Sukses

Ini 5 Kebiasaan yang Membuat Dompet Jebol Saat Gajian

Kebiasaan buruk bisa berdampak pada siklus kehidupan. Apalagi saat gajian, beberapa orang merasa boros ketika momen itu tiba. Hal itu dikarenakan kebiasaan buruk yang tak bisa diatasi.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan buruk bisa berdampak pada siklus kehidupan. Apalagi saat gajian, beberapa orang merasa boros ketika momen itu tiba. Hal itu dikarenakan kebiasaan buruk yang tak bisa diatasi.

Alangkah baik, uang saat gajian digunakan seperlunya dan menyisihkan untuk menabung atau investasi. Dilansir liputan6, berikut kebiasaan buruk yang bisa dihindari saat gajian.

Belanja Online

Belanja online bukanlah kebiasaan buruk jika membeli kebutuhan bukan keinginan. Biasanya, beberapa orang belanja online untuk membeli produk yang diinginkan. Sebagai contoh, banyak yang suka membeli pakaian namun, kebutuhan untuk mandi malah tidak dibeli. Hal itulah yang kerap membuat kantung jebol dan pemborosan. Maka dari itu, lebih baik membeli barang sesuai dengan kebutuhan saja.

Main Game Online

Kemajuan teknologi membuat seseorang bisa menikmati kemudahan hanya dengan smartphone, main game misalnya. ini makin banyak orang yang meluangkan waktu untuk main game, bahkan tak segan membeli sejumlah perangkat game demi memuaskan hobi mereka. Inilah salah satu kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan.

Jangan sampai terjebak gaya hidup online tak terkendali, apalagi ada dua beban yang harus dibayar yaitu biaya internet dan biaya tambahan (langganan situs dan game). Meski hiburan ini menyenangkan, namun tak boleh sampai terbawa arus negatif.

Sering Hangout

Gaya hidup boros lainnya adalah dengan sering nongkrong di cafe. Kebiasaan minum kopi atau teh bersama teman, bisa menjadi faktor pemborosan seseorang. Jika dilakukan sering, hal itu bisa menjadi kebiasaan mahal yang susah di berhentikan.

Pembayaran Bunga Kartu Kredit

Jika Anda tidak melunasi saldo kartu kredit Anda setiap bulan, Anda membayar lebih untuk pembelian selanjutnya yang nantinya akan semakin membebankan pembayaran bunga kartu kredit Anda.

Maka Buatlah rencana untuk mulai membayar hutang kartu kredit, secara bertahap agar diakhir Anda tidak kaget dengan bunga kartu kredit yang harus dibayarkan.

Sering Beli Makan di Luar

Makan di luar atau memesan makanan dari luar membuat anggaran Anda terkuras, semakin sering Anda makan di café atau restoran secara tidak langsung Anda akan ketergantungan, dan terus-menerus menginginkan makanan restoran. Saatnya Anda memikirkan dan merubah kebiasaan Anda, dengan memasak di rumah. Biasanya lebih hemat biaya daripada makan di luar.

Agar tidak terjadi pemborosan akibat kebiasan buruk usai gajian, kamu perlu menggunakan aplikasi yang bisa mengatur alur keuanganmu. Dari situ, kamu bisa mencermati pengeluaran yang bisa dipangkas agar uangnya bisa ditabung.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.