Makna Persatuan dan Kesatuan bagi Bangsa Indonesia Beserta Prinsipnya

Oleh Husnul Abdi pada 21 Sep 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 21 Sep 2021, 09:45 WIB
Suporter Timnas, Fans Indonesia, Bola.com, AFF, Timnas Indonesia
Perbesar
Suporter Timnas Indonesia mengibarkan bendera raksasa saat melawan Thailand pada laga Final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, (14/12/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Liputan6.com, Jakarta Makna persatuan dan kesatuan harus dipahami setiap warga negara. Hal ini sangat penting dikenali agar suatu bangsa tidak mudah terpecah belah. Persatuan dan kesatuan merupakan hal penting yang harus dimiliki tiap negara. 

Makna persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia merujuk pada prinsip negara. Kata persatuan dan kesatuan ini berasal dari kata “satu”, yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah.

Memahami arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia, membuat negara dapat terhindar dari konflik dan perpecahan. Arti penting persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia menggambarkan keutuhan berbangsa dan bernegara.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/9/2021) tentang makna persatuan dan kesatuan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makna Persatuan dan Kesatuan bagi Bangsa Indonesia

Ilustrasi Bendera Indonesia
Perbesar
Ilustrasi Bendera Indonesia/Pixabay.com

Sebelum memahami makna persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia, penting untuk memahami arti istilah persatuan dan kesatuan terlebih dahulu. Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu, yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat, persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu, perserikatan, serikat. Sementara itu, pengertian kesatuan berarti perihal satu, keesaan, sifat tunggal, satuan. Kesatuan juga bisa diartikan sebagai hasil dari persatuan yang sudah mengakar kuat.

Jadi, makna persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah bersatunya berbagai bangsa dengan beragam perbedaan agama, suku, bahasa, maupun adat istiadat yang mendiami wilayah Indonesia menjadi satu kebulatan utuh dan serasi. Itulah mengapa, penting memiliki sikap persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat demi keutuhan bangsa dan negara. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, bangsa akan terpecah belah.

Makna persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah agar tak mudah terpecah belah. Persatuan dan kesatuan sangat penting untuk mempertahakan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Makna persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia juga melambangkan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI terbentuk atas persatuan dan kesatuan atas persamaan nasib, budaya, wilayah, serta prinsip-prinsip yang ada.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makna persatuan dan kesatuan dalam Pancasila

Ilustrasi Pancasila
Perbesar
Ilustrasi Pancasila. (Photo on Freepik)

Makna persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia juga bisa dilihat dari Pancasila. Persatuan dan kesatuan terpatri jelas dalam sila ke-3 Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia". Persatuan Indonesia dalam Pancasila berarti bahwa Bangsa Indonesia tidak boleh terpecah dan harus terus bersatu.

Indonesia terdiri dari ras, suku, agama, budaya, etnik, dan karakter yang berbeda dari setiap wilayah. Prinsip kesatuan dan persatuan ini sangat penting dimiliki untuk menjaga kekuatan dan keutuhan bangsa.

Jadi, sudah jelas bahwa makna persatuan dan kesatuan sangat penting dipahami oleh setiap warga negara. Bahkan, hal ini sudah tercantum di dalam Pancasila yang merupakan dasar negara.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Prinsip persatuan dan kesatuan di Indonesia

Ilustrasi Indonesia, Persatuan dan Kesatuan
Perbesar
Ilustrasi Indonesia, Persatuan dan Kesatuan (People photo created by rawpixel.com on freepik)

Dalam mempertahankan serta membentuk persatuan dan kesatuan di Indonesia, prinsip-prinsip tertentu perlu ditanamkan. Dirangkum dari Bola.com, prinsip dalam makna persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah:

- Bhinneka Tunggal Ika

Melalui Prinsip Bhinneka Tunggal Ika, Bangsa Indonesia wajib menjauhkan diri dari sikap-sikap mementingkan kelompok sendiri, sukuisme, dan fanatisme yang berlebihan sehingga dapat terhindar dari perpecahan bangsa.

- Nasionalisme

Melalui penerapan prinsip nasionalisme, seseorang akan rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi atau kelompok/golongan, serta menempatkan sikap persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi.

- Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Kebebasan yang bertanggung jawab berarti setiap orang diberikan kebebasan untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan kemauannya, tentunya tanpa menyalahi Hak Asasi Manusia sehingga orang yang melakukan kebebasan tersebut harus bisa bertanggung jawab dan tidak sampai merugikan orang lain.

- Wawasan Nusantara

Melalui wawasan nusantara, Bangsa Indonesia ditempatkan dalam kerangka satu kesatuan politik, sosial, budaya, serta pertahanan keamanan. Dengan begitu, Bangsa Indonesia akan merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta memiliki satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

- Semangat Persatuan untuk Mewujudkan Cita-cita Proklamasi

Di dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, terdapat wujud cita-cita proklamasi. Cita-cita tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI. Untuk mewujudkan cita-cita proklamasi tersebut, dibutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh warga Indonesia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Alat untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Ilustrasi Peta Indonesia
Perbesar
Ilustrasi Peta Indonesia (Photo by Capturing the human heart. on Unsplash)

Dalam mempertahakan kesatuan, dibutuhkan alat pemersatu bangsa. Ada banyak jenis alat pemersatu bangsa yang bisa mempertahakan dan memperkuat kesatuan. Alat pemersatu bangsa ini bisa digunakan semua warga megara untuk memperkuat persatuan bangsa.

Berikut alat pemersatu bangsa Indonesia untuk memperkuat persatuan dan kesatuan:

1. Dasar negara Pancasila

2. Bendera kebangsaan yaitu Bendera Merah Putih

3. Bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia

4. Lambang negara yaitu Burung Garuda

5. Lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya

6. Lagu-lagu perjuangan yang menunjukkan semagat juang bangsa Indonesia

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya