Sukses

16 Macam Galaksi di Jagat Raya, Lengkap Keterangan Bentuk dan Ukurannya

Liputan6.com, Jakarta NASA Space Place menjelaskan macam galaksi adalah kumpulan besar dari gas, debu, dan milyaran bintang serta tata surya yang semuanya disatukan oleh gravitasi. Galaksi disebut pula ledakan bintang. Ledakan bintang yang indah ini sebenarnya jarang untuk diamati.

Dalam sebuah studi tahun 2016, diperkirakan alam semesta yang dapat diamati berisi sekitar dua triliun galaksi. Beberapa dari galaksi yang jauh itu mirip dengan galaksi tempat tinggal manusia, Milky Way, sedangkan yang lain berbeda. 

Berbagai macam galaksi di jagat raya memiliki lengan melengkung sehingga membuatnya terlihat seperti kincir. Galaksi lain berbentuk halus dan lonjong, yang biasa disebut galaksi elips. Ada juga macam galaksi yang bukan spiral atau oval. Bentuknya tidak beraturan dan tampak seperti gumpalan.

Berikut Liputan6.com ulas tentang macam galaksi di jagat raya dari berbagai sumber, Senin (27/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam Galaksi di Jagat Raya

1. Macam Galaksi Andromeda

Macam galaksi pertama adalah Galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda merupakan galaksi besar dengan garis tengah hampir 200 ribu tahun cahaya. Andromeda sendiri memiliki massa 300 hingga 400 biliun kali masa matahari.

Struktur Galaksi Andromeda cukup mirip dengan Galaksi Bimasakti yakni berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Ukuran macam galaksi Andromeda bisa terlihat seperti bulan dan memiliki ukuran lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi ini berisi 1 triliun bintang dan sangatlah jauh.

2. Macam Galaksi Ursa Mayor

Galaksi Ursa Mayor merupakan macam galaksi berikutnya. Macam galaksi Ursa Mayor ini memiliki jarak hingga 10 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini biasanya sering dikenal dengan nama galaksi beruang besar.

Ursa Mayor sering dikenal oleh nusantara karena terlihat sebagai tujuh bintang terang yang berguna bagi kapal dan juga perahu sebagai patokan saat berlayar di malam hari. Jumlah bintang pada macam galaksi Ursa Mayor ada 6. Galaksi Ursa Mayor bisa dilihat di langit kutub utara.

3. Macam Galaksi Black Eye

Galaksi Black Eye merupakan salah satu macam galaksi yang cukup populer. Galaksi ini memiliki cincin kabut dan berwarna gelap. Cincin kabut tersebut mengelilingi intinya yang cukup terang. Galaksi ini seperti sebuah mata sehingga disebut Black Eye.

Galaksi ini merupakan bentuk galaksi spiral dengan lengannya seperti belalai yang menjulur dari inti yang cukup terang. Jarak macam galaksi Black Eye dari Bimasakti sekitar 17 juta tahun cahaya diambil garis lurus.

4. Macam Galaksi Pusaran Air

Macam galaksi berikutnya adalah galaksi pusaran air. Galaksi Pusaran menjadi target populer para astronom profesional agar bisa dipelajari struktur dan juga memahami lengan spiral yang dihasilkan oleh galaksi atau tata surya ini.

Munculnya radio astronomi juga membantu dengan tegas bahwa adanya macam galaksi Pusaran Air dan galaksi pendamping disekitarnya. Jarak galaksi ini dengan Bimasakti sekitar 14 juta tahun cahaya. Bagian pokok galaksi ini ada bintang yang begitu jelas dan memiliki bentuk tidak teratur.

5. Macam Galaksi Sombrero

Macam galaksi berikutnya adalah Galaksi Sombrero, yang memiliki jarak sekitar 29 juta tahun cahaya dari Bumi. Bentuk galaksi ini spiral.

Lingkaran luar macam galaksi terlihat besar seperti topi sombrero yang merupakan ciri khas masyarakat Meksiko. Susunan galaksi ini terdiri dari awan debu, gas hidrogen yang dingin, dan debu antariksa.

3 dari 4 halaman

Macam Galaksi di Jagat Raya

6. Macam Galaksi Centaurus

Galaksi Centaurus ini memiliki jarak sekitar 11 juta tahun cahaya dari Bumi. Centaurus adalah salah satu radio macam galaksi yang berada dekat Bumi. Galaksi ini hanya terlihat dari lintang utara dan belahan bumi bagian selatan.

7. Macam Galaksi Bimasakti

Macam galaksi berikutnya adalah Galaksi Bimasakti. Galaksi ini merupakan galaksi besar yang ditempati oleh manusia saat ini, dimana bumi terdapat didalamnya. Macam galaksi Bimasakti terdiri dari 400 milyar bintang lebih dengan diameter sekitar 130 ribu tahun cahaya.

Galaksi Bimasakti ditemukan pada 18 Juli 1783 dan juga dikenal sebagai galaksi Milky Way. Galaksi Bima Sakti memiliki berat sekitar 700 miliar hingga 2 triliun kali lebih berat dari Matahari. Macam galaksi ini merupakan salah satu galaksi yang memiliki berbagai benda angkasa di dalamnya dan bergerak dengan sangat teratur.

8. Macam Galaksi Magellan

Macam galaksi berikutnya adalah Galaksi Magellan. Galaksi ini sering juga disebut awan Magellan yang terbagi menjadi awan Magellan kecil dan besar. Ukuran keduanya adalah 14 ribu tahun cahaya serta 7 ribu tahun cahaya. Awan Magellan besar dan kecil memiliki jarak 160.000 tahun cahaya. Macam galaksi Magellan mengorbit pada satelit Galaksi Bima Sakti.

9. Macam Galaksi Roda Biru

Macam galaksi selanjutnya adalah galaksi roda biru. Galaksi Roda Biru memang memiliki nama yang sama dengan bentuk dan warna galaksinya. Galaksi ini memiliki jarak 2 tahun cahaya dengan macam galaksi Bimasakti. Ukuran galaksi ini kecil dengan bentuk spiral.

Galaksi Roda Biru merupakan galaksi kecil yang dekat dengan bumi, sehingga bintang anggota macam galaksi ini memang mudah dilihat dengan menggunakan binokuler dan teropong khusus untuk bintang.

10. Macam Galaksi Dolar Perak

Galaksi Dolar Perak sebagai salah satu macam galaksi memiliki bentuk spiral dengan jarak 13 juta tahun cahaya. Dengan jarak cukup jauh dari Bumi, galaksi ini tidak terlalu terlihat.

11. Macam Galaksi Smiley

Galaxy SDSS J1038 + 4849, juga dikenal sebagai macam galaksi Smiley. Seperti gambar yang nampak di atas, galaksi ini memiliki bentuk bak emotikon wajah tersenyum lengkap dengan bibir melengkung, mata, serta hidung. Kemudian, ada garis tipis yang mengelilingi galaksi tersebut, disebut dengan Einstein Ring.

4 dari 4 halaman

Macam Galaksi di Jagat Raya

12. Macam Galaksi MACS J0717

Macam galaksi MACS J0717 adalah merupakan contoh dari bentuk apabila empat galaksi sekaligus bertabrakan. Terdapat campuran materi gelap, gas, dan galaksi yang abstrak namun indah membentang selama lebih dari 13 juta tahun cahaya. Benar-benar menjadi pemandangan yang menakjubkan.

13. Macam Galaksi NGC 7674

Berbeda dengan beberapa macam galaksi lain yang hanya memiliki satu pusat saja, namun Galaksi NGC 7674 nampak memiliki dua. Meskipun tidak terlalu langka, namun jelas macam galaksi ini bukanlah hal yang dapat dilihat oleh para astronom setiap harinya. Ini mungkin terjadi akibat dua galaksi bertabrakan menjadi satu

14. Macam Galaksi Kincir Selatan

Galaksi Messier 83 atau yang dikenal sebagai macam galaksi Kincir Selatan memiliki bentuk yang cukup unik. Ia memiliki inti ganda yang tampak aneh, tapi itu bukanlah bagian yang paling aneh. M83 adalah supersight untuk supernova.

15. Macam Galaksi Cartwheel

Macam galaksi yang selanjutnya adalah Certwheel. Menyerupai roda gerobak yang sangat besar, macam galaksi Cartwheel diperkirakan berukuran 150.000 tahun cahaya. Galaksi ini memiliki pusat terang dengan "jeruji" debu dan gas tipis yang memancar ke luar ke arah cincin bintang di sekitarnya, yang berukuran sekitar satu setengah kali ukuran Bima Sakti.

Galaksi Cartwheel terletak 500 juta tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Sculptor. Bentuk Cartwheel yang tidak biasa disebabkan oleh tabrakan kosmik secara langsung pada jutaan tahun yang lalu. Awalnya galaksi ini berbentuk spiral besar, tetapi galaksi yang lebih kecil melubangi pusatnya, mengacaukan bintang-bintang di dalamnya seperti batu yang jatuh ke air, sehingga menyebabkan riak yang menyebar ke luar.

16. Macam Galaksi Sunflower

Macam galaksi yang terakhir adalah Sunflower. Galaksi dengan nama yang indah ini juga biasa disebut Galaksi Messier 63 (M63).

Galaksi ini adalah entri ke-63 dalam katalog benda langit yang dibuat oleh astronom Prancis, Charles Messier, yang diterbitkan pada tahun 1781. Diberi nama yang seperti bunga karena spiral yang rapat di banyak lengannya, yang mengingatkan kita pada pola bunga matahari.

Sunflower berjarak sekitar 27 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Canes Venatici, dan merupakan bagian dari M51 Group, kumpulan galaksi yang juga muncul di katalog Messier. Cahaya terang yang menerangi galaksi ini dihasilkan dari bintang raksasa biru-putih yang baru terbentuk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini