Sukses

8 Macam Planet dan Cirinya yang Perlu Dipahami, Bagian Penting Tata Surya

Liputan6.com, Jakarta Macam planet dan ciri-cirinya perlu kamu pahami. Pasalnya, planet-planet ini mengelilingi Matahari sebagai pusat Tata Surya. Ada 8 planet di Tata Surya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Planet adalah suatu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Masing-masing planet yang telah disebutkan tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda satu sama lain.

Macam planet merupakan bagian penting di Tata Surya. Planet-planet ini dibagi menjadi dua, yaitu planet dalam dan planet luar. Hal ini berdasarkan kedekatannya dengan Matahari. Merkurius, Venus, Bumi, Mars merupakan planet dalam, sedangkan Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus adalah planet luar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Merdeka dan berbagai sumber lainnya, Senin (27/9/2021) tentang macam planet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam Planet dan Ciri-cirinya

Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Macam planet ini berputar perlahan sekitar dua kali untuk setiap tiga orbit yang dilengkapinya. Permukaan kawahnya dapat mengalami suhu di atas 800 derajat Fahrenheit (426,7 derajat Celsius) karena jaraknya yang dekat dengan matahari. Namun, suhu di sisi yang menghadap jauh dari matahari sangat dingin, yaitu sekitar -279 F (-173 C).

Merkurius dijuluki sebagai Bintang Fajar. Sedikit lebih besar dari bulan, Merkurius adalah planet terkecil di tata surya. Ciri-ciri Merkurius lainnya adalah tidak memiliki bulan, tidak ada cincin, dan atmosfer yang sangat tipis sehingga para ilmuwan mengklasifikasikannya sebagai eksosfer.

Venus

Venus merupakan planet kedua terdekat dengan matahari. Ukurannya sedikit lebih kecil dari Bumi. Macam planet ini memiliki permukaan kawah panas dengan suhu permukaan sekitar 900 derajat F (482 derajat C), produk dari efek rumah kaca yang tak terkendali.

 Meskipun atmosfernya tidak setebal planet manapun di luar angkasa, hal ini merupakan yang paling tebal dari planet-planet terestrial, dan sebagian besar terdiri dari asam sulfat dan karbon dioksida. Kepadatan atmosfernya membuat tekanan udara di permukaan 90 kali dari Bumi. Panas dan tekanan membuat planet ini jelas tidak ramah bagi kehidupan. Venus dijuluki sebagai Bintang Kejora dan tidak memiliki satelit, layaknya Merkurius.

3 dari 5 halaman

Macam Planet dan Ciri-cirinya

Bumi

Bumi menjadi planet ketiga terdekat dari matahari dan planet terestrial terbesar. Macam planet ini juga merupakan satu-satunya planet yang diketahui menampung makhluk hidup dan satu-satunya yang diketahui memiliki air cair di permukaannya.

Atmosfer, yang sebagian besar terbuat dari nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida, sangat penting bagi kemampuan Bumi untuk mendukung kehidupan. Meskipun permukaan bumi sebagian besar terdiri dari air, planet ini juga memiliki daratan besar yang menampung berbagai ekosistem yang menakjubkan. Bumi memiliki 1 satelit alami, yaitu Bulan.

Mars

Para peramal zaman kuno menyebut Mars yang merupakan planet keempat dari matahari sebagai Planet Merah. Warna merah permukaannya berasal dari oksida besi atau karat di tanah. Topografinya dicirikan oleh gunung berapi besar dan lembah yang dalam. Macam planet ini sering mengalami badai angin di seluruh wilayah. Mars juga memiliki 2 satelit alami.

Beberapa fitur permukaan Mars, seperti dasar sungai kering, mengisyaratkan kemungkinan bahwa air sebelumnya ada di planet ini dan mungkin masih mengalir di bawah permukaan. Atmosfer karbon dioksida sangat tipis di Mars, dengan hanya 1/100 tekanan atmosfer Bumi. Planet ini lebih dingin daripada Bumi, dengan suhu permukaan berkisar antara -171 hingga 32 derajat F (-113 hingga 0 derajat C).

4 dari 5 halaman

Macam Planet dan Ciri-cirinya

Jupiter

Lebih jauh dari matahari, melewati cincin asteroid, terletak planet terbesar di tata surya, yaitu Jupiter yang pertama dari planet gas raksasa. Pola awan warna Jupiter yang khas disebabkan oleh badai yang besar dan berputar-putar di atmosfernya, yang terutama terdiri dari hidrogen, helium, metana amonia, dan es air.

Badai terbesar dan paling khas, Bintik Merah Besar, lebih besar dari Bumi. Macam planet ini memiliki 63 bulan dan sistem cincin redup. Jupiter memiliki 75 satelit alami.

Saturnus

Saturnus merupakan planet keenam dari matahari, yang juga merupakan raksasa gas. Macam planet ini identik dengan bentuknya yang mengesankan, karena cincin planet yang luas dan kompleks. Cincin-cincin itu mengorbit planet ini dalam pita tipis setebal satu mil.

Jari-jari Saturnus adalah sekitar 9,5 kali dari Bumi, dan bukannya satu bulan yang remeh, ia menawarkan 62. Bagian dalam Saturnus, seperti Jupiter, sebagian besar terbuat dari hidrogen dan helium. Mendekati inti, tekanan intens mengubah gas menjadi cairan dan akhirnya menjadi bentuk logam yang menghantarkan listrik. Satrunus memiliki 82 satelit alami.

5 dari 5 halaman

Macam Planet dan Ciri-cirinya

Uranus

Sementara jenis planet lain berputar pada porosnya dengan sedikit miring, raksasa es Uranus berputar pada poros yang sejajar dengan orbitnya. Dengan diameter 31.518 mil (50.723 kilometer), planet dingin ini empat kali ukuran Bumi dan terbuat dari atmosfer besar metana dengan inti padat metana beku. Uranus memiliki sistem cincin redup dan 27 bulan di orbitnya. Uranus memiliki 27 satelit alami.

Neptunus

Jenis planet selanjutnya yaitu Neptunus. Planet biru Neptunus merupakan planet yang terjauh dari matahari dan menjadi tempat yang sangat dingin. Suhu permukaannya mencapai -353 F (-214 C). Karena jaraknya dari matahari dan orbitnya yang besar, satu tahun di Neptunus adalah 165 tahun Bumi.

Atmosfernya kebanyakan metana, yang memberi planet ini warna biru. Bagian dalam dingin planet ini adalah es metana. Seperti semua planet luar, Neptunus, seperti Uranus, memiliki diameter kira-kira empat kali Bumi. Tiga belas bulan dan sistem cincin redup mengorbit planet ini. Neptunus memiliki 14 satelit alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini