Sukses

Bansos yang Cair Bulan September sampai Desember 2021 dan Cara Mendapatkannya

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah Bantuan Sosial (Bansos) disalurkan oleh Pemerintah di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diperpanjang. Ada sekitar delapan bansos yang cair bulan September sampai Desember 2021. Apa saja?

Tak hanya pengusaha mikro dan masyarakat yang kurang mampu. Bansos yang cair bulan September sampai Desember 2021 menjaring berbagai kalangan, dari pelajar, mahasiswa, pekerja swasta, dan masih banyak lagi.

Bansos yang cair bulan September sampai Desember 2021 yang dimaksudkan adalah bantuan kartu sembako, subsidi kuota internet, subsidi gaji, kartu prakerja, diskon listrik, bantuan UMKM, UKT Kemendikbud, dan Program Keluarga Harapan (PHK).

Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang sejumlah bansos yang cair bulan September sampai Desember 2021 dan cara mendapatkannya dari berbagai sumber, Senin (20/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bansos yang Cair Bulan September sampai Desember 2021

1. Kartu Sembako

Program Kartu Sembako juga masih akan berjalan bulan September 2021. Hal itu disampaikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani. Setiap keluarga mendapatkan bantuan sebesar Rp 200.000 per bulan dari Januari hingga Desember 2021.

"Pemerintah memberikan kartu sembako kepada 18,8 juta keluarga. Di mana yang 10 juta adalah keluarga PKH tadi," kata Sri Mulyani.

Ini bansos yang cair bulan September sampai Desember 2021. Berikut cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Kartu Sembako:

- Pendaftaran cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Kartu Sembako, terkhusus peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilakukan oleh Kementerian Sosial.

- Calon KPM untuk cara mendapatkan dana bantuan PPKM akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.

- Data yang telah diisi oleh calon penerima akan diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten.

- Cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Kartu Sembako, calon KPM perlu membawa data pelengkap seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, NIK (jika ada), dan Kode Unik Keluarga/Individu dalam Data Terpadu.

- Setelah verifikasi data selesai, cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Kartu Sembako bagi penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

- Terakhir, cara mendapatkan dana bantuan PPKM bagi penerima bantuan sosial yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat.

2. Subsidi Kuota Internet

Subsidi kuota internet juga akan tetap dilanjutkan selama lima bulan yaitu dari Agustus sampai dengan Desember 2021. Jumlah penerima mencapai 38,1 juta orang dengan besar Rp 5,54 triliun.

Ini bansos yang cair bulan September sampai Desember 2021. Detail rincian bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbudristek paruh masa ajaran baru 2021/2022:

- Peserta Didik jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) akan mendapatkan Kuota Umum 7 GigaByte (GB) per bulan

- Peserta Didik Jenjang SD sampai SMA akan mendapatkan Kuota Umum 10 GB per bulan

- Pendidik Jenjang PAUD sampai SMA akan mendapatkan Kuota Umum 12 GB per bulan

- Dosen dan Mahasiswa Akan mendapatkan Kuota Umum 15 GB per bulan

Mekanisme cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud:

- Peserta Didik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah harus terdaftar di sistem dapodik. Kemudian memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/orang tua/anggota keluarga/wali.

- Peserta didik jenjang pendidikan perguruan tinggi atau mahasiswa adalah terdaftar di sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degree). Memiliki nomor ponsel aktif.

- Pendidik jenjang pendidikan perguruan tinggi atau dosen adalah terdaftar di sistem PDDikti dan berstatus aktif. Memiliki nomor registrasi Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), atau Nomor Urut Pendidik (NUP). Memiliki nomor ponsel aktif.

- Calon penerima harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum masa penyaluran untuk mendapatkan bantuan kuota

- Pimpinan atau operator satuan pendidikan harus mengunggah surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) untuk nomor yang berubah atau nomor baru pada laman Kemendikbudristek https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ atau https://pddikti.kemdikbud.go.id/ (untuk jenjang pendidikan tinggi)

3. Bantuan Subsidi Gaji dan Kartu Prakerja

Selain itu, pemerintah menambah Rp 10 triliun untuk Kartu Prakerja. Di mana dana tersebut akan digunakan untuk subsidi upah sebesar Rp 8,8 triliun dan sisanya sebesar Rp 1,2 triliun akan digunakan untuk Kartu Prakerja.

Bantuan subsidi upah diberikan kepada pekerja yang mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan, dan bekerja di daerah PPKM level 3 dan 4. Ini bansos yang cair bulan September sampai Oktober 2021. Bantuan ini diberikan 2 kali Rp 500 ribu dengan jumlah nominal Rp 1 Juta.

Berikut cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Subsidi Gaji Rp 1 Juta:

- Cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Subsidi Gaji Rp 1 Juta dampak PPKM adalah bagi calon penerima harus tercatat sebagai WNI yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

- Kedua, cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Subsidi Gaji Rp 1 Juta dampak PPKM bagi calon penerima adalah harus terdaftar sebagai penerima jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS yang masih aktif sampai dengan Juni 2021.

- Ketiga, cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Subsidi Gaji Rp 1 Juta dampak PPKM bagi calon penerima adalah harus memiliki upah maksimal Rp 3,5 juta per bulan sesuai upah minimun provinsi (UMP) atau kabupaten/kota tempatnya bekerja.

- Keempat, cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Subsidi Gaji Rp 1 Juta dampak PPKM bagi calon penerima adalah harus bekerja sebagai buruh di wilayah PPKM level 3 dan 4. 

- Diutamakan penerima subsidi gaji adalah bagi yang bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, serta perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan.

3 dari 4 halaman

Bansos yang Cair Bulan September sampai Desember 2021

4. Bantuan UKT Kemendikbud 2021

Ini bansos yang cair bulan September 2021. Pemerintah bersama Kemdikbud dan Kemenag kembali mengucurkan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mulai dicairkan bulan September 2021. Jumlah nominal bantuan UKT Kemendikbud maksimal Rp 2,4 juta yang akan langsung disalurkan ke rekening perguruan tinggi.

Cara mendapatkan UKT Kemendikbud 2021:

- Syarat cara mendapatkan bantuan UKT Kemendikbud 2021 paling utama adalah sedang menempuh semester ganjil, yakni 3, 5, dan 7.

- Mahasiswa yang ingin mendapat UKT Rp 2,4 juta harus tercatat sebagai mahasiswa aktif di kampus.

- Syarat cara mendapatkan bantuan UKT Kemendikbud 2021 tersebut dapat dibuktikan dengan mengecek NIM.

- Cara mendapatkan bantuan UKT Kemendikbud 2021 dipastikan harus mahasiswa bukan penerima beasiswa lainnya.

- Bagi yang sudah mendapat bantuan seperti bidikmisi, KIP kuliah, dari BI, Djarum, dan lain-lain tidak bisa mendapatkan bantuan UKT Rp 2,4 juta.

- Mahasiswa yang bisa mendapat bantuan UKT adalah mereka dengan kondisi keuangan menengah ke bawah. Itu artinya mahasiswa memang benar-benar membutuhkan bantuan di semester ganjil tahun 2021.

- Sesuai dengan ketentuan pihak kampus masing-masing, cara mendapatkan bantuan UKT Kemendikbud 2021 untuk membuktikan ketidakmampuan finansial biasanya akan diminta melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat.

- Cara mendapatkan bantuan UKT Kemendikbud 2021 adalah tanyakan kepada pihak administrasi kampus masing-masing cara mendaftarkan diri.

- Bantuan UKT Rp 2,4 juta dari Kemendikbud bisa didapatkan bila pihak pimpinan perguruan tinggi mendaftarkan mahasiswa yang layak sesuai syarat ke pusat.

- Apabila pihak perguruan tinggi sudah mendapatkan data yang siap dilampirkan, maka cara mendapatkan bantuan UKT Kemendikbud 2021 selanjutnya mengajukan penerimaan ke Kemendikbud Ristek.

- Untuk cara mendapatkan bantuan UKT Kemendikbud 2021 soal pencairan dana akan langsung disalurkan melalui rekening perguruan tinggi, bukan rekening mahasiwa pribadi.

5. Diskon Listrik

Diskon listrik tetap dilanjutkan selama perpanjangan PPKM level 4 ini selama 3 bulan yaitu dari Oktober sampai dengan Desember 2021 dengan besaran Rp 1,91 triliun untuk 32,6 juta pelanggan.

Ini bansos yang cair bulan September sampai Desember 2021. Berikut cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk diskon listrik pascabayar:

- Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

- Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

- Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan reguler dan layanan khusus untuk keperluan industri, bisnis, dan sosial.

Berikut cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk diskon listrik prabayar atau token listrik gratis:

Melalui Website

- Buka situs www.pln.co.id.

- Pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

- Masukkan ID pelanggan/nomor meter di kolom pencarian.

- Masukkan kode captcha, lalu klik “cari”.

- Nantinya, akan muncul nomor token listrik gratis atau diskon 50 persen.

- Jika sudah mendapatkannya, jangan lupa disimpan dan masukkan nomor itu ke kWh meter yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Melalui Whatsapp

- Buka aplikasi WhatsApp dan chat ke nomor 08122 123 123.

- Kirimkan pesan berupa nomor ID pelanggan.

- Akan muncul pesan otomatis dari PLN, ikuti instruksi, lalu pilih info listrik gratis/diskon stimulus Covid-19.

- Masukkan nomor ID pelanggan saat muncul instruksi untuk memasukkan nomor pelanggan/meter kWh.

- Token gratis/diskon akan langsung muncul.

- Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Melalui PLN Mobile

- Unduh aplikasi PLN Mobile dan install.

- Langsung buka aplikasi PLN Mobile yang sudah diunduh sebelumnya.

- Perhatikan pada bagian Info & Promo, klik “PLN Peduli Covid-19”.

- Bila berhasil, masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.

- Pelanggan yang mendapat bantuan akan langsung mendapat token gratis setelah memasukkan ID.

- Untuk yang sudah mendapatkan bisa langsung memasukkan token listrik PLN gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

6. Program Keluarga Harapan (PKH)

Ini bansos yang cair bulan September sampai Desember 2021. Dalam rapat terbatas mengenai evaluasi PPKM Darurat yang diselenggarakan di Istana Merdeka 18 Juli 2021, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa program PKH masih berlangsung hingga Desember 2021. Berikut ini sasaran dan besaran dana bantuan yang diberikan:

- Ibu hamil sebesar Rp 3 juta/tahun (Rp 750.000/triwulan).

- Balita sebesar Rp 3 juta/tahun (Rp 750.000/triwulan).

- Siswa SD sebesar  Rp 900.000/tahun (Rp 125.000/triwulan).

- Siswa SMP sebesar Rp 1,5 juta/tahun (Rp 75.000/triwulan).

- Siswa SMA sebesar Rp 2 juta/tahun (Rp 500.000/triwulan).

- Disabilitas sebesar Rp 2,4 juta/tahun (Rp 600.000/triwulan).

- Lansia sebesar Rp 2,4 juta/tahun (Rp 600.000/triwulan).

Total sasaran program ini adalah 10 juta keluarga. Karena rata-rata anggota keluarga 4 orang, sehingga total penerima 40 juta orang. Total anggaran untuk program ini adalah Rp 28,31 triliun.

7. Bantuan UMKM

Masih ada bantuan usaha produktif mikro atau Banpres Usaha Mikro dengan 3 juta penerima yang akan diberikan pada kuartal II 2021. Masing-masing akan mendapat Rp 1,2 juta. Ini bansos yang cair bulan September 2021.

Bantuan yang akan diberikan untuk usaha mikro dan kecil (UMK) selama penerapan PPKM Level 4 ini antara lain adalah penambahan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk usaha mikro yang ada di daerah PPKM Level 4.

Berikut cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Bantuan Usaha Mikro:

- Syaratnya, pengusaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable).

- Pelaku usaha harus WNI dan mempunyai nomor induk kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul.

- Lalu cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Bantuan Usaha Mikro bagi pengusaha bukan berasal dari anggota aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, ataupun pegawai BUMN/BUMD.

 - Pelaku usaha mikro yang merasa berhak menerima BLT UMKM bisa mengajukan diri ke dinas koperasi dan UKM yang sah sebagai badan hukum.

- Lalu cara mendapatkan dana bantuan PPKM untuk Bantuan Usaha Mikro bisa ke kementerian/lembaga, perbankan, dan perusahaan pembiayaan lain yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

- Siapkan NIK, alamat tempat tinggal, bidang usaha, dan nomor telepon.

- Jika pendaftar dinyatakan berhak menerima Bantuan Usaha Mikro, maka akan dibuatkan rekening oleh salah satu bank penyalur terutama bagi pengusaha yang belum memiliki rekening.

4 dari 4 halaman

Cara Cek Penerima Bansos yang Cair Bulan September sampai Desember 2021

Bansos akan terus tersalurkan selama masa PPKM diperpanjang, untuk cek penerima bansos bisa lewat link resmi berikut.

1. cekbansos.kemensos.go.id untuk daftar data penerima PKH, BPNT, BST.

2. corona.jakarta.go.id untuk daftar data penerima BST DKI.

3. eform.bri.co.id/bpum untuk daftar data penerima BPUM BRI.

4. banpresbpum.id untuk daftar data penerima BPUM BNI.

5. stimulus.pln.co.id atau PLN Mobile untuk daftar data penerima diskon listrik.

6. sso.bpjsketenagakerjaan.go.id atau Aplikasi BPJSTKU untuk daftar data penerima BLT Upah BPJS.

7. Kuota-belajar.kemdikbud.go.id untuk daftar data penerima subsidi kuota Kemdikbud.

8. Bansos DKI sebagian besar bisa dicek lewat aplikasi JakOne.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Subsidi gaji adalah bantuan uang berupa gaji atau upah yang diberikan untuk pegawai.

    Subsidi Gaji

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • PHK adalah Pemutusan Hubungan Kerja, itu berarti seorang karyawan sudah diputuskan hubungan kerja dari perusahaan.

    PHK

  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    PPKM

  • Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM adalah peraturan yang muncul sejak adanya pandemi Covid-19.
    Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM adalah peraturan yang muncul sejak adanya pandemi Covid-19.

    PPKM diperpanjang

  • PPKM Level 4 adalah upaya pemerintah yang dikeluarkan untuk mengatur perpanjangan PPKM Darurat.

    PPKM Level 4

Video Terkini