Sukses

25 Jenis Usaha yang Menjanjikan dan Pasti Untung, Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Memiliki penghasilan tidak harus menjadi pegawai. Ada banyak jenis usaha yang menjanjikan dan pasti menguntungkan. Memulai bisnis kecil-kecilan dengan modal kecil atau tanpa modal sama sekali, memanfaatkan keterampilan, mengandalkan internet, dan masih banyak lagi.

Jenis usaha yang menjanjikan ini sangat cocok digeluti oleh anak-anak muda. Untungnya dari kegiatan wirausaha pun bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai memenuhi kebutuhan gaya hidup loh. Penasaran bagaimana memulai jenis usaha yang menjanjikan dan pasti menguntungkan?

Mudah banget, paling penting kumpulkan niat yang sungguh-sungguh. Pengusaha sukses harus tahan banting dengan untung rugi di masa-masa awal membuka berbagai jenis usaha. Berikut Liputan6.com ulas berbagai jenis usaha yang menjanjikan dan pasti menguntungkan dari berbagai sumber, Senin (27/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Usaha yang Menjanjikan dan Pasti Untung

1. Wedding Organizer

Menjadi wedding organizer merupakan jenis usaha yang menjanjikan yang hanya modal kreativitas. Untuk menjalankan wedding organizer, Anda tidak perlu susah payah mencari sponsor agar mendapatkan uang yang digunakan menyewa vendor.

Sumber keuangan utama acara pernikahan berasal dari calon pengantin itu sendiri. Bisa dikatakan, Anda sama sekali tidak perlu mengeluarkan uang dan hanya bermodal pengetahuan dalam menjalankan sebuah acara pernikahan.

2. Dropshipper

Satu lagi macam usaha yang tidak boleh Anda lewatkan kesempatannya begitu saja, yaitu usaha dropship. Melalui usaha ini Anda bahkan tidak membutuhkan modal yang besar, cocok dijadikan jenis usaha yang menjanjikan dengan cepat dan aman. Pengiriman barang bisa dilakukan secara langsung dari produsen atau vendor ke pelanggan langsung tanpa perantara. Artinya, Anda tidak perlu susah payah untuk menyediakan stok atau mengirimkannya ke pelanggan.

3. Menjual Foto atau Video Online

Anda bisa menjual karya foto Anda sebagai jenis usaha yang menjanjikan ketimbang hasil bidikan Anda hanya tersimpan di ponsel atau laptop.

Anda dapat memajang dan jual karya Anda pada bermacam basis penyuplai foto, seperti Fotolia, Shutterstock, Dreamstime, iStockphoto, FreeDigitalPhotos, dan lain-lain.

Biasanya, keuntungan jenis usaha yang menjanjikan dari internet yang akan Anda peroleh berbentuk komisi dari tiap foto yang diunduh atau dibeli orang. Besar komisi bervariatif, dimulai dari 20-45 persen dari harga jual.

4. Media Sosial Influencer

Modal jenis usaha yang menjanjikan dengan cepat yang dibutuhkan seorang media social influencer hanya handphone dan akun sosial media seperti Instagram. Secara sederhana, seorang media social influencer cukup mempromosikan produk orang lain di profil media sosial yang ia miliki. Setiap promosi tersebut memungkinkan dirinya mendapatkan uang dari pemilik produk. 

5. Jasa Titip

Saat ini, beberapa orang yang tertarik membeli barang di marketplace atau toko online dari negara lain seperti Amazon, eBay, IndieGogo, dan lain-lain. Namun, banyak calon konsumen gagal untuk membeli karena tidak mempunyai kartu kredit atau account PayPal.

Nah, untuk Anda yang mempunyai kartu kredit atau account PayPal, ini bisa saja kesempatan emas untuk mengantongi untung. Anda dapat menawarkan layanan titip pembelian barang dari situs-situs tersebut dengan menempatkan biaya layanan pembelian sejumlah 5-15 persen dari harga barang sebagai jenis usaha yang menjanjikan dengan cepat.

6. Cuci Sepatu

Jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung ini wajib dicoba. Anak muda sekarang lebih menyukai mencucikan sepatu daripada mencucinya sendiri. Sebab, tempat khusus mencuci sepatu bisa lebih jeli merawatkan sepatunya. Namun, terkadang ada juga yang merasa tidak sempat mencuci sepatu sendiri apalagi saat musim hujan tiba.

7. Laundry

Laundry termasuk jenis usaha yang menjanjikan. Bisnis ini sangat menguntungkan jika dibuka di tengah kota. Jenis usaha ini bisa bertahan lama karena keperluan mengurus pakaian terkadang lebih sulit bagi para pekerja. Sebab, di kota besar akan lebih banyak perantau yang bekerja daripada ibu rumah tangga biasa.

8. Pom Mini

Pom Mini atau Pompa Bensin Mini  juga termasuk jenis usaha yang menjanjikan. Apalagi jika usaha ini dibuka tepat di daerah yang jauh dari pom bensin besar. Jika dibandingan dengan menjual menggunakan botol atau jeriken, pom mini lebih aman karena takarannya pas. Pastikan juga tidak meningkatkan harga per liter dari bensin terlalu tinggi. Gunakan harga yang cukup standard dengan margin keuntungan yang masuk akal.

3 dari 4 halaman

Jenis Usaha yang Menjanjikan dan Pasti Untung

9. Melakukan Investasi Reksadana

Jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung adalah dengan investasi reksadana. Bila kamu masih agak ragu dan masih belum percaya diri dengan pengetahuanmu tentang saham atau forex, kamu juga bisa berinvestasi di reksadana.

Reksadana merupakan investasi online yang paling cepat memunculkan returns bagimu. Kamu bisa balik modal dengan cepat, namun jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung ini bila ada kerugian pada perusahaan, maka uangmu pun juga bisa berkurang.

10. Trading Saham

Jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung adalah trading saham. Cara ini mungkin adalah jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung yang paling wajar dilakukan sebagai dan mudah.

Untuk melakukan trading saham ini, kamu wajib belajar dan memiliki pengetahuan yang mendalam dulu agar tidak merugi nantinya. Bila kamu tidak mengerti, trading saham tidak akan bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang selama ini kamu impikan.

11. Mengandalkan YouTube

YouTube tentunya tidak kalah booming dengan Instagram sebagai jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung. Bahkan sekarang anak sekolah pun banyak juga yang bercita-cita jadi YouTuber.

Jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung dengan YouTube adalah membuat konten video yang menarik dan mengunggahnya di kanal YouTube, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit.

Ini termasuk salah satu bisnis online tanpa modal besar. Kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan besar, meskipun hanya bermodal kamera smartphone dan koneksi internet.

Semakin banyak yang tertarik dengan video kamu, kesempatan mendapatkan penghasilan akan semakin besar.

12. Warung Kopi Malam Hari

Membuka warung kopi di malam hari termasuk jenis usaha modal kecil untung besar dalam bidang kuliner. Warung kopi yang buka di malam hari akan lebih banyak diminati anak muda. Apalagi jika desain ruang nyaman, tersedia koneksi internet, dan bisa untuk nongkrong berlama-lama. Tempat seperti ini lebih banyak diminati mahasiswa yang hendak mengerjakan tugasnya.

 13. Membuka Toko Online

Jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung satu ini makin booming karena mudahnya orang berbelalanja. Sebuah tokoh virtual di mana pembeli bisa membeli produk yang dijual di toko online menjadi pilihan bagi banyak orang.

Sudah mulai banyak pebisnis yang memiliki toko online-nya sendiri, baik itu menjual produk sendiri ataupun menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropship. Dalam hal ini, kamu harus mencari penyedia barang yang kompeten, dan bisa dipercaya.

Disarankan, kamu bisa menjual barang-barang sendiri. Untungnya pun lebih banyak dan kamu bisa mengatur perputaran uang dan produk. Jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung yang satu ini cukup menjanjikan.

14. Melakukan Afiliasi

Jika ada yang belum tahu, afiliasi merupakan program penawaran produk atau jasa orang lain namun jika konsumen membeli barang melalui link Anda, maka Anda juga akan mendapatkan uang. Ini merupakan jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung yang mudah di tahun 2018.

Lantas bagaimana cara kerjanya? Anda hanya tinggal membuat situs wen atau blog, bahkan bisa juga media sosial atau buletin email atau apa pun. Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan salah satu dari media tersebut atau mengombinasikannya untuk mendapatkan pemasaran.

Anda dapat memilih ceruk pasar afiliasi yang besar, dan punya banyak calon pelanggan. Perhatikan pula tren yang sedang ramai di sebuah situs, misalnya Amazon.

15. Survei Berbayar

Terkadang ada sebuah perusahaan yang sangat membutuhkan opini tentang suatu produk yang mereka hasilkan. Maka dari itu, sejumlah perusahaan ada yang menyediakan survei berbayar pada website yang mereka miliki. Ini jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung.

Di dalam survei yang Anda lakukan itu nantinya Anda akan mendapatkan poin dan di tiap survei biasanya mendapatkan poin yang berbeda. Setelah poin tersebut menunjukkan angka tertentu maka Anda bisa menukarnya dengan kebijakan dari website itu sendiri. Biasanya poin tersebut bisa Anda tukar dengan voucher belanja, uang tunai, dan pulsa.

16. Jual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa elektrik adalah jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung. Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan kebutuhan telepon serta internet.

Menjual pulsa elektrik hanya perlu menggunakan modal satu juta rupiah.  Waktu yang diperlukan untuk menjual pulsa juga cukup fleksibel. Hanya perlu melakukan deposito pulsa sesuai nominal modal. Pulsa elektrik juga tidak akan kadaluwarsa. Meski harus terjual lebih lama, penjual tidak akan mengalami kerugian.

17. Potong Rambut Delivery

Jika kamu memiliki keterampilan memotong rambut, maka kamu harus mencoba untuk membuat bisnis potong rambut delivery ini. Maksudnya? Kamu cukup menyiapkan alat cukur lengkap, lalu kamu bisa membuat iklan di sosial media. Ini jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung. Selanjutnya, jika ada konsumen yang ingin potong rambut, kamu hanya perlu menuju ke tempat tinggalnya.

4 dari 4 halaman

Jenis Usaha yang Menjanjikan dan Pasti Untung

18. Bisnis Kaos Pre-Order

Mengapa harus pre-order? Sebab metode jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung ini akan membantumu untuk tidak mengeluarkan biaya produksi kaos. Selain itu, kamu juga bisa mendapat kepastian mengenai siapa yang akan membeli produk kaos milikmu. Apalagi jika kamu memiliki ketrampilan dalam bidang desain, maka kamu tidak perlu menyewa tukang desain untuk produk kaos milikmu.

19. Jasa Pembuatan Bucket Bunga

Bisnis ini cukup unik namun menguntungkan, cocok dijadikan jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung. Kamu bisa membuka jasa pembuatan bucket bunga yang biasa digunakan ketika wisuda. Selain momen wisuda, bucket bunga ini bisa dijadikan kado ketika momen lain seperti ulang tahun.

20. Aksesori Handmade

Masih usaha yang berasal dari hobi, jenis usaha yang menjanjikan ini cocok jika kamu memiliki hobi untuk membuat aksesori seperti kalung, gelang, dan lain sebagainya. Bisnis ini cenderung menggunakan modal yang murah dan hanya membutuhkan modal utama yaitu untuk membeli bahan baku pembuatan aksesori.

21. Freelancer

Jika Anda doyan menggunakan sosial media, jangan sampai ketinggalan untuk memiliki akun di Linkedin. Mengapa demikian?

Sudah waktunya Anda membangun relasi dan profil profesional. Mempromosikan skill Anda di LinkedIn adalah langkah bijak untuk mengembangkan sayap di dunia luar. Bukan tidak mungkin ada yang tertarik untuk merekrut Anda sebagai freelance yang kerja di rumah hanya bermodal smartphone jika memiliki skill menarik di akun LinkedIn Anda.

Salah satu jasa freelance yang bisa dilakukan dengan smartphone adalah menjadi penulis, seperti menjadi kontributor penulis yang menjual artikel per tulisan. Dan masih banyak jasa lainnya.

22. Manfaatkan Instagram

Jenis usaha yang menjanjikan yang paling dekat dengan anak muda zaman sekarang, yaitu Instagram. Memiliki pengguna yang sangat banyak membuat Instagram menjadi salah satu tempat untuk menghasilkan uang yang paling manjur.

Jenis usaha yang menjanjikan dengan Instagram ini adalah dengan adanya sponsorship dan endorsement. Syaratnya kamu harus memiliki banyak followers dan likes.

Saat kamu sudah terkenal, orang-orang yang ingin mengiklankan produk mereka di Instagram kamu akan berdatangan. Berbagai macam iklan bisa kamu dapatkan, karena banyak juga perusahaan-perusahaan yang memiliki akun Instagram resminya.

Selain itu, kamu juga bisa praktik jenis usaha yang menjanjikan dengan membuat usaha sendiri. Apalagi bila followers akun Instagram kamu sudah banyak, tidak akan susah lagi untuk mempromosikan produk yang kamu jual.

23. Program Periklanan Website

Jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung dari internet bisa kamu lakukan dengan program periklanan di website atau blog. Kalau kamu pernah mengunjungi blog, pasti kamu menemukan space iklan di blog atau website.

Blog atau website dapat didaftarkan dalam program Google Adsense, yaitu program pengiklanan yang dimiliki oleh Google. Dengan begitu publisher bisa mendapatkan penghasilan dari klik iklan Goodle Adsense yang ada di blog mereka. Program ini disebut dengan Pay Per Click (PPC), di mana publisher akan dibayar setiap klik yang dilakukan oleh visitor website atau blog tersebut.

Biaya per klik iklan tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser (pengiklan) dengan sistem bid. Selain Google Adsense, ada banyak perusahaan lain yang menawarkan kesempatan kepada para publisher unutk mendapatkan penghasilan dari situs mereka.

24. Menjual Desain

Sama halnya jasa menulis artikel, bagi Anda yang mempunyai keahlian desain bisa manfaatkan kemampuan itu sebagai jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung. Anda dapat menawarkan jasa atau hasil karya di situs jual beli desain semacam Freepic dan Shutterstock.

Jika Anda ahli di bidang ini, ada baiknya bergabung ke grup-grup desain yang ada di Facebook, Channel Telegram atau di platform lain supaya sasaran pasar Anda makin luas dan jenis usaha yang menjanjikan lebih maksimal.

25. Menulis artikel SEO

Jenis usaha yang menjanjikan yang satu ini pas buat Anda yang menyukai menulis dan memiliki kekuatan menulis yang bagus. Biaya layanan penulisan artikel bervariasi, tergantung beberapa faktor, seperti jumlah kata dan tingkat kesusahan topik.

Tingkatan biaya layanan penulisan sebuah artikel SEO dimulai dari Rp20 per kata sampai Rp150 ribu per artikel untuk penulis pemula. Pengalaman dan portofolio yang Anda miliki dapat menaikkan harga jual jasa jenis usaha yang menjanjikan dan pasti untung ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.