Tepung Maizena adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 20 Okt 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 20 Okt 2021, 11:30 WIB
Tepung Maizena Adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya
Perbesar
Ilustrasi Tepung Maizena Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari jagung. Tepung maizena adalah hasil dari pati yang terkandung dalam jagung. Pati jagung berbeda dengan tepung jagung yang kandungan bahan kimianya masih lengkap.

Pati tersusun paling sedikit oleh tiga komponen utama yaitu amilosa, amilopektin, dan material antara seperti protein dan lemak. Tepung maizena pada umumnya mengandung 74-76% amilopektin dan 24-26% amilosa. Beberapa sifat pati jagung adalah mempunyai rasio yang tidak manis, tidak larut pada air dingin tetap dalam air panas dapat membentuk gel yang bersifat kental sehingga dapat mengatur tekstur dan sifat gelnya.

Tepung maizena sering dijadikan bahan masakan seperti kue, maupun masakan sehari-hari. Tak hanya itu, tepung maizena juga memiliki manfaat lain untuk kehidupan sehari-hari yang bahkan jarang diketahui banyak orang.

Berikut ini penjelasan mengenai tepung maizena dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/10/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Apa Itu Tepung Maizena

Tepung Maizena Adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya
Perbesar
Tepung Maizena.

Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari pati biji jagung. Pati berbeda dengan tepung, tepung mempertahankan kandungan lengkap suatu bahan baku, misalnya saja tepung jagung menggunakan seluruh biji jagung yang dihaluskan.

Sedangkan pati jagung atau tepung maizena adalah tepung pati yang diendapkan dan diambil endapannya atau pastanya. Endapan tersebut kemudian dikeringkan hingga memiliki kadar air yang cukup rendah. Dari prosesnya tepung maizena berbeda dari tepung jagung meski memiliki bahan baku dasar yang sama yaitu jagung. Hal inilah yang nantinya juga mempengaruhi tekstur suatu makanan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kandungan Tepung Maizena

Tepung Maizena Adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya
Perbesar
Tepung maizena. (huffingtonpost.com)

Sebagaimana yang kita ketahui jagung merupakan salah satu buah palawija yang memang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang beragam. Sebut saja Vitamin A, B1, B2, B3 hingga Vitamin C. Selain itu juga mengandung beragam mineral penting bagi tubuh seperti misalnya kalsium, fosfor dan kalium.

Dalam tepung maizena terdapat 27% amilosa dan amilopektin 73%. kadar amilosa yang tinggi ini dapat berpengaruh dalam pembentukan gel yang kuat dan kaku, sedangkan amilopektin sangat bagus untuk mencegah terjadinya granula pecah akibat gelatinisasi. Hebatnya lagi, tepung maizena juga dikenal sebagai tepung yang rendah gula, bebas gluten serta tidak mengandung lemak sehingga aman bagi kesehatan dan bagi yang sedang menjalani program diet.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kegunaan Tepung Maizena

Tepung Maizena Adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya
Perbesar
(foto: boldsky.com)

Berikut ini kegunaan tepung maizena dalam kehidupan sehari-hari yang dibagi menjadi tiga, yaitu kegunaan untuk bahan masakan, untuk kesehatan tubuh, dan kegunaan lain dalam kehidupan sehari-hari. Ini penjelasannya.

Sebagai Bahan Masakan

Berikut ini beberapa kegunaan tepung maizena dalam masakan antara lain:

  1. Bahan campuran dalam pembuatan kue kering, biskuit, dan makanan bayi. Hal ini karena tepung maizena membantu mengikat kandungan air dalam adonan sehingga membuat kue atau biskuit menjadi lebih garing.
  2. Ingin membuat gorengan yang memiliki tekstur garing dan renyah, maka tambahkan saja tepung maizena ke dalam adonan dan lihat hasilnya.
  3. Saat memasak anda pernah menemukan bahan yang bernama 'corn syrup'. Sirup ini bisa dibuat dari tepung maizena. Hadirnya sirup ini dalam resep kue bisa membantu untuk melembutkan dan mengembangkan adonan kue anda.
  4. Sifatnya yang mengikat cairan juga bisa berguna untuk membantu adonan agar lebih mudah dibentuk. Jadi jika anda merasa adonan anda terlalu lembek atau susah untuk dibentuk sesuai selera. Tambahkan saja tepung maizena.
  5. Selain digunakan dalam masakan, tepung ini juga dapat diolah menjadi bioplastik dan bahan anti lengket dalam produk kesehatan.
Tepung Maizena Adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya
Perbesar
Ilustrasi Anemia Credit: pexels.com/Yunalya

Untuk Kesehatan Tubuh

Selain untuk bahan masakan, tepung maizena juga baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini kegunaannya untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Mengatasi Lecet

Kegunaan  tepung maizena yang pertama dapat mengatasi kaki lecet karena menggunakan sepatu baru. Cara menggunakanya sangat mudah, cukup taburi 2 sendok makan tepung maizena di sekitar sepatu bagian tumit, lalu pakailah sepatu seperti biasa.

2. Mencegah Rambut Lepek

Ternyata, tepung maizena juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut lepek. Caranya, masukkan 4 sendok makan tepung maizena dengan beberapa tetes minyak esensial rosemary, aduk rata dan simpan dalam wadah. Aplikasikan pada rambut dan lihat hasilnya, rambut akan lebih bervolume.

3. Masker untuk Wajah Berminyak

Tepung maizena memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Tepung ini bisa dijadikan bahan campuran dalam pembuatan masker wajah. Dalam pembuatan masker tepung maizena, Anda bisa menambahkan bahan–bahan lainnya, seperti madu, perasan air lemon, minyak zaitun atau lainnya. Tepung maizena juga bisa digunakan untuk scrub dalam lulur. Tepung maizena aman digunakan karena tidak mengandung mercury sehingga bisa mengurangi minyak berlebih yang ada pada wajah.

4. Mencegah Anemia

Tepung maizena memiliki kandungan vitamin B dan asam folat yang berguna untuk mencegah anemia. Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

5. Bebas Gluten

Bagi penderita celiac atau sensitif terhadap gluten, tepung maizena bisa menjadi opsi alternatif. Gluten merupakan jenis protein yang banyak ditemukan pada biji-bijian, seperti gandum hitam, atau dalam tepung terigu.

Penderita penyakit ini dapat merasakan gejala ringan hingga berat saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gejala paling umum yang sering dirasakan penderita penyakit celiac adalah diare, kembung, mual, sakit perut, dan sembelit.

Jika terus-menerus mengonsumsi makanan bergluten dalam jangka waktu lama, penderita penyakit celiac berisiko mengalami komplikasi serius, mulai malnutrisi hingga kanker usus halus. Anda bisa memilih tepung maizena sebagai pengganti karbohidrat tinggi gluten lainnya.

6. Membantu Penanganan Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah batas normal. Mengonsumsi tepung maizena mentah dapat memasok tubuh dengan aliran glukosa yang lambat dan stabil sehingga bisa mencegah hipglikemia. Tepung maizena ini juga telah digunakan untuk mengatasi gula darah rendah pada penderita diabetes dan penyakit penyimpanan glikogen.

7. Memperkuat Tulang

Jagung merupakan bahan dasar dalam pembuatan tepung maizena. Tepung maizena memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu tulang kita tetap kuat. Tepung maizena mampu memenuhi kebutuhan zat besi harianmu.

8. Sumber Energi Instan

Kegunaan lain dari tepung maizena adalah bisa memberikan energi instan saat dikonsumsi. Tepung ini memiliki kandungan karbohidrat yang bisa diolah cepat oleh tubuh untuk dijadikan glukosa. Di setiap satu sendok makan tepung maizena terdapat 8 gram karbohidrat. Tepung maizena cocok bagi mereka yang membutuhkan energi dalam jumlah besar. Selain itu, mengonsumsi tepung maizena dapat mengatur fungsi organ tubuh lain, seperti menjaga pernapasan, detak jantung, serta kerja otak tetap optimal.

Tepung Maizena Adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya
Perbesar
Ilustrasi Menyetrika Credit: pexels.com/Rose

Kegunaannya untuk Kehidupan Sehari-hari

Tak hanya sebagai bahan masakan dan baik untuk kesehatan tubuh, namun juga dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari yang lainnya. Berikut ini kegunaan tepung maizena adalah:  

1. Membuat Tampilan Kuteks Jadi Matte

Berikutnya, kegunaan tepung maizena adalah dapat membuat tampilan kuteks jadi matte. Manfaat ini sangat berguna bagi kamu yang bosan dengan kuteks dengan hasil glossy. Campurkan ¼ sendok teh tepung maizena dengan sedikit kuteks favorit kamu. Aplikasikan pada kuku dan lihat hasil akhirnya, yaitu kuteks matte yang cantik.

2. Membersihkan Sisa Minyak Tumpah

Jika anda mengalami minyak goreng yang tumpah di atas meja, jangan langsung membersihkannya dengan kain lap. Sebaiknya taburi tumpahan minyak dengan menggunakan tepung maizena untuk menghilangkan residu. Kemudian, bersihkan menggunakan kain lap kering.

3. Menghilangkan Debu pada Gelas

Tak hanya berguna untuk mencegah rambut lepek, tepung maizena juga berguna untuk menghilangkan debu pada gelas yang disimpan terlalu lama di dalam lemari. Campurkan cuka dan tepung maizena, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Gelas Anda akan terlihat bersih kembali.

4. Menghilangkan Noda Terbakar Setrika

Berikutnya, kegunaan tepung maizena adalah dapat menghilangkan noda terbakar di baju karena setrika. Mungkin anda pernah mengalami baju yang disetrika tak sengaja terbakar karena setrika yang terlalu panas. Coba hilangkan nodanya dengan menggunakan tepung maizena. Caranya basahi baju yang terkena noda setrikaan, lalu taburi dengan tepung maizena. Biarkan mengering dan bersihkan menggunakan sikat lembut.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya