokok, alkohol dan stres.

13. Bradikardi

Bradikardia adalah istilah medis untuk denyut jantung yang lambat. Macam penyakit jantung ini terjadi ketika otot-otot jantung lelah. Alat pacu jantung yang dipasang di jantung dapat kembali memacu denyut jantung yang melemah.

14. Gangguan Serebrovaskular

Terjadinya hambatan dalam sirkulasi darah dari jantung ke otak, kondisi itu disebut penyakit serebrovaskular. Macam penyakit jantung ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan stroke pada otak.

15. Angina

Angina adalah istilah medis yang menggambarkan macam penyakit jantung berupa rasa sakit dan sesak di sekitar dada. Ini dikarenakan dada Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Kondisi macam penyakit jantung ini paling sering disebabkan oleh penyumbatan kecil di arteri jantung atau koroner.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya