10 Macam-Macam Senam, Simak Manfaat dan Cara Melakukannya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 20 Okt 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 20 Okt 2021, 14:15 WIB
10 Macam-Macam Senam, Simak Manfaat dan Cara Melakukannya
Perbesar
Ilustrasi Senam, Olahraga (Photo created by yanalya on freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui macam-macam senam penting untuk disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Senam adalah satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh. Dalam senam membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik. 

Senam dapat membantu seseorang untuk menjaga kebugaran, menambah kekuatan dan kelenturan, serta meningkatkan daya tahan. Tak hanya itu, jika dilakukan secara rutin, senam bisa membuat tubuh lebih ideal sehingga dapat membuat seorang tampil lebih percaya diri. 

Seiring berkembangnya era yang makin modern, senam mengalami perkembangan cukup pesat, yakni makin banyaknya macam-macam senam. Seperti,  senam artistik, aerobik, lantai, irama, zumba, SKJ atau umum, akrobatik, ritmik sportif, power tumbling, dan trampolin. 

Berikut ini penjelasan dari macam-macam senam lengkap dengan manfaat dan cara melakukannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/10/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Senam Secara Umum

10 Macam-Macam Senam, Simak Manfaat dan Cara Melakukannya
Perbesar
Ilustrasi Senam Lantai Credit: pexels.com/LiSun

Olahraga senam pada dasarnya memiliki segudang manfaat bagi manusia, baik dari sisi kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. Melakukan senam secara teratur akan membuat Anda memetik hasil positif seperti:

1. Menurunkan berat badan.

2. Merawat kulit tetap sehat.

3. Menjaga kekuatan otot dan tulang.

4. Menjaga kelenturan sendi.

5. Meningkatkan stamina.

6. Menurunkan kolesterol.

7. Meningkatkan kelincahan tubuh.

8. Meningkatkan keluwesan tubuh.

9. Menjaga tubuh tetap ideal, sehat, dan bugar.

10. Menyehatkan jantung dan paru-paru.

11. Terhindar dari obesitas dan diabetes.

12. Mengurangi risiko osteoporosis.

Tak hanya itu, senam dengan teratur juga bermanfaat dalam peningkatan jumlah volume darah, melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Macam-macam Senam dan Cara Melakukannya

10 Macam-Macam Senam, Simak Manfaat dan Cara Melakukannya
Perbesar
ilustrasi senam aerobik/unsplash

Berikut ini macam-macam senam lengkap dengan cara melakukannya yang benar, diantaranya:

1. Senam Aerobik

Senam aerobik adalah satu di antara jenis olahraga senam yang memadukan berbagai gerakan yang aktif, kreatif, dan energik. Dalam praktikknya, senam tersebut menggunakan musik dengan irama atau tempo yang cepat. Macam-macam senam ini memiliki gerakan dasar, yaitu kaki melompat-berjalan serta bergerak aktif ke sana ke mari sesuai irama yang dimainkan.

Gerakan dalam senam aerobik bisa terpola atau tidak terpola. Sama sengan senam irama, macam-macam senam ini juga diiringi dengan musik yang memiliki ketentuan ritmis, kesinambungan, dan durasi tertentu. Salah satu hal penting dalam gerakan senam aerobik adalah pengaturan napas yaitu penggunaan oksigen yang tepat dan dilakukan secara cepat. Teknik dasar dalam senam aerobik adalah melakukan gerakan berulang. Durasi senam aerobik adalah 20 sampai 30 menit.

2. Senam Artistik

Senam artistik adalah macam-macam senam yang biasa ada di perlombaan. Dalam senam tersebut gerakannya disusun dari masing-masing alat dan telah ditetapkan sesuai pertandingan berlaku.

Peralatan yang digunakan untuk senam artistik ini ada beberapa macam, yaitu lantai, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, kuda-kuda lompat, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan balok keseimbangan dengan ukuran yang telah ditetapkan. macam senam artistik bisa dilakukan sendiri maupun beregu dan telah memiliki aturan dan penilaiannya sendiri-sendiri.

Senam artistik ini juga merupakan macam-macam senam yang menggabungkan teknik gerakan tumbling dengan keterampilan senam akrobatik. Tumbling adalah salah satu disiplin dalam senam di mana seorang pesenam melakukan rangkaian gerak yang cepat dan eksplosif di satu garis lurus.

3. Senam Irama

Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan menggunakan gerakan bebas yang diiringi alunan musik atau alunan irama. Macam senam tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak. Adapun alat yang digunakan pada senam irama, antara lain holahop, tongkat, tali, bola, dan gada. Gerakan dasar senam ini berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik dan lain sebagainya. Senam irama bisa dilakukan secara perorangan (individu) atau kelompok.

4. Senam Trampolin

Trampolin merupakan macam-macam senam yang mirip dengan senam akrobatik. Bedanya pesenam biasanya akan melakukan akrobat di atas trampolin. Sehingga macam senam ini menciptakan gerakan sambil memantul pada trampolin. Beberapa macam gerakan yang biasa dilakukan saat melakukan senam trempolin di antaranya lompatan sederhana, lipatan atau posisi mengangkang, hingga jungkir balik. Senam trampolin melatih ketangkasan, keberanian, dan menguatkan otot kaki.

5. Senam Akrobatik

Senam akrobatik merupakan macam-macam senam yang dilakukan dengan menampilkan gerakan gerakan ekstrim seperti melakukan putaran di atas, salto, dan gerakan lainnya yang membutuhkan kelenturan serta keseimbangan yang baik. Dalam melakukan senam ini harus melakukan latihan khusus dengan dipandu instruktur yang andal dan sudah profesional di bidangnya.

Manfaat yang diperoleh jika rutin melakukan senam akrobatik adalah membuat tubuh menjadi lebih lentur dari sebelumnya, membuat sistem motorik menjadi lebih kuat, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan ,elatih mental karena dalam melakukan senam ini membutuhkan nyali besar. Hal itu dikarenakan gerakan yang dilakukan cukup ekstrim.

10 Macam-Macam Senam, Simak Manfaat dan Cara Melakukannya
Perbesar
Ilustrasi olahraga senam trampolin. (Photo by Memento Media on Unsplash)

6. Senam Kesegaran Jasmasni atau SKJ

Di mana peserta salah satu macam-macam senam ini akan melakukan berbagai macam gerakan dengan iringan irama musik. Seiring berjalannya waktu, kini banyak komunitas SKJ yang secara aktif setiap beberapa minggu sekali melakukan olahraga ini. Sehingga membuat keberadaan senam semakin eksis dan digemari oleh masyarakat.

7. Senam Zumba

Zumba merupakan salah satu macam-macam senam yang berfungsi membakar kalori secara efektif. Olahraga ini merupakan senam kebugaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing.

Senam zumba memiliki gerakan yang senada dengan irama musik yang mengiringi, serta dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan macam-macam senam dilakukan guna melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung. Pada zumba, fokus utamanya adalah melatih dan meningkatkan kelenturan otot inti tubuh, kaki, serta bokong. Senam zumba termasuk olahraga bersifat aerobik. Setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 4 menit secara teratur dapat disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk berenang, berlari, bersepeda, dan senam zumba.

Melakukan zumba dalam durasi selama satu jam dapat membakar hingga 360-532 kalori. Langkah-langkah yang digunakan cukup sederhana, namun kamu akan lebih sering melakukan gerakan dengan pinggul sehingga seluruh tubuh ikut bergerak. Variasi gerakan zumba biasanya tergolong dalam olahraga ketahanan (resistance). Selain bermanfaat untuk melatih jantung, zumba juga memperkuat otot.

8. Senam Lantai

Senam lantai adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai sesuai dengan namanya. Biasanya senam lantai dilakukan menggunakan alas berupa matras. Macam-macam senam lantai adalah sikap lilin, headstand dan handstand, berguling ke depan (forward roll), berguling ke belakang (back roll), guling lenting (neck spring), kayang, serta loncat harimau.

9. Power Tumbling

Power tumbling atau tumbling adalah pengembangan latihan trampolin yang dipadukan dengan kecepatan dan kemampuan akrobatik. Pertandingan dapat dilakukan secara individu atau tim. Berbeda dengan trampolin biasa, power tumbling menggunakan trampolin kecil yang disusun membentuk sebuah trek lurus sepanjang 25 meter. Pesenam akan melakukan dua kali set, di mana setiap set menunjukkan delapan keterampilan. Untuk melakukan power tumbling dengan baik, pesenam harus memiliki kekuatan, keseimbangan tubuh, koordinasi, dan kesadaran spasial yang luar biasa.

10. Senam Ritmik

Senam ritmik merupakan salah satu macam-macam senam yang memiliki ciri khas memadukan antara tarian dan balet. Komposisi gerakan senam ini biasanya diantarkan melalui lantunan irama musik dan menggunakan beberapa alat bantu, seperti bola, tali, pita, dan gada.

Setiap gerakan pada macam-macam senam ritmik ini dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk semua anggota tubuh. Apabila Anda tertarik dengan jenis senam ini, sebaiknya melakukan latihan yang rutin, sebab gerakan-gerakannya memerlukan keterampilan tingkat tinggi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya