22 Wisata Ambarawa Semarang, Seru untuk Rekreasi Keluarga

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 25 Sep 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2021, 15:00 WIB
Damai Kami di Rawa Pening
Perbesar
Tenggelam di hutan eceng gondok adalah hal biasa bagi warga Rawa Pening. (foto: Liputan6.com/edhie prayitno ige)

Liputan6.com, Jakarta Wisata Ambarawa biasa jadi ide destinasi di Semarang. Ambarawa merupakan sebuah kota kecamatan di Kabupaten Semarang. Dulu Ambarawa merupakan ibu kota kabupaten Semarang, sebelum pindah ke Ungaran.

Ambarawa termasuk kota bersejarah di Jawa Tengah. Ini membuat wisata Ambarawa kental dengan nuansa sejarah. Di wisata Ambarawa terdapat stasiun kereta api yang memiliki koleksi kereta api kuno bersejarah. Ada juga museum dan benteng peninggalan Belanda.

Selain sejarah, wisata Ambarawa begitu spesial dengan kehadiran Rawa Pening. Wisata Ambarawa berupa danau alami ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Selain itu, ada sejumlah wisata Ambarawa lainnya yang bisa dinikmati dengan suasana alam pegunungan yang sejuk.

Berikut wisata Ambarawa Semarang yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (25/9/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Ambarawa Semarang

sidomuncul
Perbesar
Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat menunjukkan area Rawa pening yang tertutup eceng gondok. (foto : Liputan6.com/edhie prayitno ige)

Rawa Pening

Rawa Pening merupakan sebuah danau alami yang merupakan cekungan terendah di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Danau ini berada di 4 kecamatan yakni Bawen, Tuntang, Ambarawa dan Banyubiru. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan 3 gunung sekaligus. Wisata Ambarawa Semarang ini menawarkan birunya air danau dengan dihiasi tanaman enceng gondok di setiap sudutnya.

Kampoeng Rawa

Masih di kawasan Rawa Pening, Kampoeng Rawa menawarkan pengalaman makan di atas danau Rawa Pening. Kampoeng Rawa adalah obyek wisata yang dikelola oleh 12 kelompok tani dan nelayan di Desa Bejalen dan Kelurahan Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Fasilitas yang ada di Kampoeng Rawa ini juga cukup banyak. Terdapat restoran apung, pusat kerajinan serta tempat pemancingan.

Eling Bening

Wisata Ambarawa Eling Bening dikenal dengan konsep tempatnya yang modern berpadu dengan keindahan alam. Di sini terdapat berbagai spot foto yang mendukung konten-konten instagramable hits. Wisata Ambarawa Eling Bening berlokasi di Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Semarang.

Jembatan Biru Rawa Pening

Jembatan Biru Rawa Pening atau Jembatan Biru Sumurup merupakan spot wisata Ambarawa yang ada di Rawa Pening. Lokasinya berada di Desa Sumurup, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Sesuai namanya, jembatan di lokasi ini didominiasi warna biru. Dari jembatan ini kamu bisa menikmati luasnya danau Rawa Pening.

Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta adalah sebuah kawasan wisata Ambawarawa perbukitan yang terletak di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru, Semarang. Bukit Cinta merupakan bukit kecil yang terletak di pinggir Danau Rawapening.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Ambarawa Semarang

Ganjar Pranowo
Perbesar
Ganjar Pranowo menaiki kereta api uap di Ambarawa, Sabtu (26/9/2020).

Museum Kereta Api Ambarawa

Salah wisata Ambarawa yang paling terkenal adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Museum Kereta Api Ambarawa terletak sekitar 5 km dari Eling Bening. Di dalam museum kereta api ini, pengunjung dapat melihat-lihat koleksi lokomotif kereta api dan juga peralatan komunikasinya yang masih sangat kuno. Di sini kamu bisa menaiki langsung kereta dengan rute Ambarawa – Bedono serta Ambarawa – Tuntang.

Monumen Palagan Ambarawa

Selain museum kereta, kamu juga bisa mengunjungi Monumen Palagan Ambarawa. Monumen ini merupakan tempat untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa yang berlangsung 12 Desember – 15 Desember 1945. Di sini terdapat koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang. Ada pula pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

Museum Isdiman

Museum Isdiman Palagan Ambarawa adalah sebuah museum yang berada di Panjang Lor, Desa Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. wisata Ambarawa ini khusus memberikan penjelasan tentang pertempuran Ambarawa. Nama museum diambil dari nama salah satu pejuang yang gugur dalam pertempuran, yaitu Isdiman.

Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa atau juga disebut dengan Benteng Fort Willem I merupakan bangunan bersejarah di Ambarawa, Semarang. Dinamakan Benteng Pendem karena awalnya benteng ini didesain berada di bawah tanah atau terkubur, sebagai siasat perang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Ambarawa Semarang

Seruput Kopi Seraya Nikmati Panorama Rawa Pening dan 7 Gunung dari Tengah Kebun
Perbesar
Kampoeng Kopi Banaran dengan panoramanya yang indah. (dok. Instagram @banaran_skyview/ https://www.instagram.com/p/CMgVE4oHP_2/?igshid=10aggpvdja1id / Melia Setiawati)

Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua Maria Kerep Ambarawa merupakan tempat doa dan ziarah yang terletak di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Panjang, Ambarawa. Dari tempat ini dapat terlihat pemandangan Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Danau Rawa Pening. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah umat Katholik, Gua Maria Kerep ini juga dapat menjadi destinasi menarik untuk umum.

Kampoeng Kopi Banaran

Wisata Ambarawa ini merupakan lokasi wisata untuk menikmati aneka jenis kopi dan kuliner lain khas Ambarawa dan daerah di sekitarnya. Konsepnya sangat unik dan menarik. Jika berkunjung kesini, kita bisa merasakan nikmatnya kopi dan sejuknya pemandangan.

Pasar Kriya

Pasar Kriya berada di jl Fatmawati no.163, Desa Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang. Pasar ini bisa disinggahi setelah puas menjelajah berbagai destinasi wisata Ambarawa. Di sini terdapat berbagai macam hasil karya mulai dari batik, kerajinan anyaman bambu, anyaman eceng gondok, berbagai kerajinan bunga, kerajinan dari kuningan, dan banyak lagi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Ambarawa Semarang

Wisata Candi Gedong Songo
Perbesar
Candi Gedong Songo terlihat di lereng Gunung Ungaran, Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/12). Candi Gedong Songo ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1904. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berada di desa Candi, kecamatan Bandungan yang berjarak 9 Km dari Kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran. Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke-8 (tahun 927 Masehi). Tempat wisata Ambawarawa ini menawarkan wisata sejarah yang sejuk dan tenang.

Candi Ngempon

Candi Ngempon atau Candi Mucnul merupakan candi bercorak Hindu yang Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Candi Ngempon terdiri atas sembilan candi, tetapi hanya empat saja yang telah direkonstruksi. Tidak jauh dari lokasi Candi Ngempon terdapat sebuah petirtaan kuno yang juga sedang dalam tahap rekonstruksi.

Candi Dukuh

Candi Dukuh berada di Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Candi Dukuh ini dikenal juga sebagai Candi Brawijaya karena diduga pada zaman dahulu candi ini merupakan sebuah tempat yang digunakan Raja Majapahit yaitu Brawijaya untuk melakukan pertapaan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Ambarawa Semarang

Taman Bunga Celosia
Perbesar
Taman Bunga Celosia (Sumber: iStockphoto)

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia merupakan wisata Ambarawa yang sangat populer. Taman Bunga Celosia berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo, tepatnya di Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Taman bunga celosia merupakan satu tempat wisata baru di Bandungan, Semarang. Tak hanya menawarkan hamparan bungan Celosia, tempat ini juga memiliki replika landmark terkenal dari berbagai negara.

Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo merupakan wisata Ambarawa dengan beragam spot kekinian. Lokasi wisata Bandungan berada sangat dekat dengan Candi Gedong Songo. Di sini terdapat kurang lebih 35 spot kekinian yang cocok digunakan untuk berfoto Instagramable.

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park merupakan taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah. Taman rekreasi ini termasuk wisata tematik andalan di Semarang. Nama Saloka terinspirasi dari tokoh legenda rakyat Rawa Pening, yaitu Ki Hajar Salokantara yang memiliki anak bernama Baru Klinthing.

Goa Rong

Ambarawa termasuk dataran tinggi yang sudah pasti memiliki banyak perbukitan dan menyajikan pemandangan indah. Salah satu cara untuk menikmati pemandangan Ambarawa adalah dengan berkunjung ke Goa Rong. Tempat ini ada di puncak bukit, dari atas sini, pemandangan kota Ambarawa, termasuk hutan-hutan hijaunya bisa terlihat dengan jelas.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Ambarawa Semarang

Wisata Alam Madiun
Perbesar
Ilustrasi pegunungan (sumber: Pixabay)

Kelinci Garden

Objek wisata taman kelinci Semarang merupakan tempat rekreasi fokus dalam kegiatan sport outbound. Wisata Ambarawa ini dikemas dengan tema edutaiment yang cocok untuk rekereasi keluarga maupun kelompok besar.

Langen Tirta Muncul

Langen Tirta Muncul berlokasi di Jl. Raya Muncul, Ambarawa-Salatiga, Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Semarang. Di wisata Ambarawa ini terdapat taman bermain anak, kolam renang, kolam pemancingan, dan kebun binatang mini dengan beberapa koleksi binatangnya.

Lereng Kelir

Lereng Kelir berada di Dusun Gertas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Dari tempat ini kamu bisa menikmati suasan pegunungan yang hijau dan sejuk. Gardu pandang Lereng Kelir dibangun di atas bukit di ketinggian 1300 Mdpl.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya