Daftar Daerah yang Masih Berstatus PPKM level 3 Jawa-Bali, Berlaku sampai 1 November

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 19 Okt 2021, 20:40 WIB
Diperbarui 19 Okt 2021, 20:40 WIB
Razia Pelanggar Protokol Kesehatan di Kebayoran Lama
Perbesar
Petugas menghentikan pengendara motor saat Razia Protokol Kesehatan di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Selasa (19/10/2021). Razia PPKM Level 3 kerap dilakukan demi memutus rantai penyebaran covid 19, dengan sanksi denda Rp 100.000 dan sanksi sosial seperti menyapu jalan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta PPKM Jawa-Bali kembali diperpanjang selama dua minggu. Perpanjangan PPKM ini disertai dengan penerapan penyesuaian di tiap level daerah. Mulai 19 Oktober 2021 mendatang, ada 54 kabupaten/kota yang masuk PPKM level 2 dan 9 kabupaten/kota yang masuk level 1.

Pada PPKM periode ini sejumlah daerah memang mengalami penurunan level ke level 2 dan 1. Sejumlah wilayah bahkan dilaporkan mencatatkan nol kematian harian. Namun, ada juga kabupaten/kota yang masih berstatus level 3. 

Daerah-daerah yang masih berstatus level 3 ini masih belum memenuhi kriteria penurunan level yang diberikan pemerintah dan WHO. Tercatat, ada 64 kabupaten/kota di Pulau Jawa yang masih bersatus level 3. Daerah ini berada di Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Berikut daftar daerah yang masih bersatus PPKM level 3 Jawa-Bali, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(19/10/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Daftar daerah yang masih bersatus PPKM level 3 Jawa-Bali

Aturan PPKM
Perbesar
PPKM adalah sebuah peraturan mengenai pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan oleh pemerintah kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Berikut daerah yang masih bersatus PPKM level 3 di Banten dan Jawa Barat:

Banten

- Kota Cilegon

- Kabupaten Tangerang

- Kabupaten Serang

- Kabupaten Pandeglang

- Kabupaten Lebak

- Kota Serang

Jawa Barat

- Kabupaten Kuningan

- Kabupaten Tasikmalaya

- Kabupaten Sukabumi

- Kabupaten Purwakarta

- Kabupaten Majalengka

- Kota Tasikmalaya

- Kabupaten Indramayu

- Kabupaten Cirebon

- Kabupaten Cianjur

- Kabupaten Ciamis

- Kabupaten Bogor

- Kabupaten Bandung

- Kabupaten Subang

- Kabupaten Garut

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Daftar daerah yang masih bersatus PPKM level 3 Jawa-Bali

Pembatasan Perjalanan Kereta Api selama PPKM Darurat
Perbesar
Calon penumpang menunggu jadwal keberangkatan kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (4/7/2021). PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan perjalanan 44 kereta api (KA) selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Berikut daerah yang masih bersatus PPKM level 3 di Jawa Timur:

Jawa Tengah

- Kabupaten Wonosobo

- Kabupaten Temanggung

- Kabupaten Tegal

- Kabupaten Rembang

- Kabupaten Purworejo

- Kabupaten Purbalingga

- Kabupaten Pemalang

- Kabupaten Pati

- Kabupaten Magelang

- Kabupaten Kudus

- Kota Pekalongan

- Kabupaten Kebumen

- Kabupaten Cilacap

- Kabupaten Banjarnegara

- Kabupaten Pekalongan

- Kabupaten Jepara

- Kabupaten Grobogan

- Kabupaten Brebes

- Kabupaten Blora

- Kabupaten Batang

Jawa Timur

- Kabupaten Tulungagung

- Kabupaten Trenggalek

- Kabupaten Situbondo

- Kabupaten Ponorogo

- Kabupaten Pacitan

- Kabupaten Ngawi

- Kabupaten Magetan

- Kabupaten Lumajang

- Kota Probolinggo

- Kabupaten Kediri

- Kabupaten Bondowoso

- Kabupaten Blitar

- Kabupaten Tuban

- Kabupaten Sumenep

- Kabupaten Sampang

- Kabupaten Probolinggo

- Kabupaten Pasuruan

- Kabupaten Pamekasan

- Kabupaten Nganjuk

- Kabupaten Mojokerto

- Kabupaten Malang

- Kabupaten Jember

- Kabupaten Bojonegoro

- Kabupaten Bangkalan

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perubahan kriteria penurunan level

PPKM Darurat, Mal di Jakarta Akan Ditutup
Perbesar
Pengunjung turun menggunakan eskalator di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Jumat (2/7/2021). Penutupan operasional gedung pusat perbelanjaan sebagai langkah pembatasan kegiatan masyarakat dalam upaya Pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah juga mengubah kriteria penurunan level PPKM pada wilayah aglomerasi. Ini karena ada sejumlah kota yang seharusnya bisa turun level, namun tidak bisa turun level karena salah kabupaten/kota aglomerasi lainnya masih belum memenuhi syarat turun level.

Misalnya, kabupaten/kota di Jabodetabek sebenarnya bisa turun level, namun jadi terhambat karena Bogor dan Tanggerang masih belum memenuhi syarat vaksinasi. Maka dari itu, kriteria penurunan level di wilayah aglomerasi diubah menjadi pencapaian tiap kota.

"Berkaca dari kondisi tersebut, atas pesertujuan dari presiden, syarat vaksinasi di kabupaten/kota aglomerasi sudah diubah berdasarkan pencapaian kabupaten/kota itu sendiri." jelas Luhut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jumlah daerah yang turun level

FOTO: Kawasan Wisata Jalan Malioboro Kembali Ramai
Perbesar
Aktivitas masyarakat di kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (10/10/2021). Wisatawan yang berkunjung di kawasan wisata Yogyakarta wajib mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan karena Daerah Istimewa Yogyakarta masih berstatus PPKM level 3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, hanya ada satu wilayah yang masuk ke PPKM level 1, yaitu Blitar. Menurut hasil evaluasi yang disampaikan Luhut, menunjukkan bahwa kota Blitar memiliki hasil yang sangat positif terkait penerapan penurunan level ini.

Mulai 19 Oktober 2021 mendatang, ada 54 kabupaten/kota yang masuk PPKM level 2 dan 9 kabupaten/kota yang masuk level 1.

"Terkait detail keputusan akan dituangkan dalam Inmendagri" terang Luhut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Aturan penyesuaian terbaru PPKM Jawa-Bali

Pembukaan Bioskop di Masa PPKM Level 3
Perbesar
Tanda jarak kursi penonton di dalam bioskop CGV Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (16/9/2021). Pemerintah memberikan kelonggaran dengan memperbolehkan bioskop buka kembali dengan kapasitas penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan telah tervaksinasi COVID-19 lengkap. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tempat bermain anak boleh dibuka

Pada periode PPKM kali ini, tempat bermain anak boleh dibuka untuk kabupaten/kota level 2. Tempat bermain anak ini meliputi mal dan perbelanjaan. Pembukaan ini dengan syarat, tempat bermain anak harus mencatat nomor dan alamat orang tua untuk kebutuhan tracing.

Kapasitas bioskop naik

Kapasitas pengunjung bioskop juga ditambah pada periode ini. Sebelumnya, bioskop memang sudah dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen. Kini kapasitas bioskop ditambah menjadi 75 persen. Aturan ini berlaku pada wilayah kabupaten/kota level 1 dan 2.

Anak boleh masuk bioskop

Selain penambahan kapasitas bioskop, pemerintah juga mulai memperbolehkan anak untuk masuk area bioskop. Diperbolehkannya anak untuk masuk bioskop ini juga berlaku pada wilayah kabupaten/kota level 1 dan 2.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Aturan penyesuaian terbaru PPKM Jawa-Bali

Pemeriksaan STRP Penumpang KRL di Stasiun Bekasi
Perbesar
Calon penumpang KRL menunjukkan surat saat pemeriksaan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Selasa (13/7/2021). KAI Commuter mewajibkan calon penumpang KRL menunjukkan STRP sebagai syarat perjalanan selama masa PPKM Darura. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Anak boleh masuk tempat wisata

Selain bioskop dan tempat bermain, anak juga boleh mulai masuk ke tempat wisata di level 2. Ini berlaku bagi anak di bawah 12 tahun. Proses masuk wisata ini tetap wajib menggunakan Peduli Lindungi dengan pendampingan orang tua.

Wisata air boleh dibuka

Aturan terbaru lainnya adalah pembukaan wisata air. Selama periode PPKM mendatang, wisata air di kabupaten/kota level 2 dan 1 sudah bisa mulai dibuka. Selain itu, menurut keterangan Luhut, uji coba pembukaan tempat wisata di level 3 akan ditambah sesuai dengan izin Kemenparekraf.

Perjalanan sopir logistik

Sopir logistik bisa melakukan perjalanan domestik. Ini dengan syarat telah divaksin dua kali dapat menggunakan tes antigen yang berlaku 14 hari sebagai syarat perjalanan. Selain itu, akan tetap dilakukan random testing pada sopir di titik tertentu.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya