Ciri Kolesterol Tinggi di Mata yang Harus Diwaspadai, Segera Kenali

Oleh Laudia Tysara pada 23 Sep 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 23 Sep 2021, 18:00 WIB
Mengatasi Mata Panda
Perbesar
Ilustrasi mata. Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Seseorang dengan masalah kolesterol tinggi dapat diamati dari kondisi mata. Kolesterol tinggi adalah kondisi kadar kolesterol darah yang melampaui kadar normal, sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika tidak dikontrol. Apa saja ciri kolesterol tinggi di mata?

Ada empat ciri kolesterol tinggi di mata yang menunjukkan kondisi kesehatan tertentu, arkus kornea, retinopati, oklusi arteri retina, dan xanthelasma. Saat kolesterol tinggi terjadi dan tak terkendali, akan ada sumbatan di pembuluh darah arteri hingga aliran darah terganggu.

Masalah ini bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, termasuk pembuluh darah mata. Inilah penyebab utama munculnya ciri kolesterol tinggi di mata, dipengaruhi sumbatan di pembuluh darah sekitar mata. Segera kenali dan lakukan pemeriksaan bila mengalami.

Berikut Liputan6.com ulas ciri kolesterol tinggi di mata dari berbagai sumber, Kamis (23/9/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ciri Kolesterol Tinggi di Mata

Mata
Perbesar
Ilustrasi Mata. Credit: pexels.com/Arina

1. Arkus Kornea

Arkus kornea merupakan ciri kolesterol tinggi di mata. Kondisi ciri kolesterol tinggi di mata ini sering disebut dengan arkus senilis sering ditemukan pada orang berusia lanjut. Meski begitu, ciri kolesterol tinggi di mata ini sebenarnya juga bisa terjadi pada usia 40 tahunan akibat tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Arkus kornea yang terjadi pada usia muda bahkan berkaitan erat dengan penyakit jantung koroner! Perlu diketahui bahwa kornea seharusnya terlihat jernih secara keseluruhan.

Namun pada kasus arkus kornea yang menjadi ciri kolesterol tinggi di mata, akan tampak sebuah cincin putih atau abu-abu yang berada di sekeliling kornea. Kondisi ini disebabkan oleh endapan lemak dan kolesterol.

Jenis gangguan mata karena kolesterol yang satu ini umumnya tidak memengaruhi tajam penglihatan penderita. Meski demikian, ciri kolesterol tinggi di mata ini tetap perlu diobati untuk mencegah terjadinya komplikasi.

2. Retinopati

Ciri kolesterol tinggi di mata adalah renopati. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kondisi kadar kolesterol yang terlalu tinggi (atau terlalu rendah) dapat menjadi faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terjadinya retinopati. Ciri kolesterol tinggi di mata ini umumnya dialami oleh pasien yang mengalami riwayat diabetes.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ciri Kolesterol Tinggi di Mata

3. Oklusi Arteri Retina

Sumbatan pada pembuluh darah arteri retina atau oklusi arteri retina dikenal dengan istilah ‘stroke’ mata. Faktor risiko dari ciri kolesterol tinggi di mata adalah diabetes, merokok, hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Oklusi arteri retina yang menjadi ciri kolesterol tinggi di mata biasanya memengaruhi saraf mata yang menghubungkannya dengan otak. Ciri kolesterol tinggi di mata utama yang timbul adalah kehilangan atau penurunan kemampuan penglihatan secara mendadak tanpa adanya rasa nyeri pada mata.

4. Xanthelasma

Xanthoma adalah endapan lemak di bawah kulit. Jika endapan tersebut terjadi di kelopak atau kulit sekitar mata, maka namanya berubah menjadi xanthelasma. Ini ciri kolesterol tinggi di mata yang sering terjadi.

Ciri kolesterol tinggi di mata seperti xanthelasma terjadi akibat kolesterol tinggi yang tidak terkendali. Endapan lemak ini membentuk bintik atau benjolan kecil berwarna kekuningan di bagian dalam kelopak mata atas dan bawah.

Xanthelasma dapat terjadi pada kedua mata secara bersamaan dan tidak memengaruhi fungsi kelopak mata untuk berkedip, membuka atau menutup. Namun, semakin lama ciri kolesterol tinggi di mata seperti xanthelasma dibiarkan, ukurannya bisa semakin membesar dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Secara umum, gangguan mata yang menjadi ciri kolesterol tinggi di mata satu ini tidak memerlukan tindakan medis apapun. Akan tetapi, jika dirasa cukup mengganggu, penderita sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan tindakan penanganan yang paling tepat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ciri Kolesterol Tinggi Lainnya

10 Kata-kata Lelah Hati dan Pikiran yang Menguatkan
Perbesar
Ilustrasi Lelah. Credit: pexels.com/Vin

5. Kesemutan

Ketika timbul kesemutan, bisa terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar, terutama di bagian ektremitas, baik ekstremitas atas atau area tangan, maupun ekstremitas bawah atau area kaki. Ini ciri kolesterol tinggi, jangan dianggap remeh.

6. Mudah lelah

Saat seseorang menderita kolesterol tinggi, maka di bagian sistem vital tubuhnya akan terganggu dan bisa menyebabkan tubuh jadi mudah lelah. Salah satu yang paling terasa, saat bangun tidur dan tetap merasa kelelahan. Ini ciri kolesterol tinggi, jangan dianggap remeh. Jika penderita berusia di atas 30 tahun kemudian sering mengalami gejala ini, maka segera lakukan cek kesehatan.

7. Sakit kepala

Ciri kolesterol tinggi selanjutnya sakit kepala. Ciri ini bisa muncul dikarenakan ada peningkatan kolesterol yang menyebabkan arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Ini ciri kolesterol tinggi, jangan dianggap remeh. Hingga akhirnya, pengerasan pada pembuluh darah tersebut bisa membuat darah yang mengalir ke otak jadi terhambat.

8. Tengkuk berat disertai pundak pegal

Ciri kolesterol tinggi yang cukup umum, yaitu ada keluhan pada area tengkuk. Munculnya ciri kolesterol tinggi ini bisa diakibatkan karena ada gangguan suplai darah dan oksigen yang terhambat. Itulah mengapa, bisa mengakibatkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

9. Perut tidak nyaman

Ketika kadar kolesterol di dalam darah terlalu tinggi, maka bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di area perut, seperti kembung hingga mual. Ini ciri kolesterol tinggi, jangan dianggap remeh. Sebenarnya ini muncul akibat adanya perlemakan hati, di mana organ hati dipenuhi oleh lemak.

10. Dada berdebar

Saat banyaknya plak kolesterol pada pembuluh darah, akan membuat jantung harus bekerja keras untuk mengedarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini pada akhirnya bisa berimbas pada timbulnya ciri kolesterol tinggi, di mana dada akan terasa berdebar lebih cepat dan keras, yang menandakan bahwa jantung memaksakan diri agar terus memompa darah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ciri Kolesterol Tinggi Lainnya

11. Nyeri dada

Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi, memiliki peran besar dalam meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Pasalnya, LDL adalah salah satu komponen yang berperan pada terbentuknya plak di pembuluh darah (aterosklerosis).

Kemudian, yang membuat berbahaya karena plak tersebut dapat menyumbat pembuluh darah jantung serta menyebabkan peredaran darah ke seluruh tubuh mengalami gangguan. Pada akhirnya, bisa muncul ciri kolesterol tinggi berupa nyeri pada dada.

12. Luka sulit sembuh

Meski ciri kolesterol tinggi ini hampir sama dengan gejala penyakit diabetes, akan tetapi luka yang tak kunjung sembuh ternyata bisa menjadi tanda jika tubuh sedang terserang kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena adanya penurunan sirkulasi darah dan mengakibatkan luka pada kaki sulit untuk sembuh.

13. Warna kulit serta kuku berubah

Ciri kolesterol tinggi, ada perubahan warna kulit dan kuku. Ini bisa terjadi karena dampak adanya penyumbatan. Selain di bagian tersebut, dapat timbul perubahan di area lain yang mungkin terjadi, seperti bulu-bulu di kaki mulai rontok bahkan pertumbuhan akan terhambat.

14. Kram ketika tidur malam

Ciri kolesterol tinggi yang kerap diremehkan, bisa berupa kram yang muncul mendadak ketikda sedang tidur di malam hari. Kram tersebut disebabkan aliran darah yang terganggu akibat kolesterol yang tinggi.

Saat mengalami kram, ada baiknya menggantungkan kaki ke bagian ujung tempat tidur, maupun mengambil posisi duduk di kursi terdekat. Dengan memanfaatkan gravitasi bumi bisa membantu melancarkan peredaran darah serta berguna untuk mengurangi nyeri akibat kram.

15. Impotensi pada pria

Efek samping kolesterol tinggi pada pria dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Semakin tinggi kadar LDL, semakin besar kemungkinan untuk mengembangkan masalah ereksi dan kasus yang parah menyebabkan impotensi. Selain itu, kolesterol tinggi dapat membuat tubuh lebih sulit memproduksi bahan kimia yang diperlukan untuk membuat ereksi.

16. Cepat mengantuk

Kolesterol akan mempersempit pembuluh darah, bahkan berisiko menutup pembuluh darah. Saat aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat, maka berisiko membuat seseorang cepat mengantuk. Ini ciri kolesterol tinggi, jangan dianggap remeh. Apabila sudah mulai muncul ciri kolesterol tinggi ini, sebaiknya ke dokter.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya