10 Fungsi Air Mawar untuk Wajah, Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini

Oleh Husnul Abdi pada 15 Okt 2021, 12:40 WIB
Diperbarui 15 Okt 2021, 12:40 WIB
air mawar
Perbesar
air mawar (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta Fungsi air mawar untuk wajah dapat kamu gunakan sebagai perawatan kecantikan sehari-hari. Bahkan, sekarang ini sudah banyak produk-produk perawatan kulit yang menggunakan air mawar sebagai bahan utamanya.

Air mawar ini dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.  Berdasarkan hasil dari beberapa riset kesehatan, air mawar mengandung senyawa phenolic, yaitu bahan aktif yang bersifat antioksidan.

Air mawar juga diketahui memiliki efek antibakteri, antiseptik, dan antivirus, serta mampu mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Untuk perawatan wajah, air mawar dapat melembapkan kulit, menghambat penuaan dini, meredakan peradangan, hingga dapat juga mengatasi jerawat pada wajah. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/10/2021) tentang fungsi air mawar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fungsi Air Mawar untuk Wajah

Menghambat pertumbuhan jerawat

Salah satu fungsi air mawar yang sangat penting adalah dapat menghambat pertumbuhan jerawat. Hal ini disebabkan karena air mawar memiliki pH yang sedikit asam, sehingga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Air mawar juga mengandung antiseptik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk merasakan manfaat bunga mawar untuk wajah ini, gunakan air mawar sebagai toner pada pagi dan malam hari, terutama setelah wajah dibersihkan. Caranya, basahi kapas dengan air mawar lalu usapkan ke seluruh bagian wajah.

Mencerahkan kulit wajah

Kamu juga bisa mendapatkan kulit yang cerah dengan fungsi air mawar. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

Mengatasi kemerahan pada kulit

Air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun. Air mawar ini sering digunakan untuk mengurangi kemerahan pada kulit. Fungsi air mawar dapat memperbaiki warna kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit. Sifat anti-inflamasinya bisa mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fungsi Air Mawar untuk Wajah

Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda Credit: pexels.com/pixabay

Sebagai pelembap alami

Fungsi air mawar berikutnya adalah sebagai pelembap alami. Air mawar mengandung pelembap alami serta antioksidan yang dapat mencegah kulit kering. Cara menggunakannya agar kulit tidak kering dan kusam, serta senantiasa terlihat segar adalah dengan menggunakan air mawar sebagai toner atau pembersih wajah alami.

Selain itu, kamu juga bisa menyemprotkan air mawar ke bagian kulit tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki. Jadi, fungsi air mawar ini tidak hanya baik untuk wajah, bahkan juga baik untuk bagian kulit lainnya.

Mengurangi minyak pada wajah

Air mawar mengandung fenil etil alkohol dan tanin, yang merupakan astringen. Astringen adalah zat yang mengecilkan jaringan seperti kulit, menghasilkan efek pengencangan. Astringen bisa digunakan untuk mengurangi minyak di wajah dan mengecilkan pori-pori. Dibandingkan dengan astringen yang lebih kuat, seperti witch hazel, fungsi air mawar ini cenderung tidak menyebabkan kekeringan.

Mencegah penuaan dini

Suatu penelitian menunjukkan bahwa air mawar dapat menghambat penuaan dini dengan cara mengurangi munculnya garis halus dan kerutan di wajah. Fungsi air mawar ini berkaitan dengan kandungan antioksidan dan zat pelembap dalam air mawar. Selain itu, efek antioksidan pada air mawar juga diduga mampu menangkal radikal bebas dan menghambat kerusakan kulit yang dapat membuat kulit lebih cepat tua dan keriput.

Sebagai toner

Air mawar populer digunakan dalam toner untuk meminimalkan munculnya pori-pori. Fungsi air mawar sering digunakan sebagai toner untuk mengurangi bengkak pada mata, menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fungsi Air Mawar untuk Wajah

20150722-Bibir Hitam? Mudah, Ini Tips Memerahkan Bibir dengan Bahan Alami 4
Perbesar
Anda dapat memanfaatkan rendaman dari air mawar untuk memerahkan bibir. Caranya yaitu dengan mengoleskan air mawar yang telah direndam 15-20 menit pada bibir dan setelah mendiamkannya beberapa saat, bilas menggunakan air hangat. (Istimewa)

Meredakan peradangan

Fungsi air mawar untuk wajah juga dapat meredakan peradangan. Ekstrak mawar mengandung polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Kandungan pada air mawar ini diketahui dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga diduga dapat meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea.

Cara menggunakannya, kamu bisa mengoleskan kapas yang sudah dibahasi air mawar pada area kulit yang bermasalah. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini tidak hanya pada kulit wajah saja.

Bantu penyembuhan luka

Air mawar memiliki antiseptik dan sifat antibakteri yayang dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Sifat-sifat ini dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi luka dan luka bakar. Mereka juga dapat membantu luka, luka bakar, dan bahkan bekas luka sembuh lebih cepat.

Cegah infeksi

Fungsi air mawar berikutnya adalah untuk mencegah infeksi. Air mawar memiliki sifat antiseptik yang kuat, yang dapat mencegah dan mengobati infeksi. Oleh karena itu, air mawar sering kali dimasukkan dalam berbagai perawatan alami dan pengobatan masalah kulit.

Pada umumnya air mawar aman digunakan pada kulit wajah. Namun jika kamu memiliki kulit yang sensitif atau alergi terhadap kandungan dalam air mawar, sebaiknya hindari penggunaannya atau berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan air mawar untuk wajah.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya